Panasonic GreenACT, Langkah Nyata Ciptakan Kehidupan Bumi yang Bersih & Berkelanjutan
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI) telah lama menjadi pionir dalam kontribusi terhadap lingkungan dengan menyediakan beragam produk ramah lingkungan. Komitmen jangka panjang Panasonic terhadap keberlanjutan tercermin dalam inovasi dan kebijakan 3P (Planet, People, Profit), yang secara konsisten mendukung upaya menciptakan bumi yang lebih bersih dan berkelanjutan.
Bersama PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI), PGI menyelenggarakan kampanye "GreenACT" yang bertujuan untuk menunjukkan komitmen perusahaan terhadap kelestarian lingkungan melalui inovasi dan transformasi teknologi Panasonic di bidang Pembangunan Teknologi, Pengetahuan, dan Nasionalisme dengan mengimplementasikan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan berkualitas tinggi (PATEN) dalam produknya.
Daniel Suhardiman, Vice President Director PT Panasonic Manufacturing Indonesia mengatakan Panasonic memegang teguh prinsip untuk melakukan perbaikan terus menerus, mengutamakan kualitas produk, serta dampak berkelanjutan terhadap lingkungan yang lebih baik.
"Teknologi inovatif dari Panasonic seperti nanoe X pada pendingin ruangan (AC) misalnya, bukan hanya sebatas mendinginkan udara melainkan juga menciptakan udara sehat. Panasonic mendorong masyarakat untuk hidup lebih baik, dan komitmen ini menjadi alasan dicetuskannya Panasonic Transformasi 45, karena pada 2045 merupakan tahun "Indonesia Emas" sekaligus usia ke-75 tahun PMI. Kami ingin meninggalkan sesuatu yang baik dan menjadikan perusahaan tanpa emisi (net-zero emmision)," kata Daniel.
Daniel menambahkan, menuju tahun 2045 PMI sudah semakin gencar memberlakukan langkah-langkah positif di bidang lingkungan, sebagai contoh kendaraan operasional di pabrik berbahan bakar diesel seperti forklift akan diganti dengan target pada tahun 2025 menjadi electric vehicle. Kemudian mulai April 2024, PMI berencana memasang beberapa titik energi terbarukan berupa solar panel di beberapa lokasi perusahaan.
Upaya lain ialah menekan penggunaan plastik. Sampai saat ini rasio plastik daur-ulang sudah mencapai 40% dan akan terus ditingkatkan. PMI juga berinisiatif memperkenalkan "factory forest" dengan menyediakan lahan seluas tiga hektar, dan sudah mulai ditanami pohon untuk menjadi tabungan karbon yang baik demi kontribusi kepada lingkungan.
Inovasi pada produk hemat energi juga menjadi fokus Panasonic. Indeks pertama mengenai indeks energi. Menurut Daniel, setiap tahun Panasonic berusaha menurunkan pemakaian energi per-basic unit. Misal dalam memproduksi satu unit memerlukan energi listrik (1 kilowatt hour), maka pada tahun berikutnya harus turun, misal hanya 0,9 kWh. Begitupun produk produk yang memakai energi gas, udara, air, uap, dan listrik.
"Beberapa cara telah kami lakukan, seperti halnya kita memiliki teknologi yang namanya Karakuri, sehingga memungkinkan kita untuk tidak menggunakan penggerak listrik, tetapi menggunakan gravitasi.
Indeks kedua ialah pengelolaan sampah, dan yang ketiga yaitu indeks bahan limbah beracun. Contoh cat untuk spray pewarnaan kipas angin yang dahulu memakai liquid, kami menggantinya menjadi "powder" karena bisa didaur ulang," ujar Daniel.
Dalam penggunaan air di perusahaan, PMI membuat beberapa kebijakan dengan membuat fasilitas reverse osmosis agar bisa dimanfaatkan ulang. Bahkan pada sisi yang mendasar seperti toilet, dimana masih banyak yang menggunakan pengendapan alami, PMI telah membangun bio-tank untuk kebutuhan 2000 orang di pabrik.
Kemudian, sebagai upaya perusahaan mendukung program pemerintah dalam penggunaan produk lokal dengan jaminan produk berkualitas, Panasonic memiliki program lokalisasi, yaitu meningkatkan kandungan lokal (TKDN). Tingkat komponen dalam negeri pada produk-produk Panasonic sudah mencapai 40%, dan khusus pada produk AC, kipas angin dan pompa sudah di atas 40%.
Tentunya, dari setiap produk yang dibuat dan dipasarkan, Panasonic secara sungguh-sungguh memperhatikan kualitas demi memberikan kepuasan dan keuntungan kepada pelanggan.
Hal ini Panasonic implementasikan dengan sebutan PATEN, Panasonic TEN, terdiri dari 10 solusi kualitas terbaik seperti Higienis, Anti Karat, Kuat, Bahan Aman, Performa Kuat, Tahan Cuaca Esktrem, Anti Api, Aman dari Sengatan Listrik, Bebas Cedera, dan Tahan Banting. Solusi PATEN ini menunjukkan cara Panasonic berbisnis dan mengedukasi publik terhadap produk produk yang dibuat dengan kualitas tinggi, dan mengutamakan keamanan tanpa kompromi.
Selain fokus terhadap pengembangan teknologi dan produk canggih, Panasonic GOBEL secara rutin menyelenggarakan pelatihan karyawan, khususnya dibidang kewirausahaan, instalasi, reparasi, perawatan AC & Brazing. Pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan peluang usaha mandiri, memiliki sikap percaya diri serta jiwa yang kreatif, sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dan berkompeten pada bidangnya.
"Kampanye GreenACT mendorong kami untuk terus berupaya mengimplementasikan inovasi dan kebijakan 3P (Planet, People, Profit) melalui setiap terobosan layanan, produk, hingga teknologi yang dibuat dan dipasarkan secara sungguh sungguh.
Maka dari itu, Panasonic GreenACT diharapkan menjadi aksi nyata Panasonic yang dilakukan secara terus menerus demi memberikan konstribusi bagi kehidupan masyarakat yang lebih baik, lingkungan yang kondusif, dan keberlanjutan yang seimbang di bumi yang kita huni", tutup Daniel.
Mengenai Grup Panasonic di Indonesia
Panasonic Corporation merupakan salah satu pemimpin global dalam pengembangan teknologi dan solusi inovatif untuk berbagai aplikasi di sektor elektronik konsumen, perumahan, otomotif, industri, komunikasi, dan energi di seluruh dunia. Grup Panasonic beralih ke sistem perusahaan operasional pada 1 April 2022 dengan Panasonic Holdings Corporation sebagai perusahaan induk dan delapan perusahaan ditempatkan di bawah payungnya.
Didirikan pada tahun 1918, Grup Panasonic berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dan masyarakat serta menjalankan bisnisnya berdasarkan prinsip-prinsip pendirian yang diterapkan untuk menghasilkan nilai baru dan menawarkan solusi berkelanjutan untuk dunia saat ini.
Grup Panasonic melaporkan penjualan bersih terkonsolidasi sebesar 8.378,9 miliar yen pada periode 31 Maret 2023. Dikhususkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Grup Panasonic bersatu dalam menyediakan produk dan layanan unggulan untuk membantu Anda Menjalani Kehidupan yang Terbaik.
Baca Juga: Panasonic Resmi Rilis VRF MS3 Series di Indonesia guna Efisiensi Ruang Hemat Energi
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News