July
13
2023
     16:34

OneSmile Proyek Living Lab Ventures Luncurkan Fitur Tanya Berbasis AI Microsoft

OneSmile Proyek Living Lab Ventures Luncurkan Fitur Tanya Berbasis AI Microsoft
ILUSTRASI. Sinar Mas Land berinovasi meningkatkan layanan konsumen dengan meluncurkan fitur ?Tanya?, sebuah city guide chatbot yang memungkinkan penghuni menemukan berbagai tempat komersial di BSD City dengan mudah dan akurat melalui aplikasi OneSmile.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sinar Mas Land terus berinovasi dalam meningkatkan layanan kepada konsumennya dengan menggunakan aplikasi berbasis smartphone bernama OneSmile, khusus bagi warga BSD City. Inovasi tersebut dihadirkan dengan meluncurkan ‘Tanya’, sebuah city guide chatbot yang memungkinkan para penghuni menemukan berbagai tempat komersial di dalam area BSD City seluas 6.000 hektare dengan mudah dan akurat.

Dalam fitur terbaru ini, perusahaan bekerja sama dengan Microsoft untuk mengintegrasikan teknologi chatbot melalui layanan Microsoft Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Search. Teknologi tersebut dapat memberikan jawaban yang tepat sesuai dengan pertanyaan pelanggan, memahami konteks percakapan, hingga berkomunikasi dengan chatbot menggunakan bahasa alami.

Melalui layanan Azure OpenAI Service, OneSmile akan menganalisis kebutuhan pengguna dengan cara yang lebih sederhana melalui penyaringan ribuan pilihan merchant di BSD City secara bertanggung jawab untuk merekomendasikan berbagai tempat seperti restoran, kafe, rumah sakit, layanan medis, dan lain-lain.

Teknologi tersebut tidak hanya mengubah proses waktu yang panjang menjadi pengalaman yang cepat, tetapi juga dapat mengembangkan bisnis para mitra usaha di BSD City agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Kehadiran layanan fitur terbaru ini juga merupakan komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan dalam beraktivitas secara digital.

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land, Mulyawan Gani mengatakan, “Saat ini, lebih dari 10.000 orang telah mengunduh aplikasi OneSmile. Bagi para merchant yang telah bergabung menjadi mitra usaha OneSmile diharapkan dapat memperbarui dan merinci informasinya dalam ekosistem data safe tenant, sehingga bisnis mereka dapat direkomendasikan kepada para pengguna dalam hal ini warga BSD City.

Para merchant yang aktif melakukan update data akan memiliki peluang yang lebih besar untuk meningkatkan pendapatan mereka. Penerapan fitur terbaru ini juga merupakan salah satu upaya kami dalam mentransformasikan BSD City sebagai integrated smart digital city.”

Azure Business Group Lead Microsoft Indonesia, Fiki Setiyono menyampaikan, “Kami merasa senang dapat kembali bekerja sama dengan Sinar Mas Land. Kali ini, dengan meningkatkan layanan aplikasi OneSmile melalui integrasi teknologi dari Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Search. BSD City merupakan sebuah township yang sangat berkembang pesat.

Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam aplikasi OneSmile diharapkan semakin mempermudah para pengguna untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, para mitra usaha yang bergabung di aplikasi OneSmile juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi untuk mengembangkan bisnis mereka. Kami percaya langkah transformasi yang dilakukan secara kolektif, akan berkontribusi besar bagi perekonomian digital Indonesia.”

Aplikasi OneSmile adalah salah satu proyek inkubasi dari Living Lab X yang merupakan bagian dari Living Lab Ventures (LLV). LLV adalah corporate venture Sinar Mas Land yang berfokus untuk menginkubasi dan mengembangkan perusahaan rintisan serta mengintegrasikan teknologi mereka ke dalam kehidupan masyarakat.

Penggunaan layanan Azure OpenAI Service di aplikasi OneSmile ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Microsoft dalam menetapkan posisi BSD City sebagai pelopor konsep smart city di Indonesia. Kemitraan strategis dari kedua perusahaan juga diimplementasikan untuk mempercepat proses transformasi Knowledge Hub Building di kawasan Digital Hub BSD City yang akan segera dibuka menjadi smart building dengan mengintegrasikan Azure Digital Twins. (*)

Tentang Living Lab Ventures

Living Lab Ventures adalah corporate venture Sinar Mas Land untuk sektor agnostik di Asia Tenggara. Perusahaan ini memberikan pendanaan, keahlian, layanan, dukungan serta ekosistem yang difokuskan bagi wirausaha dalam membangun perusahaan menuju ke kancah global. Pasarnya berkisar pada perusahaan rintisan yang dapat mengolah teknologi, inovasi, dan modal menjadi bernilai jangka panjang dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Living Lab Ventures memfasilitasi startup secara berkelanjutan melalui tiga pilar utama yakni Investasi, Incubation & Integration, dan Venture Building. Di pilar Investasi, Living Lab Ventures menyediakan pendanaan untuk startup yang berpotensi menjadi game changer dan telah menunjukkan pertumbuhan tinggi. Pada Incubation & Integration, Living Lab Ventures menyediakan program kolaboratif untuk membantu perusahaan rintisan tahap awal agar sukses serta menyediakan program kemitraan melalui divisi Living Lab X. Kemudian dalam pilar Venture Building, Living Lab Ventures secara metodis menciptakan inisiatif bisnis baru untuk mendukung bisnis inti.

Living Lab Ventures juga memiliki Startup Studio sebagai wadah untuk menerapkan ide menjadi produk yang berkembang pesat.

Baca Juga: Sinar Mas Land Hadirkan Layanan Customer Care 24 jam Beri Layanan Prima ke Pelanggan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

BCA Life Pelindung Penyakit Kritis

23 FEBRUARI 2024 / 15:02 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved