June
21
2024
     13:13

OCBC Luncurkan Program Semua Bisa FinanciallyFit: Disabilitas Menyala Tanpa Batas

OCBC Luncurkan Program Semua Bisa FinanciallyFit: Disabilitas Menyala Tanpa Batas
ILUSTRASI. Kiri ke kanan : Aleta Hanafi; Dante Rigmalia; Amir Widjaya pada acara Peluncuran “Semua Bisa #FinanciallyFit: Disabilitas Menyala Tanpa Batas' oleh PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) pada 20 Juni 2024.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  Masih dalam bulan peringatan Hari Peduli Sedunia yang jatuh pada 7 Juni lalu, dan sebagai upaya untuk meningkatkan inklusivitas dalam memberikan akses literasi keuangan yang lebih luas kepada setiap lapisan masyarakat, PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) mengumumkan inisiatif terbaru yang diberi nama “Semua Bisa #FinanciallyFit: Disabilitas Menyala Tanpa Batas”.

Program ini dirancang khusus untuk membuka peluang lebih luas bagi teman-teman disabilitas dalam mengakses pengetahuan dan sumber daya keuangan, memastikan bahwa setiap individu, tanpa terkecuali, dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan mandiri.

Teman-teman disabilitas sering kali menghadapi tantangan dalam mendapatkan akses terhadap sumber daya dan pendidikan keuangan yang memadai. Survei dari Menembus Batas di Januari 2024[1] menunjukkan bahwa 55,3% responden yang merupakan teman-teman disabilitas tidak pernah mendengar atau mempelajari secara mendalam literasi keuangan mengenai produk-produk keuangan, meski banyak di antara mereka yang sudah memiliki kesadaran bahwa mengelola keuangan itu menjadi hal penting.

Aleta Hanafi, Brand & Communication Division Head OCBC, menyatakan, “Semua Bisa #FinanciallyFit: Disabilitas Menyala Tanpa Batas merupakan salah satu wujud program CSR kami di pilar edukasi, dimana kami percaya bahwa pengetahuan literasi keuangan yang tepat akan membantu tiap individu untuk dapat mencapai life goals keuangan.”

“Selain itu, kami juga berkolaborasi dengan lembaga organisasi non-profit, dan komunitas disabilitas untuk terus memperkaya dan menyempurnakan program edukasi keuangan terbaik bagi teman-teman disabilitas,” tambahnya.

Sejalan dengan arahan OJK dalam strategi nasional mereka yakni mendorong perusahaan untuk memperkuat aliansi strategis dengan berbagai pihak untuk melaksanakan kegiatan edukasi keuangan secara langsung kepada segmen teman-teman disabilitas.

Wujud nyata tersebut dilakukan dalam program Financial Education Board Game bersama OCBC volunteer  di salah satu Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) di Jakarta. Hal ini yang menginspirasi OCBC untuk mengembangkan Ruangmenyala.com yang ramah bagi teman-teman disabilitas.

“Kami percaya bahwa pendekatan literasi keuangan tidak selalu membosankan, melalui Ruangmenyala.com, teman-teman disabilitas dapat memulai perjalanan #FinanciallyFit melalui serangkaian workshop, webinar, dan materi edukasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan teman-teman disabilitas dengan menggabungkan teknologi dan metodologi pengajaran yang sesuai bagi mereka,“ ujar  Amir Widjaya, Executive Director Marketing & Lifestyle Business OCBC.

Amir menambahkan, Ruangmenyala.com adalah ekosistim yang dibangun untuk memberikan akses literasi keuangan bagi semua. Diluncurkan pada tahun 2021, RuangMenyala.com saat ini telah memiliki 141.577 members. Selain kelas-kelas edukasi RuangMenyala, kami pun menyediakan bimbingan dari Financial Coach, didukung dengan akses tanpa batas secara gratis ke RuangMenyala, Financial Check-Up, maupun edukasi mengenai pemahaman produk-produk keuangan yang beragam.

Dengan demikian, teman-teman disabilitas juga bisa mendapatkan keuntungan dari produk dan layanan NYALA kami untuk menabung, berinvestasi, dan sambil tetap memenuhi gaya hidup (lifestyle) demi mencapai aspirasi tujuan keuangan (lifegoals) masing-masing.”

Tahun ini pengembangan Ruang Menyala dilakukan untuk menjangkau teman-teman disabilitas untuk mempelajari dasar-dasar pengelolaan keuangan pribadi, seperti budgeting, pengelolaan utang, investasi, dan perencanaan masa depan melalui:

· Kelas online dan tatap muka regular dengan dukungan juru bahasa isyarat yang nyaman dan mudah diakses bagi teman-teman disabilitas,

· Video pembelajaran yang dilengkapi terjemahan bahasa isyarat dan subtitle untuk membantu mereka memahami konsep pengelolaan keuangan yang lebih baik,

·  #FinanciallyFit audiobook dari buku ‘12 PILLARS OF #FINANCIALLYFIT’, yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan orang dengan gangguan penglihatan.

Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden RI, Sociopreneur & Author yang turut hadir di acara tersebut mengapresiasi program ini dan mengatakan, “Penyandang Disabilitas yang merupakan kelompok masyarakat rentan dan indeks literasinya masih rendah, belum menjadi salah satu fokus sasaran edukasi.

Hal tersebut karena adanya hambatan upaya literasi keuangan khususnya kepada segmen yang sulit dijangkau dengan digitalisasi sekalipun, seperti masyarakat yang tidak terafiliasi pada ikatan atau komunitas tertentu seperti teman-teman disabilitas.

Sejalan dengan temuan dari survei dari Menembus Batas di Januari 2024, kebanyakkan tidak tahu tentang pengetahuan keuangan (knowledge). Kunci utamanya adalah kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta dalam memberikan akses yang terbuka bagi mereka. Kesehatan finansial tidak hanya penting untuk pencapaian pribadi tetapi juga merupakan komponen vital dalam mewujudkan visi Indonesia Emas pada tahun 2045.”

Kegiatan inipun turut dihadiri oleh Dante Rigmalia, Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND) yang juga menekankan tentang Komisi Nasional Disabilitas (KND) beroperasi dalam hal memastikan dan memantau pelaksanaan penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak teman-teman disabilitas.

Untuk itu, KND terus berupaya memantau, mengevaluasi, serta secara aktif melakukan advokasi dan kerja sama ke semua lintas sektoral, termasuk juga organisasi para teman-teman disabilitas untuk akses pendidikan yang setara untuk mereka.

Tentang OCBC
PT Bank OCBC NISP Tbk ‘OCBC’ didirikan di Bandung pada 1941 dengan nama Nederlandsch Indische Spaar en Deposito Bank. Selama lebih dari 83 tahun perjalanan, Bank mengalami beberapa kali perubahan nama menjadi 'Bank NISP', kemudian 'Bank OCBC NISP', hingga pada 14 November 2023 lalu, nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Per tanggal 31 Maret 2024, OCBC melayani nasabah melalui 200 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia.

Selain itu, nasabah juga dapat bertransaksi melalui 495 ATM OCBC, lebih dari 90.000 jaringan ATM di Indonesia, dan sekaligus terhubung dengan lebih dari 580 jaringan ATM OCBC Group di Singapura dan Malaysia.

OCBC pun melayani nasabah melalui berbagai channel digital, termasuk mobile banking dan internet banking – baik untuk individu maupun korporasi. OCBC merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Baca Juga: Penggabungan OCBC dan Commonwealth Ditargetkan Selesai 1 September 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved