March
02
2024
     21:29

Novo Nordisk Indonesia Mendorong Edukasi Terkait Obesitas

Novo Nordisk Indonesia Mendorong Edukasi Terkait Obesitas
ILUSTRASI. Banyak kesalahan persepsi soal obesitas

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memperingati Hari Obesitas Sedunia pada 4 Maret mendatang, Novo Nordisk Indonesia menggelar diskusi media, membahas pemahaman ilmiah tentang obesitas. Novo Nordisk Indonesia memilih untuk mengangkat tema yang dapat meluruskan kesalahpahaman seputar isu obesitas.

Gaga Irawan Nugraha, dari Himpunan Studi Obesitas Indonesia mengatakan, obesitas dan obesitas sentral merupakan salah satu masalah kesehatan global. Diperkirakan 1,9 miliar orang akan menderita obesitas pada tahun 2035.  Maka dari itu, sangatlah penting untuk tidak meremehkan kompleksitas ilmiah dari penyakit ini.

"Pemahaman akan keseimbangan energi merupakan hal yang penting untuk menentukan langkah-langkah yang efektif mengatasi obesitas. Agar dapat mengerti konsep keseimbangan energi, penting untuk terlebih dahulu memahami bagaimana otak meregulasi nafsu makan dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi," papar Gaga, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (2/3). 

Menurut dia, memberikan pemahaman terkait obesitas adalah langkah krusial dalam mengatasi masalah yang kompleks ini. “Kita perlu menyediakan penanganan obesitas yang lebih komprehensif di Indonesia. Beralih dari yang tadinya berfokus hanya pada indeks massa tubuh menjadi berfokus pada penanganan komplikasi terkait obesitas," lanjut Gaga. 

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol Jahat Tanpa Konsumsi Obat, Cara Gampang!

Esti Widiastuti, Ketua Tim Kerja Penyakit Diabetes Melitus dan Gangguan Metabolik, Kementerian Kesehatan menuturkan, upaya kolaboratif antara lembaga pemerintah, penyedia layanan kesehatan, dan sektor swasta merupakan hal yang krusial dalam menangani isu yang kompleks ini. "Hal penting bagi seluruh pemangku kepentingan untuk bergotong-royong  mengimplementasikan langkah-langkah yang efektif untuk memerangi obesitas dan risiko kesehatan," terangnya. 

Riyanny Meisha Tarliman, Clinical, Medical, and Regulatory Novo Nordisk Indonesia menambahkan, Novo Nordisk Indonesia menodorong perubahan dalam penanganan obesitas. Dengan berfokus pada edukasi, advokasi dan riset, serta bekerja sama dengan berbagai  pihak terkait.  

"Ke depan, studi kami terkait beban penyakit obesitas akan memberikan rekomendasi yang dapat diimplementasikan pada kebijakan dan strategi perawatan kesehatan untuk pencegahan dan pengelolaan obesitas," kata Riyanny.  Menghadirkan informasi ilmiah terkait obesitas merupakan salah satu upaya Novo Nordisk mengedukasi masyarakat tentang obesitas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved