April
18
2022
     21:15

Nestle Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Pemda Kota Surakarta Berdayakan UMKM

Nestle Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Pemda Kota Surakarta Berdayakan UMKM
ILUSTRASI. Presiden Direktur PT Nestle Indonesia Ganesan Ampalavanar dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming usai meneken MoU Nestle dan Pemkot Surakarta berdayakan UMKM.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan menumbuhkembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya di wilayah Surakarta, PT Nestle Indonesia bersinergi dengan Pemerintah Kota Surakarta untuk melakukan program pemberdayaan talenta di kawasan Solo Technopark, Surakarta, Jawa Tengah.

Solo Technopark merupakan kawasan terpadu di bawah pengelolaan Pemerintah Kota Surakarta berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang memadukan unsur pengembangan iptek, kebutuhan pasar industri dan bisnis, serta penguatan daya saing daerah.

Kerja sama ini diwujudkan dalam nota kesepahaman (MoU) dengan judul “Peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam menumbuhkembangkan usaha mikro kecil dan menengah serta industri herbal melalui kerjasama industri – akademisi di kota Surakarta”. Rumusan dari MoU yang telah disepakati antara PT Nestle Indonesia dan Pemerintah Kota Surakarta meliputi beberapa hal, di antaranya:

pengembangan talenta dan tenaga kerja di Kota Surakarta,
pelatihan dan pengembangan UMKM,  
penjajakan dan pengembangan potensi industri herbal, dan  
kerja sama dunia industri dengan dunia kampus.

“Solo Technopark merupakan ikon dari pusat inovasi dan vokasi yang memadukan unsur pengembangan iptek, kebutuhan pasar, industri dan bisnis untuk penguatan daya saing daerah. Saya berharap, melalui kerja sama dengan PT Nestle Indonesia, kehadiran Solo Technopark dapat menjadikan kota Surakarta sebagai katalis dalam menumbuhkembangkan wirausaha baru sekaligus menjadi motor penggerak ekonomi digital Indonesia,” pungkas Walikota Surakarta Gibran Rakabuming.

Presiden Direktur PT Nestle Indonesia Ganesan Ampalavanar menyatakan, “Sejalan dengan ambisi Nestle untuk membantu pergerakan ekonomi di Indonesia, Nestle ingin turut mengambil peran dalam memberikan pelatihan kepada talenta dan tenaga kerja di Kota Surakarta, sebagai wujud dukungan Nestle terhadap Indonesia Emas 2045, visi pemerintah untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur.”

Selain merupakan pusat vokasi dan riset teknologi terapan di kota Surakarta, Solo Technopark juga dibangun dari sinergi dan hubungan yang kokoh antara dunia pendidikan, bisnis, dan pemerintahan (The Triple Helix Model of Innovation) serta komunitas masyarakat.  

Ke depannya, kerja sama yang terjalin antara PT Nestle Indonesia dan Pemerintah Kota Surakarta pada tanggal 25 Maret lalu ini dapat semakin mendorong Solo Technopark menjadi tempat produktif dengan SDM yang berkualitas.  

“Kami berharap, sinergi yang terjalin antara Nestle Indonesia dan Pemerintah Kota Surakarta dapat semakin mengembangkan talenta dan tenaga kerja sekaligus UMKM berkualitas di Surakarta. Melalui adanya pemberdayaan talenta di Solo Technopark, percepatan pertumbuhan industri di daerah dapat semakin terealisasikan dengan menciptakan SDM dan UMKM yang memiliki daya saing tinggi baik di Indonesia hingga mancanegara,” tutup Ganesan.  

Tentang Nestle Indonesia

Nestle Indonesia adalah anak perusahaan Nestle S.A., produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Sebagai perusahaan di bidang gizi, kesehatan dan keafiatan, Nestle telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun dan hadir di 187 negara di seluruh dunia, dengan lebih dari 2.000 merek yang memiliki tujuan yang sama yaitu menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang.

Nestlé Indonesia didirikan pada tahun 1971 dan mempekerjakan sekitar 3.600 karyawan. Nestle Indonesia memiliki tiga pabrik di Indonesia yang memproduksi berbagai produk susu, makanan dan minuman dengan merek-merek terkenal seperti DANCOW, MILO, NESCAFE, LACTOGROW, CERELAC, KITKAT, BEAR BRAND, dan lain-lain.  

Tahun lalu, Nestle Indonesia memperingati 50 Tahun di Indonesia, dan kami bangga dengan pencapaian kami sebagai perusahaan yang sukses yang telah menciptakan manfaat bagi peternak sapi perah, petani kopi, mitra bisnis, pelanggan, konsumen dan masyarakat Indonesia. Kami bersemangat untuk maju bersama Indonesia!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved