June
17
2024
     10:33

Moladin Finance Indonesia Hadirkan Produk Pembiayaan UMKM

Moladin Finance Indonesia Hadirkan Produk Pembiayaan UMKM
ILUSTRASI. Moladin meluncurkan produk pembiayaan baru yang didedikasikan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bawah PT Moladin Finance Indonesia (MOFI).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Moladin meluncurkan produk pembiayaan baru yang didedikasikan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bawah PT Moladin Finance Indonesia (MOFI). MOFI, Perusahaan Pembiayaan yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), adalah bagian dari Moladin grup dengan misi memperluas akses keuangan di seluruh Indonesia. Dengan produk pembiayaan UMKM ini, debitur dapat mengakses produk pembiayaan yang fleksibel untuk modal kerja dan investasi untuk mengembangkan bisnis mereka.

Seiring dengan pentingnya peran UMKM di Indonesia dalam lanskap ekonomi nasional, mereka menghadapi tantangan yang menghambat akses mereka ke pembiayaan penting untuk ekspansi bisnis. Salah satu tantangan utama adalah kesulitan lembaga keuangan dalam menyediakan produk yang sesuai, terutama dalam hal persyaratan dan fleksibilitas produk untuk sektor ini. Melihat potensi di segmen pasar ini, Moladin meluncurkan produk pembiayaan UMKM dengan menggunakan properti sebagai jaminan.

Pada publikasi Roadmap Pengembangan dan Penguatan Perusahaan Pembiayaan Tahun 2024-2028, OJK mengungkapkan bahwa hingga tahun 2022, pembiayaan sektor UMKM oleh Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) hanya mampu memenuhi sebesar Rp229 Triliun atau 15% dari kebutuhan.

Kendati pembiayaan terhadap sektor UMKM cenderung meningkat sepanjang periode 2018-2023, namun publikasi OJK tersebut juga menyebutkan bahwa kesenjangan supply dan demand sektor ini masih tinggi dan diprediksi mencapai Rp 4.300 triliun di tahun 2026.

Mulyadi, Direktur Utama PT Moladin Finance Indonesia (MOFI) menyatakan, “Potensi bisnis untuk pembiayaan di segmen UMKM, serta pembiayaan dengan limit di atas Rp500 juta, tidak banyak didanai oleh industri multifinance. UMKM adalah pasar yang potensial masih besarnya kebutuhan pendanaan di segmen ini dan Moladin ingin berkontribusi lebih besar untuk mendukung UMKM.”

Untuk mempersempit kesenjangan antara penawaran dan permintaan, diperlukan produk keuangan yang fleksibel untuk menyederhanakan proses aplikasi dan memberikan dukungan yang ditargetkan bagi pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Dengan pembiayaan UMKM MOFI, para pelaku usaha UMKM dari semua segmen bisnis dapat memanfaatkan proses persetujuan kredit yang efisien dan fleksibel yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Dengan menggabungkan keunggulan ini, Moladin dapat mendorong lanskap pembiayaan yang lebih mudah diakses dan mendukung operasional bisnis.
 
UMKM bisa diuntungkan dari pembiayaan yang cepat dan fleksibel karena beberapa alasan. Pembiayaan yang fleksibel memungkinkan UMKM untuk beradaptasi dengan keadaan yang tak terduga dan memanfaatkan tren atau permintaan pelanggan yang sedang berkembang. Selain itu, kemampuan untuk mendapatkan dana dengan cepat dan fleksibel memungkinkan UMKM untuk mengatasi fluktuasi musiman, merespons tekanan kompetitif, dan berinovasi tanpa terhambat oleh proses persetujuan yang panjang.

Dinda, seorang wirausahawan yang bersemangat menjalankan usaha warung kopi, tahu bahwa dia membutuhkan lebih dari sekadar secangkir kopi untuk mengubah mimpinya menjadi bisnis yang sukses. Dengan visi membuka kedai kopi yang sebenarnya, dia memulai perjalanan untuk mendapatkan pinjaman. MOFI, lebih dari sekadar penyedia jasa keuangan, menjadi mitra terpercaya dalam perjalanan Dinda.

“Proses pengajuan pinjaman, yang seringkali menakutkan bagi pemula, menjadi lancar berkat tim MOFI. Tim MOFI dengan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan saya dan membantu mengatasi kekhawatirannya sepanjang proses tersebut,” ujar Dinda. Kisah Dinda adalah bukti kekuatan ketekunan dan dampak dari menemukan sistem dukungan yang tepat untuk mewujudkan mimpinya.

“Produk pembiayaan UMKM MOFI kami bertujuan untuk membantu UMKM menghadapi ketidakpastian ekonomi, beradaptasi dengan dinamika pasar, dan pada akhirnya meningkatkan daya saing mereka dalam lanskap bisnis yang terus berkembang. Ini sangat penting karena pembiayaan dan modal kerja bertindak sebagai katalis untuk pertumbuhan yang berkelanjutan, memberdayakan UKM untuk mencapai potensi penuh mereka dan berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian.

Diharapkan dengan peluncuran ini, produk pembiayaan UMKM MOFI dapat langsung mengatasi kebutuhan sektor ini akan pendanaan yang fleksibel, dan pada saat yang sama menyediakan data penting untuk peningkatan produk di masa depan yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik UMKM,” tutup Mulyadi.

Saat ini, MOFI memiliki promo menarik untuk setiap pengajuan dengan Jaminan Properti selama bulan Juni hingga Juli 2024. Dapatkan X-tra Cashback Biaya Appraisal Rp 500rb dan X-tra Gratis biaya admin, syarat dan ketentuan berlaku. Informasi lebih lanjut kunjungi: mofi.id/promo/mofipropertixtra.

Informasi lebih lanjut mengenai pembiayaan UKM dari MOFI di atas 300 juta rupiah, Anda dapat mengakses situs web https://mofi.id/produk/pinjaman-jaminan-properti.

Tentang Moladin
Moladin adalah platform marketplace untuk mobilitas terkemuka di Indonesia dengan solusi pembiayaan end to end untuk semua pemain di ekosistem mobil bekas dan kendaraan listrik (EV). Moladin memberdayakan lebih dari 26.000 agen dan UMKM dealer mobil bekas dalam network yang berkembang pesat, dan memberikan akses pembiayaan yang lebih baik kepada konsumen mobil bekas melalui penjaminan pinjaman yang berbasis digital.

Hal ini didukung oleh keahlian Moladin dalam operasional mobil bekas yang kuat dengan cabang dan warehouse di lebih dari 100 kota; AI/IoT yang terdepan di industri, dan kemitraan dengan seluruh perusahaan pembiayaan mobil terkemuka di seluruh Indonesia.

Serta dukungan dari PT Moladin Finance Indonesia, Perusahaan Pembiayaan yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Visi Moladin adalah menjadi katalis perubahan positif dalam mobilitas fisik dan sosial semua orang yang terlibat di dalamnya (“Mobilitas untuk semua”).

Baca Juga: Moladin Finance Meluncur Produk Pembiayaan untuk UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved