August
23
2024
     16:01

Mendag Zulkifli Hasan Kunjungi Koperasi Susu di Bandung Barat, UMKM Fondasi Ekonomi

Mendag Zulkifli Hasan Kunjungi Koperasi Susu di Bandung Barat, UMKM Fondasi Ekonomi
ILUSTRASI. Mendag Zulkifli Hasan dalam acara temu wicara Program AkselerasiEkosistem UMKM Digital yang diselenggarakan oleh Dagangan di Yogyakarta, Senin (6/11).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) turut berperan sebagai fondasi ekonomi Indonesia. Pasalnya, usaha dengan skala tersebut berkontribusi besar dalam menyerap tenaga kerja di Indonesia serta menyumbang 60 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat mengunjungi Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Kamis, (22/8).

“UMKM seperti KPSBU Lembang, berkontribusi besar sebagai fondasi ekonomi Indonesia. Sebab, 90 persen tenaga kerja Indonesia terserap di sektor ini. Selain itu, 60 persen produk domestik bruto Indonesia pun ada di sektor ini. Oleh karena itu, pemerintah akan memberi perhatian khusus agar usaha skala ini dapat lebih berkembang,” ucap Mendag Zulkifli Hasan.

Dalam kunjungan tersebut, hadir Ketua KPSBU Lembang Dedi Setiadi. Turut mendampingi Mendag yaitu Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Moga Simatupang.

Dalam kunjungan kali ini, Mendag Zulkfili Hasan menilai, proses produksi KPSBU Lembang telah didukung dengan peralatan canggih dan komitmen menjaga kebersihan. Kelebihan-kelebihan ini, menurutnya, menjadikan koperasi susu seperti KPSBU Lembang ini punya kemampuan yang tidak kalah dengan perusahaan-perusahaan besar. Ia pun menilai, potensi KPSBU Lembang akan makin berkembang maksimal dengan dukungan dan binaan yang tepat dari pemerintah.

“KPSBU Lembang ini sangat layak untuk dibina dan didukung. Peralatan yang digunakan canggih dan tempatnya bersih sehingga tidak kalah dari perusahaan manapun. Keberadaan koperasi ini sangat membantu para peternak,” tambah Mendag Zulkifli Hasan. KPSBU Lembang berdiri sejak 1979. Saat ini, KPSBU Lembang memiliki 7.500 peternak anggota dan populasi sapi perah sekitar 21.000 ekor.

KPSBU Lembang memproduksi lebih dari 100 ton susu per hari. KPSBU Lembang menjalankan layanan pemasaran susu, rumah potong hewan, warung serba ada khusus anggota, pusat oleh-oleh Lembang, dan pabrik makanan ternak. KPSBU Lembang juga menyediakan layanan dukungan usaha bagi anggota seperti fasilitas pinjaman tanpa bunga, inseminasi buatan sapi perah, hingga dukungan kesehatan hewan.

Baca Juga: Mendag Zulkifli Kunjungi Perusahaan Pakan Ternak & Makanan Olahan di Lampung Selatan

Selanjutnya: Kecelakaan Pesawat Thailand: Semua Penumpang, Termasuk Wisatan Tiongkok Diduga Tewas

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (24/8) Hujan Deras, Status Waspada Bencana Provinsi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved