August
31
2023
     11:53

Mendag Zulkifli Hasan: E-Commerce Dorong Pemberdayaan UMKM Rambah Pasar Internasional

Mendag Zulkifli Hasan: E-Commerce Dorong Pemberdayaan UMKM Rambah Pasar Internasional
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan, meresmikanGudang Ekspor Shopee terbaru pada hari ini, Kamis (30/8) di Cengkareng, Jakarta Barat.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - - Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan, meresmikan Gudang Ekspor Shopee terbaru pada hari ini, Kamis (30/8) di Cengkareng, Jakarta Barat. Peresmian gudang ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana yang dapat membantu UMKM untuk masuk di pasar global serta memberikan manfaat bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari segi efisiensi logistik, dan peningkatan penjualan.

Peresmian Gudang Shopee dihadiri Director & Country Head of SEA Indonesia Kiky Hapsary. Mendag Zulkifli Hasan didampingi Sekretaris Jenderal Suhanto dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim.

“Semoga Shopee terus berkomitmen mendorong penguatan kapasitas dan pemberdayaan UMKM di Indonesia, serta memberikan ruang bagi produk Indonesia untuk merambah pasar internasional,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Menurut Mendag Zulkifli Hasan, untuk memajukan e-commerce diperlukan kerja sama antara pemerintah dan pelaku e-commerce. “Perlu kerja sama agar Pemerintah mengetahui hambatan para pelaku e-commerce. Tugas Pemerintah adalah untuk memajukan e-commerce di Indonesia serta melindungi dan mengembangkan pelaku usaha dalam negeri khususnya UMKM,” tambahnya.

Mendag Zulkifli Hasan juga mengapresiasi langkah Shopee Indonesia yang telah meningkatkan kapasitas UMKM Indonesia melalui program edukasi kepada 80.000 UMKM. UMKM yang telah mengikuti program edukasi Shopee tersebut perlu didorong untuk mengikuti Program Ekspor Shopee dan memasarkan produknya di sembilan negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.

“Saya berterima kasih kepada Shopee atas perannya sebagai penyambung bagi penjual. Melalui ecommerce seperti Shopee yang dapat menguhubungkan penjual dan pembeli secara langsung. Ecommerce juga membantu pelaku UMKM memdapatkan akses pasar. Sehingga pembelinya tidak hanya dari Jawa Barat, Solo, Jakarta, tetapi juga sampai Malaysia dan Thailand,” urai Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan, Pemerintah akan terus melakukan penataan regulasi agar niaga elektronik (e-commerce) terus berkembang. “Inilah yang harus ditata agar e-commerce Indonesia berkembang dan bisa mendukung UMKM. Masukan dari pelaku e-commerce dibutuhkan,” urainya.

Director and Country Head Sea Group Indonesia, Kiky Hapsari menjelaskan, sebagai perusahaan teknologi, Sea Group melalui Shopee Indonesia, merasa bangga dapat berpartisipasi aktif sebagai enabler dari perkembangan bisnis UMKM lokal menjangkau pasar global.

“Gudang ini merupakan infrastruktur penunjang dari program ekspor yang sudah dijalankan oleh Shopee saat ini. Tadi kita bisa lihat bagaimana mudahnya proses ekspor melalui Shopee. Kami juga bangga menyampaikan ada 20 juta produk UMKM lokal yang tersedia di pasar di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin,” kata Kiky.

Perekonomian Indonesia sepanjang triwulan II tahun 2023 tumbuh sebesar 5,17 persen. Nilai ekspor Indonesia pada Juli 2023 mencapai USD 20,88 miliar atau naik 1,36 persen dibandingkan Juni 2023. Secara kumulatif, nilai ekspor Indonesia Januari–Juli 2023 mencapai USD 149,53 miliar.

Baca Juga: Gudang Shopee Baru di Cengkareng untuk Fasilitasi Ekspor - Impor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved