July
05
2022
     13:31

McEasy Mengantongi Pendanaan Seri A Senilai USD 6,5 Juta dari East Ventures

McEasy Mengantongi Pendanaan Seri A Senilai USD 6,5 Juta dari East Ventures
ILUSTRASI. McEasy, startup yang menyediakan solusi digital Software-as-a-Service bagi operator logistik dan pelacakan kendaraan, mengumumkan pendanaan seri A senilai USD 6,5 juta (atau setara dengan Rp 97 miliar) yang dipimpin oleh East Ventures.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - McEasy, startup yang menyediakan solusi digital Software-as-a-Service bagi operator logistik dan pelacakan kendaraan, mengumumkan pendanaan seri A senilai USD 6,5 juta (atau setara dengan Rp 97 miliar) yang dipimpin oleh East Ventures. Perusahaan yang berbasis di Indonesia ini akan menggunakan dana tersebut untuk meningkatkan teknologi inovasi, mengembangkan produk yang memberikan nilai tambah bagi konsumen (product-market fit) dan meningkatkan eksistensi di kota tier dua & tiga.

McEasy telah tumbuh lebih dari 12x lipat selama 18 bulan terakhir. Didirikan pada tahun 2017, perusahaan ini menjadi solusi transportasi dan rantai pasok yang handal bagi lebih dari 200 perusahaan, termasuk Cleo Pure Water, KMDI Logistics, MGM Bosco Logistics, Rosalia Indah, dan Tanto Intim Line.

Lebih dari 85% bisnis di sektor transportasi dan rantai pasok mengandalkan kertas dan pena dalam menjalankan operasi mereka. Rendahnya kesadaran di tengah kalangan pemilik usaha kecil dan menengah akan teknologi untuk meningkatkan efisiensi logistik, menandakan masih banyak pemilik usaha bertahan dengan proses manual yang pastinya memakan waktu.

“Mengatasi tantangan sehari-hari, seperti mengelola supir dan pengeluarannya, mengatur konsumsi bahan bakar dan mengoptimasi rute, dapat memakan waktu hingga dua kali lebih lama. Karenanya, pendanaan ini kami alokasikan untuk mengembangkan teknologi membantu para business owner meningkatkan efisiensi.

Penggunaan teknologi dapat meningkatkan efisiensi pengiriman dan menghemat biaya operasional hingga 30%. Visi McEasy adalah mendigitalisasi sektor transportasi dan ekosistem rantai pasokan nasional – membuatnya lebih terkoneksi, memiliki visibilitas, terotomasi dan terintegrasi yang bersifat dari hulu ke hilir,” ungkap Raymond Sutjiono, Co-founder, McEasy

“East Ventures adalah investor yang menyadari potensi McEasy dalam memberikan dampak positif bagi ekosistem rantai pasok Indonesia. Investasi ini akan digunakan untuk mengembangkan produk bagi para penggiat usaha kecil dan menengah serta memperkuat eksistensi kami di kota-kota tier dua & tiga. Selain melayani perusahaan besar, kami juga fokus memberikan dukungan teknologi kepada mitra UKM. Mereka adalah tulang punggung perekonomian kita, dan potensi sektor ini sungguh tidak terbatas – sekitar 900.000 unit dan lebih dari lima juta unit mobil angkutan komersial,” kata Hendrik Ekowaluyo, Co-founder, McEasy.

“McEasy mencatatkan pertumbuhan positif di era pasca pandemi ini. Mereka mensinergikan dua hal terbaik dari dua bidang – logistik dan teknologi – untuk mengembangkan penawarannya, memperkuat keberadaan mereka secara nasional, serta pada saat yang sama mempertahankan tingkat profitabilitas.

McEasy melakukan investasi pada teknologi secara masif untuk memastikan implementasi solusi digital terbaik bagi para pelaku sektor transportasi & rantai pasok. Kami senang dapat menjadi bagian dari setiap kesuksesan McEasy. Kami yakin mereka akan terus membawa berbagai dampak nyata bagi masyarakat,” jelas Willson Cuaca, Co-Founder & Managing Partner, East Ventures.

Solusi berbasis teknologi milik McEasy berguna bagi penyedia jasa logistik, termasuk bus penumpang, jasa pengiriman barang hingga kendaraan berpendingin untuk pengiriman komoditi dengan temperatur tertentu seperti farmasi, daging, makanan laut, produk susu dan frozen food.

McEasy memiliki tiga pilar utama untuk memecahkan tantangan di sektor ini: 1) Mobility Softwareas-a-Service guna mendigitalisasi kendaraan dan memungkinkan pelacakan real-time, 2) Solusi vertikal untuk meningkatkan efisiensi dan proses bisnis mitranya, dan 3) Ekosistem Open-API guna mengintegrasi pelaku sektor transportasi dan rantai pasok.

Produk unggulan McEasy adalah Vehicle Smart Management System (solusi digital pelacak pintar untuk membantu operasi logistik dan pelacakan lokasi kendaraan secara real-time), Transportation Management System (perangkat lunak terintegrasi untuk merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengoptimalkan proses logistik, memungkinkan seluruh proses logistik menjadi lebih efisien) dan Smart Driver Apps.

McEasy baru saja memperkenalkan "Gerakan 1 Juta Kendaraan" sebagai bagian dari komitmennya untuk mendukung percepatan digitalisasi di bidang logistik dan transportasi. Kampanye ini bertujuan untuk mengintegrasikan setidaknya satu juta kendaraan roda empat ke dalam ekosistem digital McEasy pada tahun 2025.

Tentang McEasy

McEasy menyediakan solusi digital berbasis Internet dan GPS untuk menjawab kebutuhan operasional logistik dan pelacakan lokasi kendaraan. Berdiri sejak tahun 2017, McEasy bertransformasi menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi terintegrasi di bidang transportasi logistik dan pergudangan. Sebagai perusahaan perangkat lunak, mereka senantiasa melakukan riset dan pengembangan produk secara berkala sehingga dapat diandalkan oleh para pelanggan. McEasy mendapatkan putaran pendanaan awal senilai Rp 22 miliar (USD 1,5 juta) dari East Ventures.

Tentang East Ventures

East Ventures adalah perusahaan venture capital (VC) yang terbuka pada seluruh sektor (sector-agnostic) dan pelopor investasi startup Indonesia. Berdiri pada tahun 2009, East Ventures telah bertransformasi menjadi sebuah platform holistik yang menyediakan investasi tahap awal dan tahap lanjutan untuk lebih dari 200 perusahaan di Asia Tenggara.

Sebagai perusahaan yang percaya pada ekosistem startup di Indonesia, East Ventures adalah investor pertama di unicorn Indonesia, yaitu Tokopedia dan Traveloka. Perusahaan lainnya yang tergabung dalam portofolio East Ventures adalah Ruangguru, SIRCLO, Kudo (diakuisisi oleh Grab), Loket (diakuisisi oleh Gojek), Tech in Asia, Xendit, IDN Media, MokaPOS (diakuisisi oleh Gojek), ShopBack, KoinWorks, dan Sociolla.

East Ventures dinobatkan sebagai VC berkinerja tinggi paling konsisten secara global oleh Preqin dan investor paling aktif di Asia Tenggara dan Indonesia oleh beberapa media. Selain itu, East Ventures merupakan perusahaan venture capital pertama di Indonesia yang menandatangani Principle of Responsible Investment (PRI) yang didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). East Ventures berkomitmen untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan membawa dampak positif kepada masyarakat melalui inisiatif dan praktik yang berlandaskan environmental, social and governance (ESG).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved