April
18
2023
     17:27

Matahari Laporkan Penjualan Kotor Rp 2,7 Triliun

Matahari Laporkan Penjualan Kotor Rp 2,7 Triliun
ILUSTRASI. Matahari (Perseroan; kode saham: LPPF) membukukan Penjualan Kotor sebesar Rp 2,7 Triliun, atau tumbuh 14,2% pada kuartal pertama 2023.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Matahari ("Perseroan"; kode saham: "LPPF") membukukan Penjualan Kotor sebesar Rp 2,7 Triliun, atau tumbuh 14,2% pada kuartal pertama 2023. EBITDA tercatat sebesar Rp 234 Miliar, mencerminkan normalisasi biaya sewa dan dampak penyesuaian upah minimum.

(dalam Miliar Rupiah)
Deskripsi Q1 2023
Perbedaan
dari Q1 2022
Penjualan Kotor 2.746 14,2%
Pendapatan Bersih 1.443 12,1%
EBITDA 234 -6,8%
 

Sejak awal tahun hingga kini, Perseroan berhasil membuka 7 gerai baru menjelang Lebaran di Bekasi, Cikarang, dua gerai di Semarang, Sleman, Balikpapan, dan Bali. Matahari sesuai rencana akan membuka 12-15 gerai baru di tahun 2023. Gerai-gerai baru ini juga akan mendukung pencapaian Lebaran 2023 dalam portofolio gerai yang semakin berkembang, yang terdiri dari 155 gerai hingga hari ini.

Pada tanggal 29 Maret 2023, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan ("RUPST"; "Rapat") menyetujui seluruh usulan yang dimaksudkan untuk memaksimalkan nilai pemegang saham. Rapat antara lain menyetujui pembagian dividen sebesar Rp 525 per saham dari Laba Bersih 2022. Selain itu, RUPST menyetujui kelanjutan program pembelian kembali saham hingga 28 September 2024.

Terry O'Connor, Wakil Presiden Direktur dan CEO Matahari, mengatakan, "Matahari berkomitmen untuk meningkatkan pengembalian bagi pemegang saham. Kami gembira memulai tahun ini dengan 7 gerai baru, yang secara efektif mendukung interaksi kami dengan pembeli di musim utama Lebaran.

Pada saat yang sama, kami senang melihat kemajuan kami dalam inisiatif omni-channel dan perkembangan jumlah anggota aktif program loyalitas yang membuka kesempatan lebih luas bagi komunikasi yang tersegmentasi dengan baik. Dengan kemajuan ini, kami yakin pada prospek jangka panjang kami yang positif."

Tentang Matahari

Matahari adalah platform ritel terbesar di Indonesia, dengan 155 gerai di 81 kota di seluruh Indonesia, serta secara online melalui matahari.com, platform social commerce “Shop & Talk”, dan marketplace pihak ketiga. Selama lebih dari 60 tahun, Matahari menyediakan produk pakaian, kecantikan dan sepatu yang berkualitas, fashionable dan terjangkau bagi kalangan menengah Indonesia yang semakin meningkat. Matahari mempekerjakan lebih dari 30.000 karyawan (termasuk SPG produk konsinyasi) dan bermitra dengan sekitar 600 pemasok lokal serta internasional.

Perseroan menerima beberapa penghargaan dari industri – bertaraf nasional dan internasional – termasuk Top 100 Most Valuable Brand by Brand Finance, Most Improved Investor Relations and Top 5 Best Senior Management IR Support in 2022 dari Alpha Southeast Asia, Top 10 CSR Donor dari Bursa Efek Indonesia, Best Non-Financial Sector dan Top 10 Mid-Cap Issuers ASEAN Corporate Governance Awards 2022, Top Digital Company & Best Excellent Service Experience Index Award 2022 dari Majalah Marketing, Top 50 Most Valuable Brand Awards 2021 dari Brand Finance Indonesia, Top 500 Retail Asia Pacific dari Retail Asia, Euromonitor & KPMG; Brand Asia 2018 – Top 3 Most Powerful Retail Brands in Indonesia dari Nikkei BP Consulting, Inc.; dan WoW Brand Award 2019 – Gold Champion dari MarkPlus Inc. Di samping itu, Perseroan juga meraih penghargaan Indonesia Netizen’s Brand Choice Award 2018 dari Warta Ekonomi. Seluruh penghargaan ini mendukung dan memperkuat reputasi Perseroan sebagai salah satu Perseroanyang terkemuka, dinamis, dan tepercaya di Indonesia.

Baca Juga: Matahari Department Store (LPPF) Menggelar Mudik Gratis Bagi 1.000 Orang Pelanggan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2025 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved