MAPI Awali Tahun 2023 dengan Solid, Pendapatan Q1 Meningkat 32,5%
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), peritel multi-channel branded commerce terkemuka di Indonesia, hari ini mengumumkan kinerja Q1 2023.
Pada kuartal pertama, pendapatan bersih MAPI naik 32,5% YoY menjadi Rp7,5 triliun dari Rp5,6 triliun, margin laba kotor meningkat menjadi 44,3% dari 42,9% dibanding tahun sebelumnya.
Laba usaha melonjak 36,0% YoY menjadi Rp664 miliar dari Rp488 miliar, kemudian EBITDA tumbuh 24,8% YoY dari Rp1,0 triliun menjadi Rp1,3 triliun. Di luar one-time gain dari divestasi Burger King senilai Rp309 miliar (setelah pajak) yang terjadi pada 1Q22, laba inti yang mewakili kinerja operasional perusahaan melonjak 46,7% YoY menjadi Rp496 miliar dari Rp339 miliar.
“Kami telah menghasilkan kinerja yang solid pada kuartal ini, didukung oleh kekuatan portofolio brand yang unik, dan ketangguhan pelanggan kami. Pencapaian Q1 kembali menunjukkan sinergi yang sukses antara berkembangnya jangkauan kami terhadap pelanggan, efisiensi yang didukung oleh data, ekspansi berkelanjutan, dan keunggulan operasional di seluruh grup Perusahaan,” komentar Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group.
Sehubungan dengan Pencabutan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah pada 30 Desember 2022, momentum penjualan menguat dikarenakan meningkatnya kepercayaan dan mobilitas masyarakat.
Ratih menambahkan, “Pertumbuhan solid kami di Q1 2023 juga dikarenakan oleh efek low base dari Q1 2022 karena saat itu masih berada pada tahap awal pemulihan krisis Covid-19, dengan adanya kekhawatiran atas gelombang Omicron yang masih berlangsung.
Selama kuartal tersebut, MAPI terus memperluas jaringan gerai fisik, dan kami telah berhasil meningkatkan perencanaan inventory untuk mengoptimalkan penjualan pada periode Lebaran.”
Pada saat pandemi mereda, tren belanja mulai kembali seperti periode pra-pandemi, dengan lebih banyak pelanggan berbelanja secara offline. Meskipun demikian, kanal digital kami terus mendukung penjualan perusahaan, dengan kontribusi sebesar 8,1% dari total penjualan di Q1 2023. Platform omni-channel MAPI merupakan inti dari strategi Perusahaan.
Platform tersebut terintegrasi dengan seluruh jalur distribusi, baik mal, kanal digital, atau mitra marketplace, memiliki kemampuan untuk memberikan apa yang diinginkan pelanggan, kapan, dan di mana saja. Dengan terus mengadopsi teknologi dan inovasi baru untuk dapat lebih memahami pelanggan, MAPI yakin dapat memaksimalkan potensi Perusahaan serta menciptakan nilai untuk jangka panjang.
“MAPI terus beradaptasi dengan lingkungan yang penuh tantangan, oleh karena itu Perusahaan antusias memasuki tahun baru dengan jajaran brand, produk, dan layanan terbaik, memimpin dengan nilai-nilai yang diyakini dalam segala hal yang kami lakukan, serta tetap fokus pada jangka panjang,” tutur Ratih menyimpulkan.
Tentang PT Mitra Adiperkasa Tbk
MAPI memiliki portofolio lebih dari 150 brand kelas dunia dari department stores, sports, fashion, kids, food & beverage hingga lifestyle. Per Maret 2023, MAPI mengoperasikan lebih dari 2.700 gerai ritel di lebih dari 80 kota di Indonesia. Konsep ritel utama yang dikelola antara lain; Department Stores: Sogo, Seibu, The FoodHall; Fashion & Beauty: Zara, Marks & Spencer, Kipling, Cotton On, Mango, Massimo Dutti, Swarovski, Zara Home, Boots, Sephora; Active (Sports, Leisure & Kids): Sports Station, PlanetSports.Asia, Foot Locker, Converse, Golf House, Reebok, Skechers, Onitsuka Tiger, Staccato, Clarks, Kidz Station, Smiggle, Lego; Digital: Digimap, Digiplus; Food & Beverage: Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Cold Stone Creamery Ice Cream, Godiva, Genki Sushi, Subway; Others: Alun Alun Indonesia.
Baca Juga: Pendapatan Mitra Adiperkasa (MAPI) Melonjak 32,5% di Kuartal I-2023
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News