July
12
2023
     20:14

Logistika dan Deliveree Umumkan Kemitraan untuk Digitalisasi Truk di Batam

Logistika dan Deliveree Umumkan Kemitraan untuk Digitalisasi Truk di Batam
ILUSTRASI. Untuk mendukung Ekosistem Logistik Nasional (NLE) dan Ekosistem Logistik Batam (BLE), Persero Batam dan Deliveree dengan bangga mengumumkan kemitraan mereka untuk menghadirkan digitalisasi dan AI generasi berikutnya ke pasar trucking di Batam.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Untuk mendukung Ekosistem Logistik Nasional (NLE) dan Ekosistem Logistik Batam (BLE), Persero Batam dan Deliveree dengan bangga mengumumkan kemitraan mereka untuk menghadirkan digitalisasi dan AI generasi berikutnya ke pasar trucking di Batam. Sebagai produk unggulan mereka, kedua perusahaan akan bersama-sama meluncurkan dan mengoperasikan aplikasi trucking serta marketplace Logistika Deliveree mulai Agustus 2023 di seluruh Kota Batam.

Aplikasi Logistika Deliveree memanfaatkan keahlian logistik yang luar biasa dari induk perusahaan Logistika, Persero Batam, yang telah beroperasi sejak tahun 1973 sebagai perusahaan terdepan di Batam di bidang angkutan laut, kargo darat, kargo udara, bongkar muat, dan pergudangan.

Aplikasi Logistika Deliveree juga diuntungkan oleh rekam jejak Deliveree sebagai perusahaan teknologi pengiriman barang terkemuka di Indonesia. Kedua mitra berkomitmen untuk memastikan aplikasi Logistika Deliveree memiliki dampak yang kuat pada pasar logistik Batam dengan meningkatkan efisiensi dan tingkat utilisasi truk sehingga dapat memangkas biaya transportasi. Hal ini bertujuan untuk mendukung tujuan NLE dan BLE dengan mempercepat pertumbuhan dan kesuksesan pasar logistik Batam.

"Aplikasi Deliveree Logistika mempertemukan ribuan pengirim dan vendor truk di Batam untuk memastikan truk-truk dapat diutilisasikan sepenuhnya dan sesedikit mungkin berjalan dalam keadaan kosong. Hal yang paling mengesankan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menggunakan AI dalam mengatur ribuan pemesanan truk harian dan menugaskannya ke truk dan trailer yang tepat di waktu yang tepat di lokasi yang tepat sehingga truk-truk tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin dan kosong sesedikit mungkin.

Hal ini akan meningkatkan penghasilan vendor sekaligus mengurangi biaya transportasi. Efisiensi ini akan memperkuat dan mendorong sektor jasa logistik yang lebih kompetitif di Batam, sehingga dapat menarik lebih banyak investasi dan pertumbuhan, sekaligus menjadikan Batam semakin kompetitif di kancah internasional." ujar Arham S. Torik, Direktur Utama, PT Persero Batam

Dengan aplikasi Logistika Deliveree, pengirim dapat memesan truk box dan prime mover dengan trailer di manapun di Batam untuk kebutuhan impor, ekspor, maupun kargo jalan raya dengan pengalaman digital sepenuhnya yang mencakup penugasan ke vendor profesional, pelacakan map secara langsung untuk truk dan kargo, tanda tangan dan foto digital, pembayaran atau faktur online, surat jalan elektronik, perangkat komunikasi live chat, dan dukungan customer service yang siap sedia 24/7.

Vendor truk akan mendapatkan keuntungan dari AI pengoptimal jadwal pada aplikasi, yang merekomendasikan pemesanan kepada setiap vendor sesuai dengan lokasi, jadwal, dan ketersediaan armada mereka guna meningkatkan utilisasi truk secara substansial. Bagi vendor truk, hal ini berarti berkurangnya waktu menganggur armada, berkurangnya truk kosong di jalan, dan bertambahnya pendapatan.

"Ini merupakan kesempatan sekali seumur hidup untuk menghadirkan teknologi canggih dan AI ke Batam untuk mencapai apa yang sebelumnya dianggap mustahil - menurunkan biaya logistik bagi pelanggan sekaligus meningkatkan pendapatan bagi perusahaan truk. Situasi ini saling menguntungkan kedua belah pihak yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Selain itu, teknologi kami menghadirkan fitur-fitur berharga bagi pengirim barang seperti pemesanan truk sesuai permintaan maupun terjadwal, penugasan armada yang cepat, live map tracking dan pembaruan status, digitalisasi informasi seperti tanda tangan, foto, dan dokumen, serta dashboard terpusat untuk mengelola dan mengoptimalkan pengiriman. Kami sangat antusias dapat bekerja sama dengan Persero Batam dan Logistika untuk mewujudkan hal ini di Kota Batam."ujar Tom Kim, CEO, Deliveree Indonesia

Kemitraan Persero Batam Deliveree sejalan dengan tujuan yang ditetapkan oleh NLE, Ekosistem Logistik Nasional Indonesia yang diprakarsai oleh keputusan Presiden 5 / 2020 untuk menyelaraskan dan menghubungkan industri logistik Indonesia melalui penggunaan data dan teknologi informasi untuk mencapai penyederhanaan dan interkonektivitas, dalam rangka meningkatkan kecepatan dan efisiensi, serta mengurangi biaya dan pemborosan. NLE diketuai oleh Kementerian Keuangan dengan dukungan dari Kementerian Investasi, Kementerian Perekonomian, Kementerian Perdagangan, dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Tentang Persero Batam:

Sejak tahun 1973, Persero Batam telah bergerak sebagai pemimpin pasar di bidang bongkar muat, transportasi peti kemas kargo, pergudangan kargo udara, penyimpanan sementara, penyewaan properti termasuk gudang terbuka dan tertutup, hingga layanan stasiun pengisian bahan bakar umum.

Persero Batam didirikan berdasarkan Keputusan Presiden sebagai Perusahaan
Perseroan Pengusahaan Daerah Industri Pulau Batam, yang juga merupakan bagian dari pengembangan Pulau batam sebagai suatu Kawasan Industri Berikat berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 74/1971 tentang Pengaturan Pulau Batam sebagai Daerah Industri, dan disusul dengan Keputusan Presiden Nomor 41/1973. Selanjutnya, Persero Batam diberi penyertaan modal negara untuk menjadi sebuah perusahaan perseroan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 1973.

Sebagai pionir di kawasan industri Pulau Batam, PT Pengusahaan Kawasan Industri
Pulau Batam (Persero) atau yang lebih dikenal dengan Persero Batam memiliki banyak pengalaman dan fasilitas terbesar di kawasan Batam. Dengan bekal pengalaman, fasilitas dan dukungan sumber daya manusia yang andal dan telah teruji di bidangnya, Persero Batam berkomitmen untuk senantiasa hadir sebagai yang terbaik di kawasan Batam dalam bidang pelayanan.

Tentang Deliveree:

Deliveree merupakan sebuah perusahaan teknologi logistik yang mengoperasikan platform trucking, kargo darat, dan kargo laut dalam skala besar di Indonesia, Thailand, dan Filipina (di Filipina, Deliveree beroperasi dengan nama Transportify). Dengan dukungan dari aplikasi seluler yang populer di Android dan iOS, serta aplikasi web enterprise untuk pelanggan bisnis, Deliveree menyediakan "supermarket logistik" yang memungkinkan pelanggan dari berbagai ukuran perusahaan untuk mendapatkan solusi pengiriman trucking dan kargo yang terjangkau, fleksibel, dan terukur. Melalui platform ini, efisiensi dapat ditingkatkan secara signifikan sementara biaya dapat ditekan.

Selain itu, Deliveree juga berperan dalam menyediakan lapangan kerja, penghasilan, dukungan, dan pelatihan yang berarti bagi puluhan ribu pengemudi independen dan perusahaan truk di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Baca Juga: NLC & Deliveree Bermitra untuk Pecahkan Masalah Terbesar dalam Industri Trucking

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved