August
07
2024
     08:46

Literasi Digital Bekali Generasi Muda dalam Menjaga Keamanan Privasi Digital

Literasi Digital Bekali Generasi Muda dalam Menjaga Keamanan Privasi Digital
ILUSTRASI. Eko Prasetya selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau dalam sambutannya di acara Talk Show Festival Literasi Digital Makin Cakap Digital 2024 ?Tips dan Trick Menjaga Keamanan Privasi Secara Digital? di SMAN 1 Baubau, Kota Baubau,Sulawesi Tenggara, Senin (05/08/2024).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Literasi Digital menjadi bekal bagi generasi muda untuk senantiasa menjaga privasinya di dunia digital. Tidak dapat dipungkiri, perluasan akses teknologi digital dapat mendatangkan ancaman risiko dalam keamanan privasi digital.

“Salah satu aspek penting dari literasi digital adalah kesadaran akan pentingnya privasi digital. Kita harus memahami betapa berharganya data pribadi kita, maka kalian sebagai generasi muda harus lebih berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi di segala jenis platform digital,” ujar Eko Prasetya selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau dalam sambutannya di acara Talk Show Festival Literasi Digital Makin Cakap Digital 2024 “Tips dan Trick Menjaga Keamanan Privasi Secara Digital” di SMAN 1 Baubau, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Senin (05/08/2024).

Tidak hanya harus sekadar berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi, lanjut Eko, generasi muda juga harus pandai dalam membuat password yang kuat untuk menghindari ancaman kejahatan digital.

“Kalau kita bikin password biasanya itu kan yang hal-hal yang biasa dekat dengan kita dan kita nyaman. Tapi kenyataannya, keamanan itu berbanding terbalik dengan kenyamanan, jadi kita harus berhati-hati saat membuat password,” tambahnya.

Eko turut menjelaskan, bahwa ancaman kejahatan digital tidak hanya terjadi dari password yang dibobol. Namun juga bisa terjadi karena kecerobohan diri sendiri karena kurang bijak dalam menjaga informasi pribadi.

“Contohnya ketika kalian belanja online, coba sisihkan waktu satu menit untuk menghapus data-data penting yang tertera di bungkus paket. Karena kejahatan digital bisa datang dari mana aja dan kapan aja,” jelas Eko.

Eko menutup paparannya dengan mengatakan bahwa, generasi muda harus membangun kesadaran tinggi dalam memanfaatkan teknologi secara maksimal. Dengan demikian, generasi muda akan dapat menikmati manfaat dari teknologi digital tanpa harus khawatir akan ancaman-ancaman keamanan yang mengintai.

Guna menyelaraskan pengetahuan mengenai keamanan digital, dibutuhkan juga kemampuan untuk memahami pentingnya etika digital. Lebih lanjut, menurut Guru SMAN 1 Kota Baubau, Musbartig, pemahaman etika digital yang baik dapat menyelamatkan diri dari jenis ancaman yang ada di ruang digital.

“Etika digital adalah serangkaian prosedur yang dibuat untuk mengurangi kerugian yang ditimbulkan oleh pengguna teknologi. Jadi kita sebagai pengguna teknologi harus menjaga etika digital untuk melindungi diri dari kerugian yang bisa menimpa kita,” tutur Musbartig.

Menurutnya, perlu adanya hal-hal yang diperhatikan dalam menjaga etika digital yang baik. Contohnya dengan berhati-hati jika ingin membagikan suatu informasi khususnya yang bersifat privasi.

“Kalau jaman dulu ada istilah mulutmu harimaumu, tapi kalau sekarang adalah jarimu harimaumu. Karena jika kita tidak hati-hati dalam mengetik sesuatu di internet, kita harus terima segala konsekuensinya,” pungkasnya.

Kegiatan festival literasi digital yang dihadiri oleh 2.414 pelajar SMAN 1 dan SMPN 1 Baubau ini berhasil mengedukasi generasi muda dalam menjaga privasi dan keamanan digital terhadap ekosistem digital yang lebih aman, lebih dapat dipercaya, dan lebih tangguh yang menghormati hak privasi individu, melindungi informasi sensitif, dan meningkatkan kepercayaan terhadap teknologi dan layanan digital.

Baca Juga: Kementerian Kominfo Tekankan Pentingnya Pemahaman Literasi Digital bagi Prajurit TNI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved