May
08
2024
     20:38

Lion Parcel Resmi Kolaborasi dengan Wiranesia Foundation guna Dukung Pertumbuhan UMKM

Lion Parcel Resmi Kolaborasi dengan Wiranesia Foundation guna Dukung Pertumbuhan UMKM
ILUSTRASI. Pelatihan mengenai kemasan produk untuk mitra UMKM Wiranesia yang disampaikan oleh Marysha Djafar, Head of Business Development Lion Parcel yang dilaksanakan di Lion Parcel HQ, Kedoya, Jakarta Barat.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Lion Parcel (PT Lion Express), perusaaan jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia, telah resmi bekerja sama dengan Wiranesia Foundation, sebuah inkubator wirausaha digital, untuk memberikan edukasi kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui digitalisasi dan manajemen logistik yang baik agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Head of Business Development Lion Parcel Marysha Djafar mengatakan di tengah semakin banyaknya UMKM yang go digital, kebutuhan akan logistik pun meningkat, mulai dari manajemen penyimpanan stok barang hingga pengiriman.

Oleh karena itu sebagai perusahaan logistik, Lion Parcel ingin turut berkontribusi mendukung pertumbuhan UMKM khususnya melalui edukasi manajemen logistik yang baik.

“Untuk menjangkau pasar yang lebih luas di era digital seperti saat ini, pengetahuan akan manajemen logistik seperti pengemasan produk, penyimpanan stok barang, dan pengiriman menjadi penting bagi pelaku usaha termasuk UMKM. Melalui kerja sama strategis dengan Wiranesia, Lion Parcel bermaksud turut mendukung pertumbuhan UMKM agar naik kelas melalui efektivitas pengiriman dan distribusi kepada pelanggan. Harapannya, mereka dapat terus memperluas jangkauan penjualan untuk perkembangan bisnis yang lebih baik,” ujar Marysha.

Sementara itu, Founder Wiranesia Foundation Faransyah atau yang biasa disapa Coach Faran, menambahkan kolaborasi strategis antara Lion Parcel dengan Wiranesia merupakan langkah tepat untuk menjawab kebutuhan UMKM akan solusi logistik yang mumpuni. Ia menyadari bahwa saat ini kebutuhan logistik sudah tak terlepaskan di tengah upaya mendorong UMKM go digital.

Oleh karena itu, kerja sama dengan Lion Parcel sebagai perusahaan logistik diharapkan mampu mendukung visi dan target Wiranesia dalam membantu hingga 10.000 UMKM go digital. Apalagi, ekosistem logistik yang ditawarkan Lion Parcel saat ini sudah sangat beragam. Infrastruktur dan jaringannya pun telah menjangkau 98% area di Indonesia dan 50+ negara internasional.

“Kami sangat bersyukur dan bangga bisa bekerja sama dengan Lion Parcel. Wiranesia dan Lion Parcel memiliki semangat yang sama untuk mendukung pertumbuhan UMKM. Kami yakin dengan kolaborasi ini, kami dapat memberikan nilai tambah yang signifikan bagi UMKM yang tergabung sebagai mitra Wiranesia, khususnya dari sisi logistik agar lebih efisien dan hemat biaya,” pungkas Coach Faran, yang juga seorang tokoh UMKM yang aktif menjalankan gerakan kewirausahaan digital bermitra dengan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, Lion Parcel akan mengadakan pelatihan atau workshop bagi para UMKM di bawah naungan Wiranesia Foundation, mulai dari terkait manajemen logistik, finansial, digital marketing, pengelolaan sumber daya, ataupun topik lain yang relevan dan dibutuhkan para UMKM agar dapat memaksimalkan potensi bisnisnya.

Tidak hanya itu, Lion Parcel juga memberikan insentif berupa special discount pengiriman bagi UMKM yang mengikuti pelatihan. Dengan ekosistem logistik yang terintegrasi milik Lion Parcel, mulai dari layanan fulfilment hingga pengiriman yang luas, Lion Parcel berharap dapat mendukung para pelaku UMKM dalam meningkatkan bisnisnya.

“Dalam kerja sama ini, kami juga membuka kesempatan bagi para UMKM yang tertarik membuka bisnis keagenan Lion Parcel. Ini bisa menjadi sumber income tambahan bagi para UMKM. UMKM pasti butuh jasa pengiriman apalagi yang sudah berjualan online. Dengan membuka agen Lion Parcel, mereka berpotensi untuk mendapat penghasilan tambahan dari pengiriman, komisinya bisa sampai 35%,” jelas Marysha.

Mengawali kerja sama, Lion Parcel dan Wiranesia baru-baru ini mengadakan pelatihan perdana bagi UMKM mitra Wiranesia yang berasal dari berbagai sektor seperti fesyen, F&B, dan kriya. Pelatihan ini berfokus pada pentingnya kemasan yang aman untuk produk UMKM, serta memperkenalkan lebih lanjut proses pengiriman di Lion Parcel.

Pelatihan perdana dilaksanakan di kantor Lion Parcel yang diawali dengan pemberian materi dan dilanjutkan warehouse tour untuk memberikan gambaran secara langsung terkait alur pengiriman barang.

“Lion Parcel berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan mendukung pertumbuhan UMKM agar semakin berkembang dan maju. Upaya ini menjadi bagian dari komitmen Lion Parcel untuk turut mendukung program pemerintah agar UMKM naik kelas. Melalui kerja sama dengan Wiranesia, Lion Parcel siap menghadirkan solusi logistik yang lengkap dan terintegrasi,” tutup Marysha.

Baca Juga: Lion Parcel Perkuat Mitra Agen melalui A Day with CEO Bersama Denny Sumargo di Medan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved