August
16
2023
     15:48

Lion Parcel Dukung Pertumbuhan UMKM di SME DigitalFest 2023

Lion Parcel Dukung Pertumbuhan UMKM di SME DigitalFest 2023
ILUSTRASI. Lion Parcel (PT Lion Express) mendukung pertumbuhan UMKM dengan membagikan tips pemanfaatan dan optimalisasi digital dan solusi logistik dalam agenda SME DigitalFest 2023 yang digelar oleh Exabytes Indonesia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Lion Parcel (PT Lion Express), perusahaan jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia, mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan membagikan tips pemanfaatan dan optimalisasi digital dan solusi logistik dalam agenda SME DigitalFest 2023 yang digelar oleh Exabytes Indonesia.  

Chief Marketing Officer Lion Parcel Kenny Kwanto hadir sebagai salah satu pembicara dalam agenda konferensi SME DigitalFest 2023 yang dihadiri ratusan pengunjung. Dalam sesinya, Kenny menjelaskan UMKM memiliki potensi pertumbuhan yang besar seiring dengan penetrasi digital yang semakin meluas. Oleh karena itu, penting bagi UMKM untuk melakukan adaptasi agar dapat masuk ke dalam ekosistem digital.

“Selain peluang yang besar, digitalisasi juga berpotensi menjadi tantangan bagi pelaku usaha termasuk UMKM karena persaingan bisnis yang semakin terbuka. Oleh karena itu, UMKM harus memastikan produk yang dikembangkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat agar mendapat respon positif dari target pasar,” ujar Kenny dalam konferensi SME DigitalFest 2023 di SMESCO, Sabtu (11/8).

Sementara itu, Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan mengatakan digitalisasi terhadap para pelaku usaha diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan memperluas peluang bagi pelaku usaha untuk mengembangkan pasar sehingga dapat meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM.

“Digitalisasi UMKM dapat diterapkan dengan penggunaan media sosial untuk mempromosikan bisnis, menggunakan website atau aplikasi untuk membuka toko online, serta memanfaatkan mesin digital marketing seperti SEO (Search Engine Optimization) dan email marketing.” ujarnya.        

Kenny menambahkan, era digital UMKM memberikan kemudahan akses terhadap sejumlah platform yang dapat dimanfaatkan untuk riset guna pengembangan produk dan strategi pemasaran yang tepat. Era digital memungkinkan adanya keterbukaan informasi sehingga UMKM bisa mempelajari karakteristik pasar bahkan melakukan komunikasi dua arah dengan konsumen untuk mendapatkan feedback terkait produk.

“Memang seringkali UMKM mengalami tantangan baik dari sisi sumber daya manusia maupun budget, sehingga UMKM dapat memulai transformasi digital dengan hal mudah terlebih dahulu seperti menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk. Dalam prosesnya, UMKM dapat terus beradaptasi untuk optimalisasi platform digital lain guna pengembangan bisnis,” papar Kenny.

Tidak hanya berbagi tips optimalisasi digital, Kenny juga membagikan informasi solusi logistik bagi UMKM untuk pengembangan bisnis dan memperluas pasar. Transaksi online yang terus meningkat seiring dengan tumbuhnya digitalisasi membuat kebutuhan akan jasa ekspedisi pun turut meningkat, sehingga menjadi penting bagi UMKM memilih partner jasa ekspedisi yang tepat.

“Saat ini jasa ekspedisi bukan hanya sebagai supporting partner saja bagi UMKM, tetapi sudah menjadi bagian dan representasi dari produk itu sendiri. UMKM harus pintar memilih partner logistik yang tepat untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang positif,” jelas Kenny.

Sebagai perusahaan logistik yang memiliki fokus terhadap UMKM, Lion Parcel turut berkomitmen mendukung pertumbuhan bisnis UMKM dengan menyediakan jasa ekspedisi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Perusahaan logistik sebagai enabler transaksi online secara tidak langsung mendukung UMKM untuk go digital. Hal ini sesuai dengan cita-cita pemerintah yang menargetkan 30 juta UMKM go digital di tahun 2024.

“Dalam memilih partner logistik, UMKM harus memperhatikan beberapa hal diantaranya layanan yang lengkap sesuai dengan kebutuhan, jangkauan yang luas, teknologi yang mumpuni, dan juga program-program menarik serta menguntungkan bagi UMKM. Poin-poin ini dapat mengakomodir semua kebutuhan pengiriman UMKM,” tambahnya.

Lion Parcel berkomitmen menjawab kebutuhan UMKM dengan menyediakan layanan yang beragam sesuai dengan kebutuhan UMKM, mulai dari pengiriman dengan harga murah hingga pengiriman dalam jumlah besar tentunya dengan ongkos kirim yang terjangkau. Selain itu, jangkauan pengiriman juga mendukung UMKM menjangkau pasar yang lebih luas. Hingga saat ini, pengiriman Lion Parcel sudah menjangkau 98% area di Indonesia dan 51 negara internasional di 5 benua.

Dari sisi metode kemudahan, Lion Parcel juga telah menyediakan sistem pembayaran COD serta beragam diskon dan insentif menarik bagi pelaku UMKM. Salah satunya program Berani Kasih Emas (BRANKAS), sebuah loyalty program Lion Parcel yang memberikan hadiah emas bagi 1.000 pelanggan dengan transaksi terbanyak yang tahun ini mencetak pemenang dengan mayoritas adalah UMKM.

Transaksi yang tinggi dari para UMKM di program BRANKAS ini membuktikan kebutuhan UMKM akan logistik sangat tinggi serta Lion Parcel telah dipercaya oleh UMKM sebagai partner logistik mereka.  

“Semua inovasi yang kami hadirkan merupakan salah satu bentuk komitmen Lion Parcel untuk menjadi partner terbaik bagi UMKM dari sisi penyedia jasa pengiriman. Lion Parcel percaya UMKM di Indonesia memiliki potensi yang besar untuk bertumbuh dan Lion Parcel turut ambil bagian sebagai penyedia solusi logistik yang tepat bagi UMKM,” tutup Kenny. 

Baca Juga: Sambut Ramadan, Lion Parcel Kenalkan CEO Baru & Hadirkan Program Kejutan Pelanggan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

BCA Life Pelindung Penyakit Kritis

23 FEBRUARI 2024 / 15:02 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved