May
20
2022
     13:21

Lamipak Investasikan US$ 200 Juta untuk Bangun Pabrik Kemasan Aseptik I di Indonesia

Lamipak Investasikan US$ 200 Juta untuk Bangun Pabrik Kemasan Aseptik I di Indonesia
ILUSTRASI. Peletakan batu pertama pembangunan pabrik kemasan aseptik Lamipak Indonesia di Cikande, Kabupaten Serang, Banten, Jumat, 20 Mei 2022.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Lami Packaging (Lamipak), sebagai salah satu pemimpin industri penyedia produk dan solusi kemasan aseptik berkualitas tinggi, resmi memulai pembangunan pabrik keduanya di Indonesia. Pabrik ini tidak hanya akan menjadi ekspansi pertama Lamipak di luar negeri, tetapi juga akan menjadi pabrik kemasan aseptik pertama di Indonesia.

Berlokasi strategis di Cikande, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, sekitar 65 kilometer ke arah barat dari DKI Jakarta dengan waktu tempuh hanya sekitar 5 menit dari atau ke Gerbang Tol Cikande. Hal ini akan memperlancar pengangkutan kargo ke pelabuhan. Pabrik kemasan aseptik ini akan dibangun di atas lahan seluas 16,5 hektare dan memiliki luas bangunan lebih dari 55 ribu meter persegi.

Pabrik ini akan dilengkapi dengan mesin berkelas dunia yang sejalan dengan Industri 4.0 sehingga menjadikannya yang paling canggih dibandingkan dengan pabrik lainnya yang pernah dibangun Lamipak. Pabrik dirancang dengan total kapasitas 18 miliar kemasan per tahun yang pembangunannya akan dilaksanakan dalam dua tahap.

Tahap pertama akan memiliki kapasitas produksi sebanyak 9 miliar kemasan per tahun yang akan beroperasi secara komersial pada kuartal ke-4 tahun 2023. Setelah penyelesaian fase kedua atau akhir, akan membuat kapasitas produksi pabrik di Cikande ini menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Sebagai upaya Lamipak dalam mendukung kelestarian lingkungan yang berkelanjutan, pabrik kemasan aseptik ini akan dilengkapi dengan atap panel surya (Solar PV Rooftop) yang memenuhi standar sertifikasi Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) Gold. Pengunaan peralatan pabrik yang hemat energi diharapkan untuk memenuhi kualifikasi LEED Platinum, sebuah sertifikasi tertinggi desain energi dan lingkungan yang dapat diberikan oleh asosiasi tersebut.

Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang, menyampaikan apresiasi kepada Lamipak Indonesia yang telah berinvestasi US$ 200 juta untuk membangun pabrik kemasan aseptik di Kabupaten Serang, Banten dengan dimulainya peletakan batu pertama (ground breaking).

“Kami [Pemerintah Kabupaten Serang] siap mendukung proyek pabrik kemasan aseptik Lamipak. Pemda Serang akan mendukung pembangunan pabrik Lamipak karena akan memberikan banyak keuntungan bagi Indonesia, khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Serang, seperti penyerapan tenaga kerja serta mampu menumbuhkan bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah [UMKM].”

Anil Kaul, Vice Chairman Lamipak, mengatakan: “Untuk melayani basis pelanggan kemasan aseptik kami yang berkembang sangat pesat, Lamipak akan memperluas kapasitas pabrik di Indonesia hingga 18 miliar kemasan dalam 2 tahap dengan total investasi sebesar US$ 200 juta pada tahun 2024. Misi utama dari ekspansi kami [Lamipak] juga untuk menjadi pemimpin global dalam industri pengemasan makanan dan minuman, dengan menjadi penyedia solusi satu atap yang menawarkan produk dengan jejak karbon terendah."

Kostiantyn Sinikov, Managing Director Lamipak Indonesia, berkomentar: “Tim kami bangga dan bersemangat untuk terlibat dalam proyek ini. Setelah pabrik siap beroperasi secara komersial, pabrik ini akan menjadi tolak ukur (benchmark) untuk fasilitas pabrik kemasan kelas dunia yang seharusnya dan akan memberikan layanan berkelas dunia baik untuk pelanggan lokal maupun mancanegara [ekspor]. Selain itu, kehadiran pabrik ini akan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar dan kegiatan usaha mereka serta menciptakan lapangan kerja baru.”

Tentang Lamipak

Didirikan pada tahun 2007, Lamipak merupakan salah satu pemimpin industri penyedia produk dan solusi kemasan aseptik berkualitas tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan membangun kemitraan yang kuat, kami fokus dalam penyediaan produk kemasan yang berkelanjutan dan aman, dengan memberikan solusi dan layananan yang komprehensif. Sejak berdiri, Lamipak telah berevolusi dan berkembang untuk melayani pelanggan di lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved