Kredivo Perluas Akses Edukasi Cegah Stunting di Daerah 3T
Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kredivo, platform kredit digital untuk konsumen retail di Indonesia, berkolaborasi dengan 1000 Days Fund, lembaga non-profit yang fokus memberikan pendidikan pencegahan stunting.
Komitmen ini dilakukan melalui pendistribusian Poster Pintar ke setiap rumah tangga sebagai bentuk peningkatan kualitas kesehatan ibu sekaligus mencegah stunting pada anak di Daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T) di Indonesia.
Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu lama, terjadi sejak janin dalam kandungan sampai awal kehidupan anak (1000 Hari Pertama Kelahiran) sehingga anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Pemerintah Indonesia melalui Presiden Jokowi menekankan bahwa target angka prevalensi stunting di tahun 2024 ialah berada di bawah 14%.
Sedangkan, menurut data pada Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, angka stunting di Indonesia masih berada pada 24,4%. Oleh karena itu, untuk mendukung strategi nasional pemerintah Indonesia dalam mengurangi stunting, diperlukan lebih banyak upaya dan dukungan dari berbagai pihak.
Baca Juga: Biznet Perluas Jaringan di Pulau Kalimantan
Di tahun 2022, Kredivo dan 1000 Days Fund berkomitmen untuk mendistribusikan 200.000 Poster Pintar, sebuah inovasi berupa materi edukasi terkait pentingnya 1000 HPK dan cara-cara pencegahan stunting. Hingga saat ini, Poster Pintar tersebut telah disalurkan melalui program kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Kementerian Kesehatan RI, dan Pemerintah Kabupaten setempat.
“Selain berkomitmen untuk membuka akses keuangan seluas-luasnya, Kredivo juga percaya bahwa setiap orang berhak mendapatkan akses dan kesempatan yang sama untuk merealisasikan hidup yang sehat dan bahagia, dimanapun mereka berada. Kami senang dapat bekerjasama dengan 1000 Days Fund untuk mewujudkan salah satu inisiatif CSR perusahaan yang berfokus pada bidang kesehatan,” ujar Indina Andamari, VP Marketing & Communications Kredivo dalam siaran pers, Selasa (21/6).
Melalui dukungan ini, Kredivo mampu mendukung ekosistem kesehatan di daerah 3T dengan melatih lebih dari 5.200 Kader Posyandu, serta menutup kesenjangan informasi kesehatan kepada lebih dari 100.000 pengasuh dan anak di pelosok Indonesia.
"Kami bersemangat bersama Kredivo dapat secara aktif membagikan solusi yang inovatif, hemat biaya, dan terukur untuk stunting. Bersama-sama, kami memberikan peningkatan signifikan pada literasi kesehatan masyarakat sehingga dapat mengarahkan pengasuh pada pengambilan keputusan yang lebih baik dan sehat,” ungkap Jessica Arawinda (Sisi), Ketua Yayasan 1000 Days Fund.
Baca Juga: Hypefast Pasang Target Tambah 5 Mitra Anyar di Tahun ini
Kolaborasi ini merupakan kelanjutan dari kerja sama Kredivo dan 1000 Days Fund tahun lalu, di mana keduanya telah membagikan 43.000 Poster Pintar di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Maluku, dan Papua selama tahun 2021.
Saat ini, tim 1000 Days Fund juga menggalang donasi bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi melalui Kitabisa (kitabisa.com/indonesialawanstunting) dengan target dapat mengedukasi ibu hamil dan keluarga dengan bayi di bawah dua tahun melalui distribusi 2 juta Poster Pintar pada tahun 2024.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News