March
27
2023
     20:15

Kolaborasi BCA Digital & Amartha Salurkan Pinjaman Berdayakan 200 Ribu UMKM Perempuan

Kolaborasi BCA Digital & Amartha Salurkan Pinjaman Berdayakan 200 Ribu UMKM Perempuan
ILUSTRASI. PT Bank Digital BCA atau BCA Digital menggandeng PT Amartha Mikro Fintech (Amartha) untuk menyalurkan modal kerja kepada lebih dari 200 ribu pelaku UMKM perempuan pada sektor usaha produktif. Diakses melalui aplikasi Amartha mulai 27 Maret 2023.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bank Digital BCA atau BCA Digital menggandeng PT Amartha Mikro Fintech (Amartha) untuk menyalurkan modal kerja kepada lebih dari 200 ribu pelaku UMKM perempuan pada sektor usaha produktif. Kolaborasi ini efektif mulai 27 Maret 2023 yang dapat diakses melalui aplikasi Amartha.

Direktur Utama BCA Digital, Lanny Budiati menyampaikan, kolaborasi ini merupakan langkah BCA Digital untuk memberikan akses pendanaan merata kepada pelaku UMKM yang tersebar di pelosok daerah Indonesia.

“Potensi perkembangan UMKM di Indonesia sangat besar. Tetapi banyak yang mengalami keterbatasan mendapatkan modal untuk melebarkan usaha mereka. BCA Digital ingin membantu para pelaku UMKM, khususnya perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga, untuk lebih mudah mendapatkan akses pendanaan melalui kolaborasi pembiayaan dari BCA Digital dan Amartha” ujar Lanny.

Lanny menambahkan, alasan BCA Digital memilih Amartha karena memiliki kesamaan misi untuk memberikan layanan finansial yang tepat kepada masyarakat. Khususnya masyarakat pelaku UMKM dan Ultra Mikro dengan memanfaatkan teknologi serta meninggalkan dampak positif di setiap kebijakan agar tercipta ekosistem yang lebih sustain.

Mengutip dari data Kementerian Keuangan, saat ini pemerintah tengah mengajak UMKM untuk melakukan digitalisasi, hingga per Juni 2022 tercatat 19,5 juta UMKM telah terkoneksi ke dalam ekosistem digital.

Julie Fauzie, Chief Funding Officer Amartha mempercayai bahwa kolaborasi dengan BCA Digital menjadi salah satu pondasi dalam membangkitkan perekonomian pasca pandemi.

“Sebagai prosperity platform, Amartha membuka peluang kolaborasi dengan beragam institusi dan komunitas yang memiliki kesamaan tujuan untuk menciptakan ekosistem layanan keuangan yang adil dan sejahtera. Membuka tahun 2023, Amartha menjalin kolaborasi dengan BCA Digital sebagai partner institusi terbaru.”

“Semoga sinergi ini dapat menjadi motor penggerak bagi para institusi dan komunitas lain untuk bersama- sama berkontribusi mendorong pelaku usaha ultra mikro. Agar dapat tercapai kesejahteraan merata yang berkelanjutan bagi segmen akar rumput,” lanjut Julie.

Secara kumulatif, Amartha telah menyalurkan lebih dari 11 triliun rupiah modal usaha kepada lebih dari 1,6 juta pengusaha ultra mikro yang tersebar di lebih dari 35.000 desa di Indonesia. Amartha juga terbukti dapat menjaga kualitas pinjaman dengan angka NPL yang stabil di angka 0,5 persen.

Tentang blu by BCA Digital
PT Bank Digital BCA atau BCA Digital sebelumnya bernama Bank Royal, hadir sejak 2020 setelah diakuisisi oleh PT Bank Central Asia. BCA Digital merupakan the next-generation bank tanpa cabang yang fokus melayani segmen digital savvy melalui aplikasi mobile perbankan digital blu. blu by BCA Digital diluncurkan pada Juli 2021 untuk memberikan kemudahan kepada para nasabah agar bisa melakukan transaksi finansial maupun non finansial melalui ponsel. Hingga awal Januari 2023, blu sudah menghimpun dana nasabah sebear Rp 6,85 triliun.

Beberapa fitur di dalamnya seperti bluSaving, bluDeposit, dan bluGether dirancang untuk membantu pengguna memiliki kontrol lebih serta kebebasan mengatur finansial mereka. Aplikasi blu bisa diakses melalui Google Play Store dan Apple App Store. blu by BCA Digital tak hanya hadir sebagai direct digital banking, tetapi juga sebagai bank as a service (BaaS). Berbagai enhancement dilakukan di aplikasi blu untuk semakin memudahkan proses pembukaan rekening, user-friendly UI/UX, dan pelayanan haloblu.

Tentang Amartha
PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) didirikan pada tahun 2010 sebagai perusahaan microfinance. Pada tahun 2016 Amartha bertransformasi menjadi perusahaan teknologi finansial dan memiliki izin di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Amartha telah menyalurkan modal kerja sebesar lebih dari 11 triliun rupiah kepada lebih dari 1,6 juta perempuan pengusaha mikro di 35.000 desa di Indonesia. Amartha membawa konsep baru tentang pinjam-meminjam uang. Bagi pelaku UMKM di pedesaan yang belum terlayani oleh layanan keuangan, Amartha memberikan akses permodalan. Bagi pendana, platform Amartha mewakili UMKM sebagai alternatif instrumen investasi yang menguntungkan dan berdampak.

Bagi desa, Amartha hadir memperkuat ekonomi informal, mengurangi ketimpangan pendapatan, dan mengentaskan kemiskinan. Misi Amartha adalah mewujudkan Indonesia tumbuh sejahtera merata. Amartha hadir dalam membangun Negeri melalui teknologi dan keuangan yang inklusif dengan menjangkau jutaan pelaku UMKM tangguh di seluruh pelosok Negeri.

Baca Juga: BCA Digital Gandeng Amartha Salurkan Pinjaman ke 200 Ribu UMKM Perempuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved