March
21
2022
     19:33

Kinerja Tahun 2021 Melesat, AVIA Komitmen Terapkan Bisnis Keberlanjutan

Kinerja Tahun 2021 Melesat, AVIA Komitmen Terapkan Bisnis Keberlanjutan
ILUSTRASI. Mesin incineator milik PT Avia Avian Tbk (AVIA) berbahan bakar gas yang lebih ramah lingkungan, masyarakat sekitar pabrik tidak terganggu uap maupun bau dari pabrik.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Avia Avian Tbk. (“AVIA”), emiten produsen cat dekoratif terkemuka di Indonesia, membukukan pertumbuhan kinerja yang positif hingga akhir tahun 2021. Per Desember 2021, AVIA berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp1,4 triliun atau meningkat sebesar 26% dibandingkan periode yang sama di tahun 2020 sebesar Rp1,1 triliun.

Pencapaian ini didukung oleh upaya pengendalian biaya serta upaya efisiensi yang berkelanjutan didukung oleh keunggulan operasional Perseroan yang memproduksi bahan baku secara internal, serta secara konsisten terus berkomitmen menerapkan praktik bisnis keberlanjutan Environmental, Social and Governance (ESG) dalam kegiatan operasional Perseroan.

Wijono Tanoko selaku Presiden Direktur AVIA mengatakan, “Kami bersyukur karena mampu mengatasi masa-masa sulit di tahun 2021, dibuktikan dengan keberhasilan Perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp6,8 triliun atau tumbuh 18% dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan ini tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh Perseroan, salah satunya inovasi produk baru untuk memenuhi berbagai variasi kebutuhan tren pasar yang dinamis. Selain itu, kami juga terus berupaya untuk menerapkan praktik bisnis berkelanjutan dengan menggunakan bahan baku serta bahan bakar gas dan tenaga matahari yang lebih ramah lingkungan.”

AVIA percaya, penerapan bisnis dengan prinsip keberlanjutan dapat semakin mendorong kinerja bisnis semakin baik di masa depan. Hal ini seiring dengan semakin banyak investor global yang lebih memperhatikan aspek ESG sebagai salah satu faktor dalam pemilihan portofolio investasi mereka.

Oleh karena itu, AVIA telah memperhatikan dampak yang ditimbulkan akibat proses produksi baik bagi masyarakat maupun bagi lingkungan hidup disekitarnya. Untuk itu, AVIA dalam kegiatan operasionalnya telah menggunakan mesin incinerator berbahan bakar gas yang lebih ramah lingkungan. Mesin ini dapat mengurangi polusi udara dari hasil solvent pengencer tinta cetak printing.

Adapun panas yang dihasilkan mesin ini, dapat menjadi pengering hasil cetak printing dan mampu membakar uap solvent yang dikeluarkan menjadi lebih bersih sehingga masyarakat sekitar tidak terganggu baik oleh uap yang dikeluarkan maupun oleh bau yang menyengat dari pabrik.

Lebih lanjut Wijono menjelaskan, penggunaan mesin incinerator juga membantu dalam mengurangi efek gas rumah kaca karena dapat mengurangi emisi dengan penggunaan gas sebagai bahan bakar, sehingga carbon footprint yang dihasilkan juga ikut berkurang.

Disamping itu, di masa pandemi Covid-19, AVIA tetap mampu mempertahankan pangsa pasarnya sebagai produsen cat dekoratif terkemuka di Indonesia. Hal ini terlihat dari berbagai inovasi yang dilakukan oleh para peneliti R&D (Research & Development) yang dikhususkan untuk terus mencari terobosan-terobosan inovasi dalam membuat produk bernilai tambah, termasuk penggunaan produk cat yang terbarukan dan ramah lingkungan. AVIA yakin inovasi tersebut mampu membuka jalan baru bagi pertumbuhan kinerja Perseroan, terutama dengan adanya jaringan yang luas dari Sabang sampai Merauke, yang memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang dinamis.

“Melihat pertumbuhan PDB dan ekonomi Indonesia yang semakin pulih, kami berharap pasar cat dekoratif di Indonesia akan semakin berkembang. Namun kami juga tetap berhati-hati dalam mengantisipasi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini. Ke depan kami optimis dapat terus meningkatkan kinerja operasional yang positif, didukung oleh manajemen yang berpengalaman lebih dari 30 tahun serta oleh kinerja keuangan kami yang solid,” tutup Wijono.

Sekilas Tentang PT Avia AvianTbk

PT Avia Avian Tbk didirikan pada 1 Maret 1983 sebagai perusahaan manufaktur cat terintegrasi yang menggabungkan manufaktur bahan baku dan kemasan cat. Dikenal dengan nama Avian Brands, Perseroan telah memproduksi dan menjual serangkaian produk solusi arsitektur yang digunakan dalam pembangunan rumah atau konstruksi. Beberapa produk yang dihasilkan oleh AVIA yaitu mulai dari cat dinding, cat kayu dan besi, cat anti air, perawatan kayu, serta solusi arsitektur lainnya yang meliputi cat atap, semen instan, pelapis otomotif dan lainnya. Selain itu, Avian Brands juga menawarkan barang dagangan seperti pipa, mebel, dan produk pendukung yang diperlukan dalam proses pengecatan, termasuk rol cat, kuas cat, pita segel, dan ampelas.

Tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 8 Desember 2021 dengan kode saham (IDX: AVIA), Perseroan merupakan pemimpin pasar dalam industri cat dan pelapis dekoratif di Indonesia, dengan total pangsa pasar sekitar 20% berdasarkan pendapatan penjualan Avian Brands pada tahun 2020 yang dihasilkan dari produk cat dan pelapis dekoratif, menurut Frost & Sullivan.

Perseroan telah memiliki kapasitas dan kemampuan manufaktur yang kuat melalui fasilitas manufaktur Perseroan di Sidoarjo dan Serang, Indonesia dan jaringan distribusi yang luas di Indonesia melalui pusat distribusi yang dimiliki sepenuhnya, pihak ketiga yang independen, pusat distribusi eksklusif dan noneksklusif dan penjualan langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2023 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved