November
07
2022
     22:10

Kemenkes Akan Permudah Akses Layanan Kesehatan Primer lewat Whatsapp

Kemenkes Akan Permudah Akses Layanan Kesehatan Primer lewat Whatsapp
ILUSTRASI. Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam pertemuannya dengan Whatsapp di gedung Kemenkes, Jakarta, Jumat (4/11).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Kemenkes RI dan WhatsApp mengumumkan kerja sama strategis dukungan terhadap transformasi digital bagi pelayanan kesehatan publik menggunakan WhatsApp.

Dalam kerja samanya dengan WhatsApp, Kemenkes akan mengembangkan berbagai fitur produk yang dibuat untuk membantu menjaga kesehatan masyarakat, seperti pendataan anak-anak untuk mencegah stunting melalui Posyandu, notifikasi pengingat imunisasi anak untuk keluarga dan tenaga kesehatan, notifikasi pengingat jadwal bertemu dokter, Kampanye kesehatan publik, dan sebagai pusat dukungan informasi bagi tenaga kesehatan.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat perlu strategi yang harus dilakukan, terutama dalam mengedukasi masyarakat.

“Perhatian kami adalah memastikan preventif dan mengubah kebiasaan orang menjadi berperilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Menkes Budi dalam pertemuannya dengan Whatsapp di gedung Kemenkes, Jakarta, Jumat (4/11).

“Bikin grup WA masyarakat untuk  memudahkan edukasi. Bisa dimulai dengan grup kanker payudara atau pita pink. Ini akan menyelamatkan masyarakat Indonesia dan menjadi tribute bagi Whatsapp,” tambah Menkes.

Kerjasama ini akan memprioritaskan privasi para pengguna layanan WhatsApp sehingga masyarakat akan tetap dapat melindungi data pribadi mereka, dan mendapatkan akses yang mudah untuk layanan kesehatan publik di saat yang sama.

VP for Global Affairs WhatsApp Victoria Grand dan Direktur Kebijakan Publik Global WhatsApp Jonathan Lee  mengunjungi Kementerian Kesehatan untuk menyampaikan komitmen WhatsApp berkontribusi terhadap transformasi digital Indonesia dan mendengarkan dari berbagai perspektif bagaimana WhatsApp dapat berkontribusi terhadap digitalisasi Indonesia.

WhatsApp melihat potensi transformasi digital Indonesia yang sangat baik dan ingin berkontribusi sesuai kapasitasnya, melalui pemberdayaan dan kerja sama dengan pemerintah, komunitas dan usaha-usaha lokal.

WhatsApp ingin berkontribusi dalam membuka akses pelayanan publik ke masyarakat luas; mendukung bisnis lokal berkembang bersama ekonomi digital Indonesia; dan mendukung serta bertumbuhkembang bersama komunitas lokal.

“Kami sangat senang melihat bagaimana Kemenkes RI senantiasa mengupayakan kemudahan, keandalan, dan privasi WhatsApp untuk mendukung kesehatan masyarakat. Kami sangat termotivasi dengan pencapaian kerja sama Kemenkes RI dan WhatsApp selama ini yang telah membantu berbagai upaya penanganan Covid-19 dari pemerintah, mulai dari program vaksin nasional hingga telemedisin isoman,” ucap Victoria Grand.

“Kami berharap kerjasama yang diperluas ini akan membawa lebih banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia melalui penggunaan platform kami,” tambahnya.

Baca Juga: Kemenkes Berupaya Menekan Kasus Baru Gagal Ginjal yang Disebabkan Konsumsi Obat Sirop

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved