June
24
2022
     12:56

Kemendag Gelar In Store Promotion Festival Gim Indonesia 2022 Perdana

Kemendag Gelar In Store Promotion Festival Gim Indonesia 2022 Perdana
ILUSTRASI. Dirjen PDN, Oke Nurwan membuka In Store Promotion Festival Gim Indonesia 2022 di Cihampelas Walk, Bandung, (23 Juni) mengatakan tahun 2020, nilai industri gim di Indonesia memiliki pasar Rp24,4 triliun, tapi 97% pangsa pasar gim didominasi gim impor.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Kementerian Perdagangan bersama Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) untuk pertama kalinya menggelar In Store Promotion Festival Gim Indonesia 2022 pada 23—26 Juni 2022 di Pusat Perbelanjaan Cihampelas Walk, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akses pasar dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengembangan industri gim.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan pada Kamis, (23/6). Turut hadir dalam pembukaan Ketua APPBI Jawa Barat M Satriawan Natsir, dan Ketua AGI Cipto Adiguno.

“Festival gim perdana yang dikembangkan oleh pengembang lokal ini menjadi kebanggaan karena dapat mendorong kemajuan produk lokal untuk sektor jasa,” ujar Oke dalam sambutannya.

Oke mengungkapkan, sektor jasa, khususnya gim di Indonesia didominasi produk impor dengan nilai pemanfaatan masyarakat Indonesia sebesar USD 2 miliar pada 2021. Dari nilai tersebut, pemanfaatan gim dari pengembang lokal hanya sebesar USD 2 juta. Namun demikian, dalam lima tahun terakhir tren pemanfaatan gim lokal terus mengalami peningkatan secara signifikan.

“Hal ini menjadi tantangan bagi pengembang lokal untuk terus melakukan inovasi dan masyarakat Indonesia harus meningkatkan penggunaan gim lokal dengan bangga,” ungkap Oke.

Oke menambahkan, pertumbuhan ekonomi mempunyai empat pilar, yaitu konsumsi domestik, investasi, pengeluaran pemerintah, serta ekspor dan impor.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia didominasi konsumsi domestik sebesar hampir 60 persen. “Pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dijaga melalui konsumsi domestik, salah satunya dengan produk jasa seperti gim. Produk dalam negeri yang berkontri besar dalam pasar domestik, secara tidak langsung akan membangun kedaulatan bangsa. Diharapkan melalui kegiatan ini, produk Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Mari kita bangga buatan Indonesia,” pungkas Oke.

In Store Promotion Festival Gim Indonesia 2022 menempati area seluas 400 m2 dan mempromosikan 15 gim terkurasi pada platform ponsel dan komputer dari pengembang dan penerbit lokal.

Peserta festival yaitu Joyseed Gametribe dengan gim Rocky Rampage, Agate (Memories – Otome Stories), Bang Ideas (Battle of Satria Dewa), Grinsmile Studios (Don't Step On Me), Anantarupa Studios (Lokapala), Gambir Game Studio (Selera Nusantara: Chef Restaurant Cooking), Educa Studio (Marbel: Kebiasaan Baru), Algorocks (Grammarian), Mojiken Studio (Ultra Space Battle Brawl), Tahoe Games (Rising Hell), XELO Games (Escape From Naraka), Digital Happiness (DreadHaunt), Toge Productions (Coffee Talk), Twin Hearts (Kitaria Fables), dan Rolling Glory Jam (Rage in Peace).

Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Ida Rustini berharap kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing gim lokal. “Selain mempromosikan dan memperkuat branding gim lokal, diharapkan kegiatan ini menjadi media dalam memfasilitasi gim lokal agar lebih dikenal dan digunakan masyarakat luas sehingga mampu bersaing dengan gim asing dan menjadi tuan rumah di negara sendiri,” tambah Ida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved