August
29
2024
     20:49

KALOG Express Percepat Waktu Tempuh Pengiriman, Perkuat Logistik Nasional

KALOG Express Percepat Waktu Tempuh Pengiriman, Perkuat Logistik Nasional
ILUSTRASI. Sinergi kolaborasi KAI Logistik dengan Induk Perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan melakukan percepatan waktu tempuh pengiriman khususnya ke wilayah timur Jawa melalui pengelolaan KA Bagasi pada KA Blambangan.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  KAI Logistik, anak usaha KAI, terus berkomitmen untuk dapat mendukung  program pemerintah dalam pengembangan dan percepatan sektor logistik di tanah air. Salah satu dukungan yang diberikan adalah melalui sinergi kolaborasi dengan Induk Perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan melakukan percepatan waktu tempuh pengiriman khususnya ke wilayah timur Jawa melalui pengelolaan KA Bagasi pada KA Blambangan.

Hadirnya inovasi penambahan angkutan barang menggunakan moda KA Blambangan dapat mempercepat proses pengiriman barang retail dari Jakarta ke Banyuwangi. Bila sebelumnya waktu pengiriman dari Stasiun Pasar Senen hingga ke Stasiun Ketapang maupun sebaliknya membutuhkan waktu 2-3 hari, kini dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam.

Fredi Firmansyah, Direktur Utama KAI Logistik menyampaikan “Penambahan pola operasi melalui pemanfaatan KA Blambangan merupakan langkah strategis KAI Logistik melalui KALOG Express dalam upaya memperluas bisnis retail dan tentunya meningkatan kualitas layanan kepada pelanggan.

Melalui langkah strategis ini, KALOG Express dapat memenuhi kebutuhan pengiriman barang retail milik pelanggan dari Jakarta hingga ke area timur Jawa maupun sebaliknya dengan waktu lebih cepat dan efisien.”

Pengiriman barang melalui KA Blambangan ini dapat mengakomodir kebutuhan pengiriman pelanggan setiap harinya dari dan ke daerah lintas utara, di antaranya  Jakarta, Bekasi, Karawang, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Klakah, Tanggul, Rambipuji, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi, dan hingga ke Ketapang.

Tidak hanya berdampak positif bagi pengiriman hingga ke Ketapang dalam waktu 24 jam, melalui pola operasi ini juga mempercepat arus distribusi ke Pulau Bali dengan waktu pengiriman 1-2 hari yang sebelumnya membutuhkan 2-3 hari.

“Inisiatif ini selaras dengan upaya kami dalam mendukung program logistik nasional, khususnya untuk mendorong dan mengakomodir percepatan proses distribusi logistik pengiriman barang dari dan ke wilayah timur guna memperkuat jaringan logistik nasional”, lanjut pria yang akrab disapa Fredi.

Seperti layanan KALOG Express yang tersedia, percepatan pengiriman barang melalui KA Blambangan ini juga mencakup ragam komoditi dan jenis paket termasuk diantaranya paket, hewan peliharaan, sepeda, sepeda motor, dan tentunya produk lokal daerah.

Salah satu contohnya adalah produk lokal unggulan dari daerah Banyuwangi yang merupakan daerah pemasok buah naga terbesar di Indonesia  dan termasuk ke dalam produk yang memiliki peran strategis dalam industri pertanian nasional serta memiliki potensi market yang luar biasa. Dengan percepatan waktu tempuh pengiriman ini, akan memastikan dan menjamin kualitas dan kesegaran produk saat tiba di tujuan.

“Perusahaan menyadari bahwa kecepatan dan ketepatan waktu memiliki peranan penting dalam pengiriman produk hasil UMKM seperti buah naga tersebut. Melalui peningkatan layanan ini diharapkan dapat menjadi solusi  bagi pelaku UMKM yang membutuhkan kepastian waktu dalam proses pengiriman produknya. Ke depan, perusahaan berkomitmen untuk dapat terus meningkatkan kualitas layanan sebagai langkah upaya mendukung pertumbuhan usaha UMKM,” tutup Fredi.

Langkah strategis ini tentunya dilakukan, sejalan dengan tagline ‘KAI Logistik ispossible’ yaitu dengan KAI Logistik semuanya menjadi mungkin, dimana dalam hal ini adalah memastikan pemberian layanan optimal melalui pemberian kepastian waktu pengiriman kepada pelanggan dan UMKM di Indonesia dalam distribusi barang dengan lebih cepat dan efisien.

Tentang PT Kereta Api Logistik

PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) dibentuk dengan tujuan melayani distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang paripurna bagi Pelanggan kereta api yang didukung dengan layanan pra dan purna. KAI Logistik fokus pada orientasi bisnis sebagai jasa layanan distribusi logistik terpadu (total logistics solution) melalui “End-to-End Services”. Mengusung tagline KAI Logistik Ispossible yaitu semuanya menjadi mungkin, KAI Logistik menyediakan ragam layanan logistik melalui 3 segmentasi yaitu KALOG Express, KALOG Plus dan KALOG Pro.

KAI Logistik memberikan nilai tambah pada layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penguatan peran penting KAI Logistik ini diwujudkan pada tahapan Pre-Service dan Post Service dari layanan oleh KAI serta layanan terpadu (integrated-service) berbasis teknologi informasi sepanjang rantai jasa layanan  distribusi logistik.

Baca Juga: KAI Logistik Resmikan Kemitraan Multipihak Dukung Green Logistic Nasional

Selanjutnya: ESTA Corporations Lihat Dampak Bisnis Keberlanjutan Kunjungan Komunitas Plastic Bank

Menarik Dibaca: 4 Alasan Mengapa Reksa Dana Cocok untuk Investor Pemula

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini

Butuh Pengobatan Jika Terinfeksi MPOX

14 SEPTEMBER 2024 / 11:58 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved