August
20
2024
     14:16

KAI Logistik Resmikan Kemitraan Multipihak Dukung Green Logistic Nasional

KAI Logistik Resmikan Kemitraan Multipihak Dukung Green Logistic Nasional
ILUSTRASI. Fredi Firmansyah, Direktur Utama KAI Logistik menyambut baik langkah kolaboratif ini moda kereta Api (KA) dalam industri logistik memainkan peranan yang sangat besar dalam rangka mewujudkan green logistic.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Masih dalam momentum perayaan HUT Ke-79 Republik Indonesia, KAI Logistik bersama Gobel Group dan anak perusahaannya PT Panasonic Gobel Indonesia dan PT Gotrans Logistics International tandatangani MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman resmikan kerjasama multipihak di Indonesia yang dukung green logistic nasional.

Pada kemitraan multipihak ini, PT Panasonic Gobel Indonesia melakukan pengalihan moda transportasi pengiriman barang yang dikelola oleh PT Gotrans Logistics International dari truk ke kereta api, bekerja sama oleh KAI Logistik pada rute Jakarta-Surabaya.

Pengalihan moda tersebut berpotensi mengurangi emisi karbon. Kemitraan multipihak ini turut berkontribusi dalam akselerasi implementasi ekonomi hijau guna dukung Visi Indonesia Emas 2045. Langkah ini juga sejalan dengan target jangka panjang Panasonic Global untuk mencapai pengurangan 300 juta ton emisi CO2 hingga tahun 2050.

Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Fredi Firmansyah selaku Direktur Utama KAI Logistik, Hiramsyah S. Thaib selaku  President Director & Group CEO Gobel Group, Heru Santoso selaku Vice President Director PT Panasonic Gobel Indonesia dan Arif Gobel selaku Direktur PT Gotrans Logistics International di Terminal Barang Sungai Lagoa, Tanjung Priok Jakarta, Senin (19/08).

Fredi Firmansyah, Direktur Utama KAI Logistik menyambut baik langkah kolaboratif ini “Moda kereta Api (KA) dalam industri logistik memainkan peranan yang sangat besar dalam rangka mewujudkan green logistic. Pada satu rangkaian Kereta Api Container mampu mengangkut 30 gerbong datar atau setara dengan 60 truk berkapasitas 20 ton. Sehingga dengan pengalihan moda jalan ke kereta api, mampu menjadi wujud nyata dalam mengurangi emisi karbon dan menjadi solusi transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Selain berkontribusi pada aspek keberlanjutan lingkungan, moda KA juga meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan serta berkontribusi pada pemeliharaan/lifetime infrastruktur jalan yang lebih optimal dengan menekan potensi beban jalan yang berlebih”

Pada kesempatan ini, President Director & Group CEO Gobel Group, Hiramsyah S. Thaib mengatakan, “Kemitraan multipihak yang mendukung green logistic di Indonesia ini menjadi wujud aspirasi kami untuk menyediakan ukuran seberapa baik dalam memenuhi kewajiban kami terhadap konsumen, melalui berbagai produk dan layanan. Kami mengapresiasi seluruh pihak yang telah terlibat dan optimis kemitraan multipihak ini akan menjadi momentum dalam mendorong kontribusi aktif sektor swasta, yang selaras dengan cita-cita kami yaitu nyata berinovasi untuk kehidupan yang berkualitas.”

Lebih jauh Hiramsyah menjelaskan bahwa Gobel Group menyambut baik kemitraan multipihak dalam mendukung green logistic nasional, yang akan mendukung, melengkapi dan memperkuat ekosistem bisnis Gobel Group yang terdiri dari berbagai aktivitas bisnis dalam mewujudkan upaya holistik terhadap keberlanjutan yang mencakup inovasi produk, operasional ramah lingkungan, dan tanggung jawab sosial di Indonesia.

Sementara itu, Vice President Director PT Panasonic Gobel Indonesia, Heru Santoso menuturkan, Kolaborasi ini merupakan langkah penting bagi Panasonic Gobel Indonesia dalam mewujudkan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan dan peningkatan efisiensi bisnis. kerja sama ini juga sejalan dengan visi global Panasonic dalam program GREEN IMPACT untuk mengurangi emisi CO2 dari setiap produk yang dibuat, serta terus mengoptimalkan penggunaan energi dalam proses produksi.

Langkah ini adalah bagian dari pendekatan holistik perusahaan dalam mewujudkan keberlanjutan yang mencakup inovasi produk, operasional yang ramah lingkungan, dan tanggung jawab sosial.

“Dengan kemitraan ini, PGI berharap dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya nasional dalam mencapai target pengurangan emisi karbon. Kami percaya bahwa inisiatif ini tidak hanya akan mendukung ekonomi hijau, tetapi juga meningkatkan daya saing industri nasional melalui inovasi yang berkelanjutan. Bersama-sama, kami berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi lingkungan, masyarakat, dan masa depan yang lebih baik”, tutur Heru.

Arif Gobel selaku Direktur Gotrans Logistics International (GLI) menambahkan bahwa, "Sebagai perusahaan logistik yang berfokus pada inovasi dan efisiensi, kerja sama ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami dalam mengadopsi praktik-praktik logistik yang lebih bertanggung jawab secara lingkungan.

Dengan mengalihkan sebagian besar pengiriman ke moda kereta api, kami berharap dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi lingkungan dan masyarakat luas. Inisiatif ini menjadi bagian integral dari strategi kami dalam memaksimalkan efisiensi sekaligus mendukung visi Indonesia yang lebih hijau."

Selaraskan Efisiensi Bisnis, Keberlanjutan Lingkungan dan Optimalisasi Layanan

Seiring dengan meningkatnya volume perdagangan dan permintaan logistik, tantangan lingkungan yang dihadapi sektor logistik menjadi semakin mendesak, dimana bertanggung jawab atas sekitar 27% dari total emisi karbon yang dihasilkan dari aktivitas operasionalnya dimana 90% dari total emisi karbon tersebut berasal dari subsektor transportasi darat.

Menanggapi hal tersebut, kemitraan multipihak yang mendukung green logistic nasional di Indonesia ini menawarkan solusi dalam mengatasi upaya mengurangi emisi karbon di sektor logistik, khususnya layanan pengiriman barang.

Dengan melakukan pengalihan moda transportasi dari truk ke kereta api, dapat mengurangi emisi karbon hingga 70% sehingga dinilai merupakan langkah yang tepat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Green logistics turut menunjukan bahwasanya berbagai inisiatif perusahaan dalam keberlanjutan lingkungan dapat berjalan selaras dengan upaya efisiensi bisnis. Dari segi biaya operasional, kemitraan multipihak ini dapat menekan biaya operasional hingga 6% lebih rendah dibandingkan penggunaan moda transportasi sebelumnya.

Sebagai bentuk peningkatan kualitas layanan terhadap konsumen, inovasi keberlanjutan di industri logistik ini juga dapat menjadi bagian strategi bisnis dalam optimalisasi layanan. Dengan pengiriman melalui kereta api, setiap perjalanan yang dilakukan dapat menghemat biaya sebesar Rp745.000 per pengiriman.

Penerapan prinsip ekonomi hijau diprediksi akan memberikan manfaat ekonomi jangka panjang bagi Indonesia. Hal ini termasuk pertumbuhan PDB (produk domestik bruto) rata-rata sebesar 6,3% antara 2025 hingga 2045, serta penciptaan 1,7 juta lapangan yang akan mencakup 38% dari tambahan tenaga kerja pada tahun 2045.

Berdasarkan kondisi tersebut, keselarasan antara efisiensi bisnis, keberlanjutan lingkungan dan optimalisasi layanan yang dihasilkan dari kemitraan multipihak ini diharapkan dapat memaksimalkan implementasi ekonomi hijau.

Di mana hal ini merupakan elemen sentral sebagai salah satu dari enam strategi transformasi ekonomi Indonesia yang dicetuskan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (PPN/ BAPPENAS) dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

Tentang KAI Logistik

PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) dibentuk dengan tujuan melayani distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang paripurna bagi Pelanggan kereta api yang didukung dengan layanan pra dan purna. KAI Logistik fokus pada orientasi bisnis sebagai jasa layanan distribusi logistik terpadu (total logistics solution) melalui “End-to-End Services”. Mengusung tagline KAI Logistik impossible yaitu semuanya menjadi mungkin, KAI Logistik menyediakan ragam layanan logistik melalui 3 segmentasi yaitu KALOG Express, KALOG Plus dan KALOG Pro untuk melayani segala kebutuhan logistik mulai dari skala kecil hingga besar.

KAI Logistik memberikan nilai tambah pada layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penguatan peran penting KAI Logistik ini diwujudkan pada tahapan Pre-Service dan Post Service dari layanan oleh KAI serta layanan terpadu (integrated-service) berbasis teknologi informasi sepanjang rantai jasa layanan  distribusi logistik.

Tentang Gobel Group

Gobel Group atau Kelompok Usaha Gobel merupakan salah satu grup bisnis terkemuka di Indonesia. Gobel Group berawal pada tahun 1954 ketika Thayeb Mohammad Gobel, pionir industri elektronika Indonesia merintis usaha perakitan radio transistor pertama di Indonesia dengan merek Tjawang.

Gobel Group menjadikan Filosofi Pohon Pisang sebagai landasan dalam berkarya. Filosofi tersebut melambangkan semangat kebersamaan, rela berkorban, mengabdi kepada masyarakat dan perlunya menyiapkan diri untuk generasi selanjutnya.  

Selama lebih dari enam dekade Gobel Group telah tumbuh dan berkembang. Cakupan bisnis Gobel Group meliputi, antara lain di bidang: Elektronik, Kimia, Kesehatan, Transportasi & Logistik, Makanan, Properti, dan Periklanan. Gobel Group senantiasa berusaha menciptakan lapangan pekerjaan. Kini, sebanyak 18.000 tenaga kerja terlibat dalam kegiatan bisnis  Gobel Group dan anak usahanya.

Di sisi lain, Gobel Group juga berkomitmen melindungi lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada pemerintah dan masyarakat.

Tentang Grup Panasonic di Indonesia

Panasonic Corporation merupakan salah satu pemimpin global dalam pengembangan teknologi dan solusi inovatif untuk berbagai aplikasi di sektor elektronik konsumen, perumahan, otomotif, industri, komunikasi, dan energi di seluruh dunia. Grup Panasonic beralih ke sistem perusahaan operasional pada 1 April 2022 dengan Panasonic Holdings Corporation sebagai perusahaan induk dan delapan perusahaan ditempatkan di bawah payungnya. Didirikan pada tahun 1918, Grup Panasonic berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dan masyarakat serta menjalankan bisnisnya berdasarkan prinsip-prinsip pendirian yang diterapkan untuk menghasilkan nilai baru dan menawarkan solusi berkelanjutan untuk dunia saat ini. Grup Panasonic melaporkan penjualan bersih terkonsolidasi sebesar 8.378,9 miliar yen pada periode 31 Maret 2023. Dikhususkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Grup Panasonic bersatu dalam menyediakan produk dan layanan unggulan untuk membantu Anda Menjalani Kehidupan yang Terbaik.

Tentang PT Gotrans Logistics International

PT Gotrans Logistics didirikan sebagai kolaborasi dari tiga perusahaan logistik, transportasi, dan pergudangan di bawah naungan Gobel Group. Sejak berdiri pada tahun 1994, PT Gotrans Logistics. telah konsisten memenuhi komitmennya untuk melayani klien dengan standar tertinggi, guna mencapai manfaat optimal saat ini dan di masa depan.

Sebagai salah satu perusahaan logistik pihak ketiga terkemuka, Gotrans menyediakan solusi manajemen rantai pasok yang komprehensif dan mencakup berbagai belahan dunia. Solusi yang kami tawarkan bersifat fleksibel, scalable, dan memberikan visibilitas di seluruh rantai pasok, memungkinkan kami untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan kebutuhan pasar di masa depan.

Kami menyediakan solusi rantai pasok lengkap, termasuk Jasa Kepabeanan dan Pengurusan Ekspor-Impor, Pemenuhan dan Pemenuhan E-Commerce, Transportasi dan Manajemen Transportasi, Layanan Bernilai Tambah, serta pergudangan bernilai tambah.

Baca Juga: KAI Logistik Fasilitasi Pelaku Usaha Binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini

Butuh Pengobatan Jika Terinfeksi MPOX

14 SEPTEMBER 2024 / 11:58 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved