December
16
2024
     12:32

Jelang Puncak Nataru, Angkutan Peti Kemas Capai Kinerja 12% Melebihi Target November

Jelang Puncak Nataru, Angkutan Peti Kemas Capai Kinerja 12% Melebihi Target November
ILUSTRASI. Menyambut masa puncak Natal dan Tahun Baru (Nataru), KAI Logistik, Anak usaha PT KAI (Persero), mencatat pencapaian kinerja positif. Sepanjang November 2024, KAI Logistik berhasil mengelola angkutan peti kemas sebanyak 202.428 ton, meningkat 12% dari total target yang ditetapkan untuk bulan tersebut.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menyambut masa puncak Natal dan Tahun Baru (Nataru), KAI Logistik, Anak usaha PT KAI (Persero), mencatat pencapaian kinerja positif. Sepanjang November 2024, KAI Logistik berhasil mengelola angkutan peti kemas sebanyak 202.428 ton, meningkat 12% dari total target yang ditetapkan untuk bulan tersebut. Pencapaian ini menegaskan komitmen KAI Logistik dalam mendukung kebutuhan pengiriman logistik yang efisien dan tepat waktu.

Fredi Firmansyah, Direktur Utama KAI Logistik menjelaskan “Secara keseluruhan, hingga November 2024, KAI Logistik telah mengelola lebih dari 24 juta ton barang. Di antara pencapaian tersebut, sekitar 22 juta ton merupakan angkutan batu bara, 2 juta ton angkutan kontainer, 493.257 ton angkutan semen, 9.144 ton angkutan limbah B3, dan 53.965 ton angkutan kurir. Kinerja ini menjadi bukti nyata kepercayaan pelanggan terhadap layanan kami.”

Fredi menjelaskan bahwa untuk peningkatan kinerja angkutan peti kemas ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang mencerminkan kebutuhan dan dinamika pasar logistik. “Menjelang akhir tahun, sektor Fast Moving Consumer Goods (FMCG) mengalami peningkatan permintaan pengiriman kontainer yang cukup signifikan. Hal ini didorong oleh kebutuhan pasar yang tinggi untuk mengantisipasi konsumsi masyarakat selama masa liburan, sehingga mendorong pengiriman barang dalam jumlah besar untuk memastikan ketersediaan produk di berbagai wilayah,” ujarnya.

Faktor lainnya yang memengaruhi adalah dikarenakan beberapa perusahaan menerapkan strategi percepatan pengiriman kontainer untuk mengantisipasi kendala operasional selama libur Natal dan Tahun Baru. Salah satunya adalah pembatasan operasional angkutan barang di jalan tol. Dengan mengirimkan barang lebih awal, perusahaan-perusahaan ini berupaya menghindari penumpukan kontainer yang dapat terjadi selama masa pembatasan, sehingga distribusi tetap berjalan lancar dan efisien.

Di sisi lain, layanan angkutan limbah B3 juga menunjukkan tren kinerja positif. Pada bulan November 2024, KAI Logistik mengelola 1.332 ton limbah B3, meningkat 18% dari target bulanan. Pencapaian ini menegaskan posisi KAI Logistik sebagai penyedia logistik yang aman dan terpercaya, khususnya dalam pengangkutan barang dengan penanganan khusus. Selain itu, tren ini juga mencerminkan meningkatnya kesadaran pelanggan terhadap pentingnya memilih moda transportasi yang lebih ramah lingkungan seperti kereta api, sebagai komitmen dan upaya dalam mendukung keberlanjutan.

“Sebagai bagian dari upaya mendukung tren positif ini, KAI Logistik terus mengembangkan layanan berbasis digital. Salah satu inovasi terbarunya adalah Aplikasi COINS, yang memudahkan pelanggan dalam proses pengiriman kontainer mulai dari pemesanan hingga pelacakan barang. Digitalisasi adalah kunci untuk memberikan layanan yang lebih efisien dan nyaman bagi pelanggan kami,” ujar Fredi.

Pencapaian ini menjadi langkah penting bagi KAI Logistik dalam mengoptimalkan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di masa puncak Nataru, sekaligus menegaskan semangat inovasi dan komitmen terhadap keberlanjutan.

Ke depan, KAI Logistik akan terus meningkatkan layanan demi menjaga kepercayaan pelanggan dan mendukung logistik yang lebih ramah lingkungan. Dengan berfokus pada moda transportasi kereta api, KAI Logistik menawarkan solusi logistik yang berkontribusi pada pengurangan emisi karbon, mendukung pertumbuhan sektor logistik nasional yang berkelanjutan.

Tentang PT Kereta Api Logistik

PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) dibentuk dengan tujuan melayani distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang paripurna bagi Pelanggan kereta api yang didukung dengan layanan pra dan purna. KAI Logistik fokus pada orientasi bisnis sebagai jasa layanan distribusi logistik terpadu (total logistics solution) melalui “End-to-End Services”. Mengusung tagline KAI Logistik Ispossible yaitu semuanya menjadi mungkin, KAI Logistik menyediakan ragam layanan logistik melalui 3 segmentasi yaitu KALOG Express, KALOG Plus dan KALOG Pro.

KAI Logistik memberikan nilai tambah pada layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penguatan peran penting KAI Logistik ini diwujudkan pada tahapan Pre-Service dan Post Service dari layanan oleh KAI serta layanan terpadu (integrated-service) berbasis teknologi informasi sepanjang rantai jasa layanan  distribusi logistik.

Baca Juga: KAI Logistik Hadirkan 183 Service Point untuk Layanan Kurir dan Logistik

Selanjutnya: Pasukan Korut yang Bergabung dengan Rusia Jumlahnya Signifikan, Kyiv Teriakkan Alarm!

Menarik Dibaca: Sambut Libur Nataru, Pelita Air Buka Rute Jakarta-Medan-Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved