February
07
2024
     18:12

Jalin Kolaborasi, Pertamina Marine Solutions Tingkatkan Kompetensi Kru Kapal

Jalin Kolaborasi, Pertamina Marine Solutions Tingkatkan Kompetensi Kru Kapal
ILUSTRASI. PT Pertamina Marine Solutions (PMSol), anak usaha PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) sepakat menjalin kolaborasi strategis dalam penyediaan dan pengelolaan kru kapal berstandar internasional untuk berkompetisi di market global.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Pertamina Marine Solutions (PMSol), anak usaha PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) sepakat menjalin kolaborasi strategis dalam penyediaan dan pengelolaan kru kapal berstandar internasional untuk berkompetisi di market global.

PMSol menandatangani Letter of Appointment (LoA) dan Manning Agency Agreement (MAA) dengan Bernhard Schulte Management - Crew Service Centre (BSM-CSC) Indonesia, pada Senin (5/2).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur PMSol Eka Candra Dinata, dan Direktur BSM-CSC Indonesia Capt. Akhmad Subaidi , serta disaksikan oleh Dewi Susanti, VP Fleet Performance & Crewing Management PT Pertamina International Shipping (PIS).

Kerja sama PMSol dan BSM-CSC ini mencakup kerjasama strategis dalam menyediakan kebutuhan kru kapal untuk armada yang dikelola oleh PMSol dan BSM-CSC Indonesia, termasuk pengembangan kompetensi para kru kapal untuk penempatan kru kapal Indonesia di kapal-kapal rute internasional.

Direktur PMSol Eka Candra Dinata menyampaikan optimisme atas kolaborasi yang terjalin. PMSol yakin dengan kebutuhan pasar dunia maritim atas suplai kru kapal yang semakin meningkat, maka menjadi peluang besar bagi PMSol melakukan ekspansi dan meningkatkan portofolio bisnis, serta menjalin bekerjasama dengan pelaku-pelaku bisnis kru kapal di luar negeri.

“Kerjasama ini tentunya menguatkan komitmen PMSol dalam melakukan penyediaan kru kapal yang handal, mendukung terpakainya energi-energi perwira Kru kapal Indonesia yang profesional, berintegritas, kompeten dan berAKHLAK di dunia kepelautan nasional dan internasional. Juga harapanna bahwa kesepakatan ini akan menciptakan mutual effect bagi kedua belah pihak,” ujar Eka.

Kerjasama antara dua perusahaan ini tentunya diharapkan membawa dampak positif terutama untuk PMSol, yang merupakan bagian dari Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) PIS yang memiliki visi untuk menjadi perusahaan perkapalan dan maritim logistik terdepan di dunia. Termasuk untuk BSM - CSC yang merupakan member dari Bernhard Schulte Management Group sekaligus salah satu perusahaan penyuplai kru kapal ternama di dunia maritim internasional.

Direktur BSM-CSC Indonesia Capt. Akhmad Subaidi menyampaikan dalam sambutannya bahwa “Dalam segala hal, human element tetap memegang peranan terpenting, bukan hanya equipment.

Dan kru kapal Indonesia, tidak kalah kualitasnya dengan kru-kru kapal Filipina, Eropa, dan lainnya. Hanya perlu diberi kesempatan, untuk menunjukkan kualitasnya dan melalui perjanjian ini kita bawa kru Indonesia ke kancah internasional,” ujar Capt. Akhmad Subaidi.

Tentang PT Pertamina Trans Kontinental (PTK)

PT Pertamina Trans Kontinental (“PTK”) didirikan pada tanggal 9 September 1969 dengan nama PT Pertamina Tongkang dan berganti  nama  menjadi  PT  Pertamina  Trans  Kontinental pada  29  November  2011.  PTK  merupakan  Anak  Usaha  dari  PT Pertamina International Shipping (PIS) bagian dari Subholding Integrated Marine Logistic (IML) yang berpengalaman dalam bisnis Pelayaran, Jasa Maritim, Kepelabuhanan dan Logistik dengan bisnis yang didukung oleh Region / Area Kerja yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan mengelola 104 pelabuhan Pertamina serta 469 armada kapal yang terus bertransformasi dan tumbuh menjadi perusahaan jasa maritim yang terintegrasi dengan skala global.

Baca Juga: PTK Kantongi Fasilitas Kredit Rp279,27 Miliar dari Bank Mandiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

BCA Life Pelindung Penyakit Kritis

23 FEBRUARI 2024 / 15:02 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved