February
14
2022
     14:55

Jadi Tempat Isolasi & Direvitalisasi, TMII Tetap Bisa Dikunjungi dengan Prokes Ketat

Jadi Tempat Isolasi & Direvitalisasi, TMII Tetap Bisa Dikunjungi dengan Prokes Ketat
ILUSTRASI. Pengunjung berwisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski tengah direvitalisasi dan jadi rujukan isolasi terpusat bagi pasien Covid-19, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) masih dibuka untuk umum. Tempat wisata di Jakarta Timur ini masih bisa dikunjungi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Direktur Eksekutif TMII, I Gusti Putu Ngurah Sedana menegaskan, jalur pengunjung dengan pasien yang akan diisolasi terpisah, sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir. Ditambah lagi lokasi isolasi terpusat juga mendapatkan penjagaan dari petugas.

"Enam hari dibuka jadi tempat isolasi, Graha Wisata TMII sudah menampung 41 pasien Covid-19," ungkap Gusti, dalam keterangan resminya, Senin (14/2). 

Dia berujar, operasional TMII saat ini tetap sesuai dengan regulasi yang ada, di mana pemberlakuan 25% dari kapasitas masih diberlakukan.

Sementara untuk jalur kedatangan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di Graha Wisata TMII, sebut dia, dipastikan berbeda dengan pengunjung. Sehingga pengunjung tak perlu khawatir, lantaran lokasi isolasi terpusat juga mendapatkan penjagaan dari petugas. 

Baca Juga: InJourney Targetkan Revitalisasi TMII Tuntas Oktober 2022

Dia melanjutkan, sejauh ini pihak TMII belum memutuskan untuk menutup TMII meski revitalisasi tengah dilakukan guna mendukung Presidensi G20. Sebab, rencana penutupan sementara masih dalam tahap proses pengkajian. "Adapun wahana yang bisa dikunjungi yakni di Taman Burung, Museum Komodo, Dunia Air Tawar, Taman Legenda, anjungan dan museum," tututrnya. 

Sebagai informasi, TMII diketahui sudah direvitalisasi sedari Januari 2022 guna mendukung Presidensi G20. Tertuang dalam Perpres Nomor 116 Tahun 2021, konsep yang diusung ini bakal bernama Indonesia Opera. Di mana nantinya TMII bakal bertransformasi menjadi The Ultimate Showcase of Indonesia.

Kepala Unit Graha Wisata TMII, Yayang Kustiyawan menambahkan, bila nantinya 100 tempat tidur penuh, maka pasien Covid-19 rujukan dari masing-masing puskesmas kecamatan bakal dialihkan ke lokasi lain yang disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Meski hanya menerima pasien terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala, TMII tetap menyediakan tim medis yang memantau kondisi guna mencegah perburukan kondisi. "Untuk isolasi di Graha Wisata ini rata-rata 10 hari, namun apabila masih dinyatakan sakit atau belum sembuh maka bisa diperpanjang hingga 14 jari," tambah dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved