August
25
2022
     08:27

ITDC Group Laksanakan Track Improvement di Pertamina Mandalika International Circuit

ITDC Group Laksanakan Track Improvement di Pertamina Mandalika International Circuit
ILUSTRASI. Pada Senin (1/8) ITDC, BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika, bersama Mandalika Grand Prix of Association (MGPA) dan Xplorin sebagai bagian dari ITDC Group, menggelar program Mandalika Track Walk Experience.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Guna mematangkan persiapan pelaksanaan event MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) November 2022 mendatang, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) BUMN pengelola kawasan The Mandalika bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai bagian dari ITDC Group, melaksanakan track improvement di Pertamina Mandalika International Circuit sejak 20 Agustus 2022 lalu hingga 30 September 2022.

Track improvement adalah modifikasi Sirkuit yang wajib dilakukan ITDC-MGPA atas permintaan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). Kegiatan ini terdiri dari pengaspalan di lintasan Sirkuit, penambahan pelebaran run off di enam tikungan Sirkuit dan penambahan ban sebagai pelindung di beberapa area tembok pembatas Sirkuit.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menuturkan, “Pekerjaan track improvement di Pertamina Mandalika International Circuit ini dilakukan dalam rangka memenuhi permintaan FIM sekaligus mematangkan pekerjaan di lapangan. Untuk itu, kami menutup Sirkuit ini dari segala bentuk aktivitas kunjungan hingga 1 Oktober 2022 mendatang.”

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan, “Kami mohon maaf apabila wisatawan belum bisa berkunjung ke dalam Sirkuit dalam jangka waktu pekerjaan track improvement berlangsung. Namun para wisatawan tidak perlu kuatir, mereka tetap dapat menikmati lokasi wisata lain di The Mandalika yang tidak kalah indah seperti Kuta Beach Park, Pantai Seger, Tanjung Aan, dan Bukit Merese.”ITDC-MGPA sendiri telah melakukan kick off meeting dengan Dromo dan PT Pembangunan Perumahan (PP) pada 17 Agustus 2022 lalu untuk membahas pelaksanaan track improvement.

Pekerjaan track improvement  dimulai pada 20 Agustus 2022 dengan pembongkaran area gravel bed di tikungan 10, 11, dan 12. Karena untuk pekerjaan pelebaran run off, ITDC-MGPA perlu membersihkan area gravel terlebih dahulu, kemudian baru melanjutkan pelebaran run off.

Kegiatan track improvement ini dikerjakan oleh PT PP (Persero) dengan sub kontraktor konsultan desain dan supervisi Studio Dromo Italia, yaitu konsultan yang mendesain dan membangun sejumlah Sirkuit balap di dunia seperti Silverstone Circuit di Silverstone - Inggris, Spa-Francorchamps di Belgia, Mugello Circuit Italia serta Street Circuit di Singapura.

Disamping melakukan track improvement, ITDC-MGPA juga tengah berupaya untuk mendapatkan homologasi roda empat dari Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) agar dapat melakukan berbagai kejuaraan internasional roda empat.

Sebelumnya, pihak FIA sendiri telah memberikan catatan dan rekomendasi mengenai pembenahan yang perlu dilakukan di Pertamina Mandalika International Circuit, salah satunya dengan membenahi area pit-in sembari konsultan terpilih melakukan perbaikan pada desain Sirkuit.

“Kami juga berharap FIA dapat sekaligus menghomologasi Sirkuit ini dan mudah-mudahan di tahun depan Pertamina Mandalika International Circuit dapat menjadi tempat untuk perhelatan berbagai balap roda empat,” tambah Priandhi.

Sebagai informasi, Pertamina Mandalika International Circuit akan menjadi tuan rumah sejumlah event internasional di The Mandalika diantaranya adalah Shell Eco Marathon pada bulan Oktober 2022 dan WSBK pada bulan November 2022.

Baca Juga: ITDC Siap Bertransformasi dengan Susunan Direksi Baru

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 48 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia. Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar.  The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Mandalika International Street Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

ITDC merupakan bagian dari InJourney yang merupakan perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved