October
07
2022
     13:53

Ini Bentuk Transformasi Human Capital yang Dilakukan Pupuk Indonesia

Ini Bentuk Transformasi Human Capital yang Dilakukan Pupuk Indonesia
ILUSTRASI. PT Pupuk Indonesia melanjutkan transformasi dan inovasi untuk bisa semakin bersaing di kancah global.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pupuk Indonesia melanjutkan transformasi dan inovasi untuk bisa semakin bersaing di kancah global. Salah satu transformasi yang fokus dilakukan perseroan adalah terkait human capital atau sumber daya manusia (SDM). 

Direktur SDM, Tata Kelola & Manajemen Risiko Pupuk Indonesia Tina T Kemala Intan mengatakan, transformasi human capital dilakuakn dengan menerapkan tiga inisiatif strategis. 

"Pertama, memperkuat organisasi melalui strategi talenta yang lebih baik," katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/10).

Kedua, memperkuat talent sourcing, keberagaman, rasa keterikatan terhadap perusahaan, dan afiliasi karyawan. Ketiga, menciptakan budaya perusahaan yang kolaboratif dan berkinerja tinggi.

Baca Juga: Langkah Positif Kementerian BUMN Cari Investor untuk Kembangkan Perusahaan BUMN

Dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkelas dunia, kata Tina,   diawali perseroan dengan memperkuat strategi pemilihan talenta yang meliputi pemilihan karyawan yang berkinerja unggul, penerapan nilai-nilai utama AKHLAK, memiliki kompetensi serta learning agility yang dipersyaratkan, selanjutnya para talenta unggul (top talent) diterjunkan ke berbagai proyek strategis yang terbukti memiliki dampak positif terhadap EBITDA. 

Selain itu, Pupuk Indonesia juga mendorong pegawai melakukan inovasi yang tidak hanya bersifat continuous improvement namun juga breakthrough secara masif di seluruh Pupuk Indonesia Grup. Berbagai inovasi tersebut memberikan dampak yang signifikan bagi kinerja Pupuk Indonesia Grup.

Pupuk Indonesia juga terus berkomitmen untuk meningkatkan jumlah dan kualitas talenta unggul dengan melakukan percepatan dalam menghasilkan kader-kader unggul, mendorong keberagaman dan inklusivitas dengan mencetak lebih banyak para pemimpin muda dan pemimpin perempuan. 

Lalu, meningkatkan kemampuan kepemimpinan para leader di bidang pengelolaan dan pengembangan SDM bagi unitnya.

Baca Juga: Pupuk Kaltim Berambisi Raih Pertumbuhan Pendapatan 143% Tahun Ini

Perseroan juga telah melakukan digitalisasi dalam pengelolaan dan pengembangan SDM-nya menjadi single platform secara bertahap namun serentak di seluruh Pupuk Indonesia Grup. 

"Tahap berikutnya dalam transformasi SDM ini mengintegrasikan Human Capital Information System (HCIS)," pungkas Tina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved