June
27
2023
     21:33

IKEA Indonesia Berkomitmen untuk Terus Mendukung UMKM di Indonesia

 IKEA Indonesia Berkomitmen untuk Terus Mendukung UMKM di Indonesia
ILUSTRASI. Sejak pertama buka di Indonesia, IKEA memberikan kesempatan pelaku UMKM & seniman lokal (di IKEA Kota Baru Parahyangan& IKEA Ciputra World Surabaya) dengan menyediakan area khusus UMKM untuk mendisplay & menjual produk di toko IKEA.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dalam rangka memperingati hari UMKM sedunia yang jatuh pada tanggal 27 Juni 2023, IKEA Indonesia menunjukkan komitmennya dengan terus mendukung UMKM di Indonesia melalui Teras Indonesia.

Sejak pertama kali dibuka di Indonesia, IKEA turut serta memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM dan seniman lokal (di IKEA Kota Baru Parahyangan dan IKEA Ciputra World Surabaya) dengan menyediakan area khusus bagi para UMKM untuk mendisplay dan menjual produk mereka di toko IKEA.

“Sebagai upaya kami untuk mendukung UMKM Indonesia agar mereka dapat memperkenalkan karya kreatif dan produk unggulan mereka kepada pengunjung toko IKEA, kami bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dalam program Teras Indonesia guna memberi kesempatan kepada mereka untuk melaksanakan pameran selama satu periode pada area yang telah disediakan,” ujar Ririn Basuki, Communication & PR Manager IKEA Indonesia.

IKEA Indonesia konsisten menjalankan Teras Indonesia dalam rangka memperkenalkan produk-produk UMKM yang sangat unik dan khas, juga digemari oleh para pengunjung IKEA di seluruh toko IKEA di Indonesia.

Selain Teras Indonesia, IKEA juga menjalankan inisiatif lain untuk UMKM seperti kolaborasi antara Instellar dengan IKEA Social Social Entrepreneurship Indonesia Accelerator (I-SEA). Program I-SEA adalah program akselerator untuk menciptakan peluang yang lebih baik bagi orang-orang yang rentan dan termarjinalkan, dengan berkontribusi pada peningkatan usaha sosial lokal.

Program ini melibatkan beberapa wirausaha sosial yang dimulai dengan perekrutan. Setelah itu, para wirausaha sosial yang terpilih mengikuti beberapa tahapan yaitu tahap akselerasi dan Growth and Impact Hack yang mencakup kegiatan pendampingan (mentoring).

Program kolaborasi Instellar dengan I-SEA yang telah berjalan dari Oktober 2021 – Juli 2023, diikuti oleh 10 wirausaha sosial yang fokus pada agrikultur berkelanjutan hingga pengelolaan sampah, tekstil dan responsible sourcing. Ke sepuluh wirausaha sosial yang telah mengikuti program ini adalah Kulaku Indonesia, Alner, Duitin, Liberty Society, Rumah Mocaf Indonesia, Westbike Messenger Service, Greenie, QYOS, Sustaination, dan Plépah.

“Dengan berhasilnya program kolaborasi ini, IKEA bersama Instellar akan melanjutkan komitmennya dalam membantu wirausaha sosial melalui program ke dua yang akan dimulai tahun 2024 mendatang,” ujar Ririn Basuki.

Bentuk lain dari komitmen IKEA terhadap Teras Indonesia adalah dengan mengadakan kegiatan talkshow dan workshop dengan mengundang perwakilan dari UMKM, seniman lokal yang telah tergabung di Teras Indonesia dan pemerintah setempat sebagai pembicara.  Acara diadakan pada tanggal 27 Juni 2023 di IKEA Ciputra World Surabaya.

Tentang IKEA

Visi IKEA adalah untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, dengan menawarkan rangkaian produk perabot rumah tangga yang fungsional, didesain dengan baik, dengan harga terjangkau sehingga lebih banyak orang dapat membelinya.

IKEA didirikan oleh Ingvar Kamprad di Småland, Swedia bagian selatan pada tahun 1943, saat ia berusia 17 tahun. Nama perusahaan ini merupakan singkatan dari inisial namanya, IK, E kependekan dari Elmtaryd, nama peternakan di mana ia tumbuh, dan A kependekan dari Agunnaryd tempat di mana peternakan itu berada.

Konsep IKEA berbasis pada pengetahuan yang menyeluruh tentang kebutuhan dan fungsi kehidupan di rumah, dengan memadukan pengalaman penggunaan material serta teknik produksi. IKEA memiliki pengalaman 80 tahun dalam mengembangkan dan menampilkan rangkaian produk IKEA.

Toko IKEA menghadirkan rangkaian perabot rumah tangga yang didesain dengan baik, fungsional, diproduksi melalui riset dan pengembangan, quality control yang ketat, serta dengan memperhatikan keberlanjutan jangka panjang.

Produk-produk IKEA memiliki desain sederhana, multifungsi, dan memiliki banyak manfaat yang tak terlihat. Produk IKEA dikemas datar, sehingga memungkinkan konsep “do-it-yourself” dan harga yang lebih terjangkau untuk produk yang dibuat oleh para desainer.

Bisnis IKEA di Indonesia dikelola di bawah hak waralaba eksklusif yang diberikan kepada PT Rumah Mebel Nusantara. Toko IKEA pertama di Indonesia dibuka di Alam Sutera pada 15 Oktober 2014, disusul toko kedua, ketiga, dan keempat yang dibuka di Sentul City, Kota Baru Parahyangan, dan Jakarta Garden City pada 28 November 2019, 28 Maret 2021, 16 September 2021 masing-masing. Kemudian IKEA Bali dibuka pada 18 November 2021, IKEA Mall Taman Anggrek pada 7 April 2022 sebagai city store pertama, dan IKEA Surabaya pada 15 Desember 2022.

Baca Juga: IKEA Indonesia & Duitin, Dorong Semangat Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved