July
05
2022
     16:59

ICDX Mencatatkan Pertumbuhan Transaksi Multilateral Sebesar 50% Semester I 2022

 ICDX Mencatatkan Pertumbuhan Transaksi Multilateral Sebesar 50% Semester I 2022
ILUSTRASI. (ki-ka), Komisaris ICDX, Fenny Widjaja dan Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar, BAPPEBTI, Kementerian Perdagangan, Tirta Karma Senjaya dalam seremoni peringatan ke-13 ICDX Group di Jakarta (4/6).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Memasuki tahun ke-13, Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) Group mencatatkan sejumlah pencapaian. Salah satunya adalah penetrasi pasar yang lebih luas, dengan telah berjalannya Pasar Murabahah Komoditi Syariah pada kuartal pertama 2022, dan akan dimulainya transaksi Pasar Fisik Emas Digital melalui bursa (on-exchange). Sejumlah pencapaian ini menandakan komitmen ICDX sebagai Bursa Komoditi, dan ICH sebagai lembaga kliring untuk terus memfasilitasi Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) yang menyeluruh dengan menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat.

“Tidak hanya itu, hingga Juni lalu ICDX mencatatkan nilai transaksi multilateral hingga lebih dari Rp20 Triliun, dengan total volume transaksi multilateral lebih dari 500.000 lot. Tahun ini kami menargetkan volume transaksi multilateral ICDX mencapai hingga satu juta lot,” kata Direktur ICDX, Nursalam dalam konferensi pers peringatan ke-13 ICDX Group.

Lebih lanjut, Nursalam menjelaskan bahwa tahun ini, ICDX fokus pada akselerasi PBK, mulai dari peningkatan transaksi multilateral, menambah peserta dan meningkatkan transaksi pada Pasar Murabahah Komoditi Syariah, hingga turut serta menurunkan emisi karbon sesuai target iklim Indonesia melalui fasilitas perdagangan kredit karbon yang terorganisir, adil, dan transparan. Akselerasi ini juga sebagai upaya ICDX dalam mendukung pemerintah membenahi industri PBK yang pada awal tahun ini menghadapi sejumlah isu yang berdampak pada pelaku industri PBK.

Senada dengan komitmen ICDX untuk meningkatkan transaksi multilateral tersebut, Plt. Kepala BAPPEBTI, Kementerian Perdagangan, Didid Noordiatmoko dalam kesempatan yang sama menjelaskan, “Sebagai regulator PBK, kami akan menerapkan tata kelola PBK berdasarkan Good Governance, dimana BAPPEBTI akan melindungi masyarakat, menjadikan Bursa Berjangka Komoditi sebagai acuan harga dunia, menjadikan Sistem Perdagangan Alternatif (SPA) fairtrade, dan mendorong pelaku usaha PBK menjaga integritas.”

Tahun ini untuk mempercepat pertumbuhan transaksi multilateral, ICDX akan menjalankan sejumlah strategi seperti Untuk terus menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ini, ICDX akan melakukan sejumlah upaya seperti memperbesar demografi nasabah multilateral, khususnya dalam hal persyaratan pembukaan akun agar dapat diakses oleh nasabah dengan rentang usia lebih muda mulai dari 17 tahun.

“Berdasarkan data demografi audiens kanal promosi produk multilateral ICDX, yakni GOFX banyak diminati oleh audiens dengan rentang usia 17-24 tahun. Selain itu, ICDX akan menambah pialang multilateral baru, meningkatkan kolaborasi dengan financial hub, serta inovasi produk multilateral,” tutup Nursalam.

Tentang Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX)

Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), juga dikenal sebagai Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) adalah bursa komoditi dan derivatif yang berbasis di Indonesia. Visi ICDX menjadi bursa pasar global yang meningkatkan kesejahteraan nasional, dengan misi menjadi tolok ukur penetapan harga komoditi dunia melalui produk-produk primer Indonesia. ICDX adalah Bursa yang didukung oleh anggotanya yang terdiri dari pialang dan pedagang yang teregulasi oleh BAPPEBTI. Anggota ICDX memfasilitasi layanan transaksi nasabah yang mencakup kontrak perdagangan berjangka komoditi ICDX. Perdagangan di ICDX akan diselesaikan, dijamin, dan dikliring oleh Indonesia Clearing House.

Tentang Indonesia Clearing House (ICH)

Indonesia Clearing House (ICH) Clearing beroperasi dengan standar yang diakui secara internasional untuk manajemen risiko, margin dan penyelesaian. Lembaga Kliring akan bertanggung jawab untuk semua transaksi kliring dan penyelesaian yang terjadi di Bursa ICDX. Semua transaksi perdagangan kontrak dalam Bursa ICDX dijamin oleh Lembaga Kliring ICH. Semua anggota bursa ICDX harus menjadi anggota Kliring ICH untuk mendapatkan penjaminan. Singkatnya, Kliring ICH menyimpan akun anggota Kliring dan transaksinya serta menjamin semua pembayaran dan kewajiban anggota kliring.

Tentang ICDX Logistik Berikat (ILB)

ILB adalah anak perusahaan dari Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) dan Indonesia Clearing House (ICH) dengan kegiatan utama menyediakan gudang untuk komoditas yang diperdagangkan di ICDX. Pembentukan ILB merupakan dukungan tulus kami terhadap paket kebijakan regulasi ekonomi Indonesia tentang Pusat Kawasan Berikat, khususnya untuk komoditas ekspor yang diperdagangkan di ICDX. ILB sekarang memiliki kantor perwakilan di Jakarta, Bangka dan Medan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved