November
15
2022
     16:30

IBM Luncurkan Prosesor 400 Qubit-Plus Quantum & IBM Quantum System Two Generasi Baru

IBM Luncurkan Prosesor 400 Qubit-Plus Quantum & IBM Quantum System Two Generasi Baru
ILUSTRASI. IBM umumkan kemajuan terobosan baru perangkat keras & lunak quantum serta menguraikan kepeloporannya quantum-centric supercomputing dengan meluncurkan Prosesor 400 Qubit-Plus Quantum dan IBM Quantum System Two Generasi Berikutnya.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - IBM (NYSE: IBM) mengumumkan kemajuan terobosan baru dalam perangkat keras dan perangkat lunak quantum serta menguraikan visi kepeloporannya untuk quantum-centric supercomputing. Acara tahunan IBM Quantum Summit menampilkan klien, mitra, dan perusahaan pengembang quantum yang luas serta progres mereka yang berkelanjutan untuk menghadirkan komputasi quantum yang bermanfaat bagi dunia.

“Prosesor 433 qubit 'Osprey' baru akan membawa kita selangkah lebih dekat ke titik di mana komputer quantum akan digunakan untuk mengatasi masalah yang sebelumnya tidak dapat dipecahkan”, kata Dr. Darío Gil, Senior Vice President, IBM and Director of Research. “Kami terus meningkatkan dan memajukan teknologi quantum di seluruh perangkat keras, perangkat lunak, dan integrasi klasik untuk menghadapi tantangan terbesar yang ada saat ini, bersama para mitra dan klien kami di seluruh dunia. Upaya ini akan menjadi dasar untuk era quantum-centric supercomputing yang akan datang.”

IBM meluncurkan pengembangan baru berikut:

'IBM Osprey'- prosesor 433-quantum bit (qubit) baru dari IBM

IBM Osprey memiliki jumlah qubit terbesar di antara semua prosesor quantum IBM, lebih dari tiga kali lipat dibandingkan prosesor IBM Eagle (127 qubit) yang diluncurkan pada tahun 2021. Prosesor ini memiliki potensi untuk menjalankan komputasi quantum kompleks jauh melampaui kemampuan komputasi komputer klasik mana pun.

Sebagai referensi, jumlah bit klasik yang diperlukan untuk merepresentasikan keadaan pada prosesor IBM Osprey jauh melebihi jumlah total atom yang saat ini diketahui di alam semesta.Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana IBM terus meningkatkan skala, kualitas, dan kecepatan sistem quantumnya, silakan baca Quantum-Centric Supercomputing: Bringing the Next Wave of Computing to Life.

Perangkat lunak quantum baru mampu menangani koreksi dan mitigasi kesalahan

Mengatasi noise di komputer quantum terus menjadi faktor penting dalam adopsi teknologi ini. Untuk menyederhanakan hal ini, IBM merilis pembaruan beta untuk Qiskit Runtime, yang kini mencakup kemampuan untuk memungkinkan pengguna menyesuaikan kecepatan guna mengurangi jumlah kesalahan dengan opsi sederhana di API.

Dengan mengabstraksi kompleksitas fitur-fitur ini ke dalam lapisan perangkat lunak, pengguna dapat menggabungkan komputasi quantum ke dalam alur kerja mereka secara lebih mudah dan mempercepat pengembangan aplikasi quantum. Untuk detail selengkapnya, silakan baca Introducing new Qiskit Runtime capabilities — and how our clients are integrating them into their use.

Pembaruan IBM Quantum System Two – sistem quantum generasi berikutnya dari IBM

Seiring meningkatnya skala sistem IBM Quantum menuju ke arah yang dinyatakan, yaitu 4.000+ qubit pada tahun 2025 dan seterusnya, sistem tersebut akan melampaui kemampuan elektronik fisik yang ada saat ini. IBM memperbarui detail IBM Quantum System Two yang baru, sebuah sistem yang dirancang untuk menjadi modular dan fleksibel, dengan menggabungkan beberapa prosesor ke dalam satu sistem melalui tautan komunikasi.

Sistem ini ditargetkan untuk online pada akhir 2023 dan akan menjadi blok bangunan quantum-centric supercomputing — gelombang berikutnya dalam komputasi quantum yang lebih besar dengan memanfaatkan arsitektur modular dan komunikasi quantum untuk meningkatkan kapasitas komputasinya, dan yang memanfaatkan hybrid cloud middleware guna mengintegrasikan alur kerja quantum dan klasik secara mulus.

Teknologi IBM Quantum Safe baru: Seiring dengan pertumbuhan komputer quantum yang makin kuat, penyedia teknologi harus mengambil langkah untuk melindungi sistem dan data mereka dari komputer quantum masa depan potensial yang mampu mendekripsi standar keamanan saat ini.

Mulai dari penawaran sistem z16 dengan teknologi keamanan quantum, hingga kontribusi algoritma sehubungan dengan target National Institute of Standards and Technology (NIST) untuk standardisasi pada tahun 2024, IBM menawarkan teknologi dan layanan dengan kemampuan keamanan ini.Pada acara Summit, IBM dan Vodafone mengumumkan kolaborasi untuk mengeksplorasi cara menerapkan kriptografi keamanan quantum IBM di seluruh infrastruktur teknologi Vodafone.

Ekspansi Klien & Ekosistem: Pertumbuhan jaringan quantum IBM: IBM hari ini juga mengumumkan bahwa perusahaan besar asal Jerman, Bosch, telah bergabung dengan jaringan quantum IBM untuk mengeksplorasi berbagai kasus penggunaan quantum.

Penambahan terbaru lainnya ke dalam jaringan antara lain adalah perusahaan telekomunikasi multinasional Vodafone yang akan mengeksplorasi komputasi quantum dan kriptografi aman-quantum, bank Prancis Credit Mutuel Alliance Federale yang akan mengeksplorasi kasus penggunaan dalam layanan keuangan, dan kampus inovasi Swiss uptownBasel yang akan meningkatkan pengembangan keterampilan serta mempromosikan proyek inovasi terkemuka di quantum dan teknologi komputasi berkinerja tinggi.

Organisasi-organisasi tersebut bergabung dengan lebih dari 200 organisasi lainnya — dan lebih dari 450.000 pengguna — dengan akses ke armada terbesar di dunia yang terdiri dari lebih dari 20 komputer quantum yang dapat diakses melalui cloud.

“IBM Quantum Summit 2022 menandai momen penting dalam evolusi sektor komputasi quantum global, seiring kami melangkah di sepanjang roadmap quantum kami. Seiring terus meningkatkan skala sistem quantum dan menjadikannya lebih mudah digunakan, kami akan terus melihat adopsi dan pertumbuhan industri quantum”, kata Jay Gambetta, IBM Fellow dan VP IBM Quantum.

“Terobosan kami mendefinisikan gelombang berikutnya dalam dunia quantum, yang kami sebut quantum-centric supercomputing, di mana modularitas, komunikasi, dan middleware akan berkontribusi terhadap peningkatan skala kapasitas komputasi serta integrasi alur kerja quantum dan alur kerja klasik.”

Baca Juga: Menghalau serangan siber dengan teknologi SIEM berbasis AI dari IBM QRadar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved