October
11
2023
     09:27

Hyundai Capital Percepat Pertumbuhan lewat Akuisisi PT Paramitra Multifinance

Hyundai Capital Percepat Pertumbuhan lewat Akuisisi PT Paramitra Multifinance
ILUSTRASI. Hyundai Capital Services sepakat membeli 75,1% saham PT Paramitra Multifinance. PT Sinar Mas Multiartha Tbk (15%), anak usaha Sinar Mas Group yang bergerak di sektor keuangan, dan PT Bank Shinhan Indonesia (9,9%), anak usaha Shinhan Bank Korea, masing-masing akan menjadi pemegang saham minoritas PT Paramitra Multifinance.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Hyundai Capital Services, anak usaha Hyundai Motor Group yang bergerak di sektor jasa keuangan, hari ini mengumumkan akuisisi PT Paramitra Multifinance untuk mendirikan Hyundai Capital Indonesia.

Hyundai Capital Services sepakat membeli 75,1% saham PT Paramitra Multifinance. PT Sinar Mas Multiartha Tbk (15%), anak usaha Sinar Mas Group yang bergerak di sektor keuangan, dan PT Bank Shinhan Indonesia (9,9%), anak usaha Shinhan Bank Korea, masing-masing akan menjadi pemegang saham minoritas PT Paramitra Multifinance.

PT Sinar Mas Multiartha Tbk akan menyumbangkan pengalaman dan keahliannya di pasar lokal untuk memperkuat dan mengembangkan bisnis jasa keuangan di segmen otomotif. Di sisi lain, PT Bank Shinhan Indonesia, berdiri pada 2015, akan meningkatkan daya saing produk lokal dan menyediakan penyaluran pembiayaan yang stabil.

Indonesia adalah pasar utama dalam strategi mobilitas masa depan Hyundai Motor Group. Pada 2022, Hyundai Motor meresmikan pabrik pertamanya di Asia Tenggara yang berlokasi di Indonesia. Sejak itu, Hyundai Motor telah menguasai pangsa pasar terbesar di segmen mobil listrik di Indonesia.

Sejak 2020, Hyundai Capital Services telah mengelola sebuah kantor cabang di Jakarta, menyediakan layanan konsultasi keuangan dan riset pasar. Sektor keuangan di Indonesia memiliki daya tarik bagi Hyundai Capital Services. Pasalnya, sektor ini memiliki kondisi demografi dan makroekonomi yang kondusif, serta laju perekonomian yang berkembang pesat. Entitas yang baru diluncurkan ini merupakan pencapaian penting Hyundai Capital Services. Lebih lagi, hal tersebut mencerminkan optimisme Hyundai Capital Services terhadap Indonesia dan komitmen jangka panjang di pasar Indonesia.

"Hyundai Motor telah menguasai pangsa pasar mobil listrik di Indonesia," ujar seorang juru bicara Hyundai Capital Services. "Kami menilai, akuisisi ini akan mendukung Hyundai Capital untuk memanfaatkan kapabilitasnya, serta menyediakan layanan pembiayaan otomotif yang dirancang khusus menurut kebutuhan pelanggan dan mitra lokal."

Hyundai Capital Services kini menjangkau 14 negara yang tersebar di Amerika, Tiongkok, dan Eropa, serta mengelola 16 entitas dan dua kantor cabang di seluruh dunia. Hyundai Capital Services merencanakan ekspansi lebih lanjut guna mendukung strategi mobilitas global Hyundai Motor Group.

Hyundai Capital Services

Hyundai Capital, perusahaan terkemuka yang menyalurkan pembiayaan konsumen, berdiri pada 1993. Hyundai Capital telah menawarkan jasa keuangan yang dirancang menurut kebutuhan merek-merek Hyundai, Kia, dan Genesis di seluruh dunia. Memimpin globalisasi sektor keuangan Korea, Hyundai Capita, berkantor pusat di Seoul, Korea Selatan, kini menjangkau 14 negara yang tersebar di Amerika, Tiongkok, dan Eropa, serta merencanakan ekspansi lebih lanjut.

Bank Shinhan Indonesia

Shinhan Bank merambah pasar Indonesia pada 2015 lewat akuisisi dan merger dua bank lokal. Bank Shinhan Indonesia kini memiliki 37 kantor cabang di Indonesia. Lebih lagi, bank ini telah mendapat pengakuan atas kesuksesannya dalam melakukan lokalisasi, bahkan mencatat aset senilai US$ 1,573 juta pada akhir Semester I-2023. Bank Shinhan Indonesia juga mengalami pertumbuhan aset yang luar biasa, hampir 560% dibandingkan akhir 2016 ketika akuisisi dilakukan.

Baca Juga: Investasi US$ 60 Juta, Hyundai Mulai Pembangunan Pabrik Battery Pack di Indonesia

Selanjutnya: Dukung Pertumbuhan UMKM, Pemerintah Lakukan Pengetatan Barang Impor

Menarik Dibaca: Harga Emas Antam Naik Rp 1.000 Hari Ini 11 Oktober

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

BCA Life Pelindung Penyakit Kritis

23 FEBRUARI 2024 / 15:02 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved