December
07
2023
     20:02

Hutan Kehati, Bukti Komitmen Grup MIND ID dalam Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan

Hutan Kehati, Bukti Komitmen Grup MIND ID dalam Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan
ILUSTRASI. Program Hutan Kehati telah dilakukan di beberapa wilayah, seperti di Unit Metalurgi Muntok Bangka Barat dan Unit Metalurgi Kundur di Kabupaten Karimun.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID menjaga komitmen dalam pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Hal itu diwujudkan melalui program Hutan Kehati yang dilakukan oleh salah satu anggotanya, PT Timah Tbk.

Hutan Kehati merupakan suatu ekosistem yang penuh dengan keanekaragaman hayati. Ekosistem itu juga memiliki dampak besar terhadap kesehatan lingkungan secara keseluruhan.

“Program Hutan Kehati juga merupakan upaya konservasi PT Timah Tbk untuk melindungi serta melestarikan flora dan fauna,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf.

Melalui program ini, PT Timah Tbk mengelola keanekaragaman hayati (kehati) untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari kegiatan usaha pertambangan dan pemurnian timah. Program Hutan Kehati telah dilakukan di beberapa wilayah, seperti di Unit Metalurgi Muntok Bangka Barat dan Unit Metalurgi Kundur di Kabupaten Karimun.

PT Timah Tbk melestarikan berbagai jenis flora dan fauna endemik. Flora dan fauna berperan penting bagi keseimbangan ekosistem di dalamnya.
Selain mengelola, PT Timah Tbk juga melakukan pemantauan di Hutan Kehati. Anggota Grup MIND ID ini mengukur biomassa serta memantau jenis flora dan fauna yang ada di kawasan itu.

Wilayah program ini ditumbuhi berbagai pohon. Bahkan di Unit Metalurgi Muntok, kawasan program ini juga dijadikan hutan kota.

Manfaat program ini pun tak hanya sebatas pada fungsi ekologis. Lebih jauh lagi, program Hutan Kehati dari PT Timah Tbk juga menjadi sarana peningkatan pengetahuan, penyebaran informasi atau studi banding, serta berkontribusi terhadap masyarakat sekitar operasinal.

Baru-baru ini, Kader Adiwiyata Kabupaten Bangka Barat melakukan studi lapangan ke Hutan Kota Kehati di Kawasan Unit Metalurgi Muntok PT Timah Tbk. Menurut Dinas Lingkungan Hidup Bangka Barat, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan para pelajar agar bisa menumbuhkan perilaku cinta lingkungan dan memanfaatkan hutan konservasi.

Melalui kegiatan tersebut, pelajar bisa mendapat pengetahuan tentang melindungi alam dan mencintai hewan. Selain itu, para pelajar juga bisa menambah wawasan tentang manfaat konservasi, salah satunya dengan menyadari bahwa banyaknya pohon yang tertata rapi bisa menjaga ketersediaan air dan udara bersih yang akan meningkatkan kualitas hidup manusia.

Sekilas MIND ID

 BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) melalui entitas PT Mineral Industri Indonesia (Persero) memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia; PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia.
 MIND ID terus membangun ekosistem pertambangan berkelanjutan, menjadi pelopor Program Dekarbonisasi, sekaligus ujung tombak Hilirisasi Produk Pertambangan.

MIND ID mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Baca Juga: Akan Caplok 14% Saham Vale (INCO), Begini Kinerja MIND ID Per Semester I 2023

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved