June
04
2024
     22:04

HSBC Indonesia Memberikan Green and Social Loan Sebesar USD 30 juta kepada eFishery

HSBC Indonesia Memberikan Green and Social Loan Sebesar USD 30 juta kepada eFishery
ILUSTRASI. (Kiri - kanan) Steve Andoko, Head of Corporate, Wholesale Banking HSBC Indonesia, Gibran Huzaifah, CEO & Co-FOunder eFishery dan Riko Tasmaya, Managing Director Head of Wholesale Banking HSBC Indonesia saat meneken MoU Green and Social Loan sebesar USD30 juta.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  PT Bank HSBC Indonesia (“HSBC Indonesia”) memberikan Green and Social Loan sebesar USD30 juta untuk mendukung kebutuhan modal kerja bagi eFishery, pionir aquatech di Indonesia dan startup intelijen akuakultur pertama di Asia Tenggara.

HSBC Indonesia juga diberi mandat sebagai Sustainable Finance Coordinator untuk eFishery guna membantu ambisi perusahaan untuk mengintegrasikan aspek-aspek ESG dalam operasi bisnis mereka.

Green and Social Loan ini akan memungkinkan eFishery untuk memperluas armada eFeeder mereka, inovasi teknologi pertama eFishery berupa perangkat pemberian pakan otomatis menggunakan AIoT (Artificial Intelligence of Things), yang akan disewakan kepada ratusan ribu pembudidaya ikan skala kecil dalam jaringan mereka.

Dengan menggunakan eFeeder, pembudidaya ikan dapat meningkatkan efisiensi pakan hingga 30% dan kapasitas produksi hingga 25%. Sebagai imbal baliknya, para pembudidaya skala kecil ini akan memiliki akses yang lebih luas untuk memasarkan hasil budidaya perikanan mereka dengan harga yang wajar, dan meningkatkan penjualan karena berat ikan akan lebih merata sehingga mampu meningkatkan harga jualnya, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan penghidupan mereka.

Gibran Huzaifah, salah satu pendiri dan CEO eFishery, mengatakan, “Green and Social Loan dari HSBC Indonesia ini merupakan langkah yang penting dalam misi kami merevolusi industri akuakultur di Indonesia. Pendanaan ini akan memungkinkan kami memperluas armada eFeeder dan memberdayakan pembudidaya ikan dan petambak udang skala kecil dengan teknologi dan sumber daya yang mereka perlukan, agar lebih produktif dan berkelanjutan. Kami yakin kemitraan dengan HSBC ini akan membantu kami mencapai ambisi pertumbuhan dan membangun sektor akuakultur yang berkembang di Indonesia.”

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia merupakan produsen ikan terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok. Pada tahun 2022, perikanan dan industri perikanan diperkirakan memberikan kontribusi sekitar 2,6 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia.1

Namun, sebagian besar konsumsi ikan dalam negeri Indonesia berasal dari perikanan skala kecil, bukan industri perikanan yang menghasilkan sebagian besar ekspor perikanan. Nelayan tradisional ini mempunyai peran penting dalam perekonomian negara karena mereka merupakan 90 persen dari seluruh nelayan di Indonesia. 2

Riko Tasmaya, Managing Director Head of Wholesale Banking, PT Bank HSBC Indonesia, mengatakan, “Kami bangga dapat mendukung eFishery dalam mengembangkan bisnisnya guna menjangkau lebih banyak pembudidaya skala kecil di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan bagian dari ambisi kami untuk mendukung pertumbuhan sektor ekonomi baru berbasis platform di Indonesia, sekaligus mendukung sektor akuakultur di Indonesia untuk menerapkan praktik berkelanjutan di sepanjang rantai pasokannya.”

eFishery merevolusi metode budidaya tambak tradisional dan memberikan solusi mutakhir dalam ekosistem akuakultur, dengan menawarkan platform menyeluruh yang memberikan para pembudiaya dan petambak akses pada teknologi, pakan yang kompetitif, pembiayaan, dan pasar untuk ikan mereka.

Dengan platform eFeeder dari eFishery, pembudidaya ikan dapat mengatur jadwal pemberian pakan, menerima rekomendasi pemberian pakan, dan mencatat data pemberian pakan menggunakan ponsel mereka. Selain itu, eFeeder juga mendukung Pembudidaya ikan untuk mengadopsi metode budidaya ikan yang lebih berkelanjutan yang meningkatkan kualitas air, dengan mengurangi kontaminasi air dan limbah dari siklus pemberian pakan yang tidak efisien, mengoptimalkan input, serta meningkatkan distribusi pakan.

Baca Juga: Allianz Life Gandeng HSBC Luncurkan Produk Asuransi Warisan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved