February
23
2024
     15:07

Hari Peduli Sampah Nasional, Grup MIND ID Terus Upayakan Program Pengelolaan Sampah

Hari Peduli Sampah Nasional, Grup MIND ID Terus Upayakan Program Pengelolaan Sampah
ILUSTRASI. BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID telah melakukan sejumlah program dalam upaya pengelolaan sampah. Sejalan dengan Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari, MIND ID mencoba merangkum berbagai program dan kegiatan tersebut.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID telah melakukan sejumlah program dalam upaya pengelolaan sampah. Sejalan dengan Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari, MIND ID mencoba merangkum berbagai program dan kegiatan tersebut.

“Sesuai dengan visi good mining practices for sustainability, pengelolaan sampah menjadi salah satu dari enam aspek utama dalam hal pengelolaan SDG’s 2030,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf.

Grup MIND ID PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dalam upaya pengelolaan sampah telah memberikan bantuan mesin pemusnah sampah untuk Kabupaten Muara Enim. Mesin ini berkapasitas produksi 50-60 ton per hari.

Mesin pemusnah sampah produksi PT Indo Power Internasional (IPI) jenis Sistem Konversi Limbah Lanjutan (Advance Waste System/AWS) tipe 50 ini mampu mengolah sampah menjadi sumber energi alternatif, pupuk, dan media tanam. Hal ini dapat mempermudah masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang semakin asri dan lestari.

Masih dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Grup MIND ID PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Pemkab melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar aksi bersih-bersih Kota Timika. Kegiatan yang digelar pada 17 Februari 2024 ini dihadiri oleh perwakilan kampus di Timika, Alumnus Alam Lestari Angkatan 18, KAMGAS, KARAKA, GBI SION, PAM GKI Ebenhezer, PAM GKI Pengharapan Amor, PAM GKI Viadolorosa, PAM GKI PNIEL, PAM GKI Marthen Luther, BKPRMI, KWARCAB Mimika, PERSEMI, KARAKAS, HAPAK, PMI, KKFC, Pemuda Kuala Kencana, PPGPI Timika, dan ALL Star Persemi.

Aksi bersih-bersih kota dimulai dari Eks Pasar Swadaya Timika, kemudian berlanjut ke Jalan Bougenville, Jalan Koperapoka, Eks Pasar Lama, Jalan Budi Utomo, Jalan Serui Mekar, lalu berkumpul kembali di Eks Pasar Swadaya. Dengan mengajak kelompok-kelompok masyarakat dalam kegiatan bersih-bersih sampah ini, perusahaan berharap informasi tentang sampah dapat dibagikan kepada masayarakat lebih luas.

Selanjutnya, Grup MIND ID PT Aneka Tambang Tbk (Antam) juga berupaya ikut serta dalam pengelolaan sampah perkotaan melalui program Bank Sampah Pintar. Program PT Antam Tbk melalui UBPP Logam Mulia ini membentuk kelompok peduli sampah sejak 2017.

Bank Sampah Pintar memberikan akses kepada masyarakat untuk mengubah sampah menjadi lebih bernilai ekonomi. Sistem kerja Bank Sampah Pintar mengadopsi sistem menabung di bank konvensional.

Tak ketinggalan, Grup MIND ID PT Timah Tbk telah membangun 21 unit toilet dan tempat sampah di Kabupaten Belitung. Dari jumlah tersebut, 16 unit toilet dan tempat sampah ada di Desa Badau, sedangkan lima unit lainnya berada di Desa Cerucuk.

Selanjutnya, Grup MIND ID PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) telah mengucurkan dana CSR/TJSL untuk aksi peduli lingkungan di Desa Tangga dan Pintu Pohan Meranti. Perusahaan memfokuskan bantuan untuk hal-hal yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan, khususnya di kawasan Danau Toba.
Dalam aksi Inalum di Hati, perusahaan telah melangsungkan dua kegiatan, yakni Aksi Bersih Sampah serta Bagi Bibit dan Tanam Pohon. Adapun Aksi Bersih Sampah digelar di lokasi wisata Air Terjun Ponot, Desa Tangga, Kabupaten Asahan, pada 14 November 2023 lalu.

Hari Peduli Sampah Nasional menjadi momen tepat untuk merefleksikan diri dan mengingat bagaimana sampah dapat merusak lingkungan. Dalam kegiatan ini juga dijelaskan bahwa peringatan hari ini sekaligus sebagai momen pengingat peristiwa longsor sampah di TPA Leuwigajah Jawa Barat 19 tahun lalu yang dipicu curah hujan tinggi.

Sekilas MIND ID
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) melalui entitas PT Mineral Industri Indonesia (Persero) memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia; PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia.
MIND ID terus membangun ekosistem pertambangan berkelanjutan, menjadi pelopor Program Dekarbonisasi, sekaligus ujung tombak Hilirisasi Produk Pertambangan.

MIND ID mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Baca Juga: Dorong Pelestarian Lingkungan, Grup MIND ID Lakukan Aksi Penanaman Mangrove

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved