November
10
2022
     09:18

Hari Pahlawan, Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dukung UMKM Lokal Jadi Pahlawan Ekonomi

Hari Pahlawan, Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dukung UMKM Lokal Jadi Pahlawan Ekonomi
ILUSTRASI. Acara Virtual Media Briefing Tokopedia Sambut Hari Pahlawan dengan tema ?UMKM Lokal Tokopedia Berdayakan Masyarakat Sekitar, Jadi Pahlawan Ekonomi Nasional?

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menyambut Hari Pahlawan 10 November 2022, Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal berupaya membantu sekitar 12 juta pegiat usaha di Indonesia, yang hampir 100%nya UMKM lokal, menjadi pahlawan ekonomi.

Hyperlocal merupakan inisiatif Tokopedia untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang (tanpa harus pindah ke kota besar), dan pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien.

“Inisiatif Hyperlocal memiliki berbagai contoh manifestasi, seperti layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) Dilayani Tokopedia, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), kampanye PASTI (Paket Sehari Tiba) dan masih banyak lagi yang dapat dimanfaatkan oleh para pegiat lokal,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Bawa Dampak Positif untuk UMKM Lokal

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga telah mendukung tumbuh kembang UMKM lokal. Terbukti dari jumlah penjual yang memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia naik lebih dari 1,5x lipat selama kuartal III 2022 dibanding kuartal III 2021. Peningkatan ini juga mendorong jumlah pembeli yang bertransaksi dengan penjual yang menggunakan layanan Dilayani Tokopedia naik lebih dari 2x lipat.

“Selain di Dilayani Tokopedia, kami juga melihat jumlah transaksi dan penjual yang mengikuti kampanye PASTI dan KTP masing-masing melonjak lebih dari 1,5x lipat,” ungkap Head of Regional Growth Expansion (RGX) Central Tokopedia, Nafisah Wulandari.

“Di sisi lain, kecamatan dengan pertumbuhan transaksi tertinggi melalui Tokopedia selama kuartal III 2022 dibanding kuartal III 2021, antara lain Kutowinangun di Jawa Tengah, Eremerasa, Sanrobone, Arungkeke di Sulawesi Selatan dan Indrapuri di D.I Aceh,” tambah Nafisah.

Tercatat pula beberapa kategori paling laris selama kuartal III 2022 di berbagai wilayah di Indonesia:
●    Sumatra, Jawa: Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Elektronik dan Fesyen
●    Bali, Nusa Tenggara: Rumah Tangga, Elektronik, Fesyen, Kesehatan, Makanan dan Minuman
●    Kalimantan, Sulawesi: Rumah Tangga, Elektronik, Fesyen, Kesehatan dan Otomotif
●    Kepulauan Maluku, Papua: Elektronik, Fesyen, Kesehatan, Rumah Tangga dan Otomotif

Tea Heaven (Sukabumi), Bakso Damas (Malang) dan Madu Bantal (Banjarbaru) adalah contoh UMKM lokal di Tokopedia sekaligus pahlawan ekonomi yang memberdayakan masyarakat sekitar.

Jadi Pahlawan Ekonomi, Tiga UMKM di Tokopedia Berdayakan Masyarakat

Sejak bergabung di Tokopedia, Tea Heaven terus melakukan berbagai inovasi salah satunya dengan menambah variasi produk. Kini, Tea Heaven telah memiliki 100 varian teh di Tokopedia. Pemilik Tea Heaven, Devina Amelia mengatakan, “Kami memberdayakan ratusan petani teh di lebih dari 20 perkebunan di seluruh Indonesia, di antaranya Bantul, Garut, Ciwidey, Padang, Bali dan masih banyak lagi.”

Sementara penjualan Bakso Damas, usaha keluarga yang dilanjutkan oleh Angga Setyawan, sempat menurun hingga 60% pada awal pandemi. “Namun kondisi tersebut justru bukan penghalang. Berkat Tokopedia, omzet online kami bisa tetap naik dan berhasil mempertahankan sekitar 30 karyawan kami yang kebanyakan adalah tulang punggung keluarga,” kata Angga.

Sedangkan Pemilik Madu Bantal, Chairul Mufti, memberdayakan 5 kepala keluarga sekaligus peternak lokal madu. Ia juga berkolaborasi dengan sejumlah perajin purun khas Kalimantan Selatan untuk membuat kemasan madu. “Kini 70% omzet Madu Bantal berasal dari penjualan di Tokopedia, dengan rata-rata penjualan per bulan mencapai puluhan juta rupiah,” ujar Chairul.

Profil Para Pegiat Usaha
Pemilik Usaha Tea Heaven (Sukabumi), Alexandra Devina Amelia

●    Misi Tea Heaven adalah memperkenalkan teh lokal berkualitas premium (murni organik tanpa tambahan zat kimia), dan gaya hidup lebih sehat.
●    Sejak bergabung di Tokopedia, Tea Heaven terus mengalami peningkatan penjualan. Bahkan 70% dari total omzet didapat dari Tokopedia dan berhasil menjangkau pasar, mulai dari Jabodetabek, Sumatra, Bali hingga Papua.
●    Tea Heaven merasa berjualan di Tokopedia sesuai dengan target pasar. Pelanggan baik baru maupun lama membeli lewat tautan Tokopedia karena percaya, cepat, dan mudah.
●    Tea Heaven Indonesia juga memberdayakan perajin bambu terdampak pandemi (karena banyaknya restoran yang tutup) untuk membuat kemasan bambu yang berkualitas.

Pemilik Usaha Bakso Damas (Malang), Angga Setyawan

●    Bakso Damas merupakan usaha bakso Malang yang dirintis oleh Aryo Damas pada 1993, dan diteruskan oleh anaknya, Angga Setyawan.
●    Bakso Damas berawal sebagai usaha bakso keliling menggunakan sepeda kayuh. Tingginya animo masyarakat terhadap Bakso Damas, membuat Damas memutuskan untuk membuka outlet bakso sendiri di 1995.
●    Bakso Damas menjadi pencetus sistem makan bakso prasmanan di Malang.
●    Dengan membawa semangat inovasi, Bakso Damas telah memiliki 30 varian produk dan telah membuat bakso frozen yang dijual di Tokopedia untuk menjangkau masyarakat di luar Malang.
●    Bakso Damas mengikuti berbagai kampanye Tokopedia seperti KTP.

Pemilik Usaha Madu Bantal (Banjarbaru), Chairul Mufti

●    Madu Bantal merupakan usaha rumahan yang didirikan oleh Chairul Mufti pada 2015 dengan komitmen memberdayakan para peternak madu.
●    Madu Bantal menjual madu asli hutan Kalimantan, seperti madu lebah, madu kelulut/klanceng, bee polen dan propolis blok.
●    Demi menjangkau pasar yang lebih luas (di luar Kalimantan Selatan), Chairul mulai memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia.
●    Dengan memanfaatkan beragam fitur di Tokopedia, mulai dari fitur beriklan TopAds, Bebas Ongkir bahkan Voucher Toko, Chairul bisa meningkatkan omzet hingga mencapai rata-rata puluhan juta rupiah bulan.

Baca Juga: Tokopedia Beauty Awards 2022 Kembali Hadir, Kupas Tuntas 5 Mitos dan Fakta Kecantikan

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved