May
02
2024
     20:10

Hardiknas 2024, MIND ID Beri Pelatihan Keterampilan pada Masyarakat

Hardiknas 2024, MIND ID Beri Pelatihan Keterampilan pada Masyarakat
ILUSTRASI. Peringati Hardiknas anggota grup MIND ID seperti PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), yang menyelenggarakan berbagai program peningkatan kapasitas diri bagi warga sekitar perusahaan.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia atau Mining Industry Indonesia (MIND ID) konsisten menggelar program peningkatan kapasitas masyarakat lewat berbagai pelatihan keterampilan.

Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 kali ini, holding terus menunjukkan komitmen dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia di Indonesia.

Bentuk komitmen tersebut terlihat dari sejumlah inisiatif yang berdampak positif pada beragam segmen masyarakat melalui program pelatihan keterampilan.
Program ini  bertujuan untuk meningkatkan kesempatan kerja dan kualitas hidup masyarakat terutama di sekitar operasional tambang.

“MIND ID berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pembangunan SDM termasuk meningkatkan kesempatan kerja dan kesejahteraan hidup masyarakat,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf.

Salah satu langkah nyata yang diambil adalah melalui anggota grup MIND ID seperti PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), yang menyelenggarakan berbagai program peningkatan kapasitas diri bagi warga sekitar perusahaan.

PTBA misalnya, menggelar pelatihan boarding berbasis LAS-SMAW 4G dengan memberangkatkan 16 orang ke BBPVP Serang, Banten. Pelatihan tersebut merupakan kerja sama antara PTBA dengan Balai Latihan kerja Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan.

Peserta pelatihan ini  mendapatkan sertifikat nasional dari BNSP setelah menyelesaikan pelatihan di Kota Serang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja yang siap pakai sesuai dengan kebutuhan industri.

Selain itu, PT Inalum turut memberikan pelatihan  untuk masyarakat terkait keselamatan kerja. Perusahaan menggelar pelatihan K3 Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Ahli Ketinggian kepada pemuda sekitar pabrik peleburan.

Pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan ahli-ahli K3 Ketinggian yang baru, muda, dan terlatih. Program ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kerja yang lebih luas bagi peserta di Indonesia.

Adapun, total penerima manfaat dari berbagai pelatihan keterampilan yang dilakukan MIND ID pada 2023 mencapai 281 orang.

“MIND ID terus membuktikan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan. Ini adalah langkah konkret untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi bangsa dan negara,” kata Heri.

Baca Juga: Grup MIND ID Kompak Bantu Pemerintah Perangi Stunting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved