September
30
2023
     10:31

GoRide Transit Solusi Layanan Multimoda Pertama Tawarkan Biaya Perjalanan Lebih Hemat

GoRide Transit Solusi Layanan Multimoda Pertama Tawarkan Biaya Perjalanan Lebih Hemat
ILUSTRASI. Peluncuran GoRide Transit dilakukan pada momentum pameran transportasi dan travel fair Hub Space X KAI Expo 2023 yang diselenggarakan oleh Kemenhub RI dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023 di Jakarta Convention Center.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  Gojek, penyedia layanan on-demand dari PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk (BEI: GOTO), secara resmi memperkenalkan GoRide Transit, solusi layanan multimoda pertama di dunia yang mengintegrasikan layanan ride-hailing dan transportasi publik dalam satu transaksi. Peluncuran dilakukan pada momentum pameran transportasi dan travel fair Hub Space X KAI Expo 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023 di Jakarta Convention Center.

GoRide Transit menghadirkan integrasi holistik antara layanan ride-hailing dengan transportasi publik, di mana dalam satu transaksi, pengguna dapat memesan GoRide menuju stasiun, membeli tiket layanan transportasi publik (KRL Commuterline) dan melanjutkan perjalanan dari stasiun ke tujuan akhir dengan GoRide. GoRide Transit membuat biaya perjalanan lebih hemat, mudah, dan cepat. GoRide Transit saat ini dapat melayani pengguna di 82 stasiun KRL Jabodetabek.

Patrick Walujo, Direktur Utama Grup GoTo mengatakan, “Kami bersyukur dapat meluncurkan  GoRide Transit, layanan pertama di dunia yang mengintegrasikan layanan ride-hailing dengan transportasi umum dalam satu transaksi. Keberadaan GoRide Transit sejalan dengan strategi Grup GoTo dalam menghadirkan variasi produk untuk menjangkau kelompok konsumen yang lebih luas lagi, sehingga produk Gojek dapat semakin dimanfaatkan oleh seluruh segmen konsumen, khususnya di kalangan pengguna transportasi publik.

Lewat GoRide Transit, kami turut mendukung upaya pemerintah tingkatkan penggunaan layanan transportasi publik dengan memberikan pengalaman mobilitas yang lebih mudah, lebih cepat dan lebih hemat. Kami berharap kehadiran GoRide Transit  dapat mendorong penggunaan transportasi publik lebih jauh serta membantu mewujudkan mobilitas ramah lingkungan dan berkelanjutan sesuai dengan Komitmen Three Zeros Grup GoTo."

Catherine Hindra Sutjahyo, Presiden Unit Bisnis On-Demand Services GoTo, “Sebagai perusahaan layanan on demand yang lahir dan tumbuh di Indonesia, Gojek paling memahami berbagai tantangan masyarakat sehingga mampu menciptakan solusi yang paling relevan bagi tantangan pengguna di Indonesia. Solusi ini termasuk memberikan alternatif mobilitas di tengah kepadatan lalu lintas, dengan biaya perjalanan yang lebih hemat.

Peluncuran inovasi GoRide Transit, menekankan posisi Gojek sebagai pionir solusi mobilitas antar moda transportasi yang hemat biaya, waktu, serta menawarkan kemudahan lewat integrasi layanan GoRide dan transportasi publik dalam satu transaksi sekaligus.”

Layanan GoRide Transit menawarkan tiga manfaat sekaligus yang dapat dirasakan pengguna:

1.Lebih Hemat

Biaya perjalanan dapat lebih hemat untuk perjalanan jauh dari wilayah sub-urban seperti Bogor, Bekasi, Tangerang menuju pusat bisnis di Jakarta maupun sebaliknya. Penelitian Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (PUSTRAL UGM) mengungkap, pengguna yang memanfaatkan GoRide Transit dapat berhemat hingga 27% per-perjalanan dibanding pola perjalanan sebelum mereka menggunakan GoRide Transit. Selain itu, biaya perjalanan semakin murah dengan memasukkan kode promo GOSTASIUN yang Gojek berikan khusus untuk perjalanan dari dan menuju stasiun.

2.Lebih Cepat

Perjalanan semakin cepat berkat pemesanan layanan transportasi first-mile dan last-mile GoRide yang dilakukan dalam satu transaksi sekaligus dengan pembelian tiket transportasi publik. Dalam penelitian PUSTRAL UGM, dengan melakukan perjalanan multimoda waktu tempuh perjalanan berkurang 15% dibanding pola perjalanan sebelum menggunakan GoRide Transit.

3.Lebih Mudah

Manfaat efisiensi yang didapat dari menghemat biaya dan waktu, dapat diakses dengan mudah dalam satu transaksi. Tak hanya terintegrasi dengan pembayaran nontunai, fitur ini juga terintegrasi dengan journey planner atau panduan perjalanan lengkap bagi pengguna mulai dari estimasi waktu perjalanan, rekomendasi rute dan lokasi stasiun yang dilalui, hingga panduan untuk mengakses layanan last-mile GoRide.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi menyambut baik inisiatif Gojek untuk mengintegrasikan layanan ride-hailing (transportasi daring) dengan angkutan massal KRL Commuterline Jabodetabek. "Pemerintah terus mendorong inovasi layanan transportasi daring sebagai angkutan first mile dan last mile (dari rumah ke stasiun dan dari stasiun ke kantor) dengan tarif yang terjangkau dan dengan menggunakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Diharapkan layanan ini semakin memudahkan mobilitas masyarakat, mendukung peningkatan penggunaan angkutan massal, dan menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan kemacetan dan polusi udara di wilayah perkotaan."

Sebelumnya, penelitian PUSTRAL UGM juga mengungkapkan solusi multimoda Gojek mendorong naiknya minat masyarakat menggunakan transportasi publik secara mudah dan murah. Riset menunjukkan peningkatan perpindahan pengguna layanan Gojek ke KRL sebesar 38,3%, dari pola perjalanan sebelum menggunakan solusi multimoda Gojek. Di sisi lain dengan, kombinasi perjalanan seperti ini berkontribusi mengurangi emisi penggunaan kendaraan bermotor pribadi hingga 5.057 ton sepanjang 2022.

Tentang Gojek

Gojek adalah unit bisnis on-demand service dari grup GoTo atau PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (BEI: GOTO) pelopor model ekosistem multi-layanan, termasuk transportasi, pengiriman makanan, logistik, dan lainnya. Gojek didirikan dengan prinsip memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen ke penyedia barang dan jasa terbaik di pasar.

Perusahaan ini didirikan tahun 2010 dengan fokus pada layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua, sebelum meluncurkan aplikasi pada 2015 di Indonesia. Sejak itu, Gojek berkembang menjadi platform on-demand terkemuka di Indonesia dengan penambahan wilayah operasi di Vietnam dan Singapura. Saat ini, Gojek memiliki lebih dari 2,7 juta mitra driver. Gojek merupakan bagian dari GoTo Group, ekosistem digital terbesar di Indonesia, yang terdiri dari Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

Gojek berkomitmen selalu menghadirkan solusi guna memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca Juga: Sasar Segmen Korporasi, Gojek Kembangkan Fitur dan Layanan GoCorp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved