September
18
2023
     14:20

Geologging, Aplikasi Digital Berbasis AI yang Dikembangkan MIND ID dan Antam

Geologging, Aplikasi Digital Berbasis AI yang Dikembangkan MIND ID dan Antam
ILUSTRASI. MIND ID bersama salah satu anggotanya, PT Aneka Tambang Tbk (Antam), telah melakukan uji coba aplikasi Geologging, yakni aplikasi digital data capturing dengan teknologi dan machine learning untuk kegiatan eksplorasi.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID menjawab tantangan era revolusi industri 4.0 dengan digitalisasi pertambangan. Hal ini sebagai bentuk dukungan MIND ID terhadap smart mining.

“Sederet inisiatif digitalisasi pertambangan yang dilakukan MIND ID sekaligus dapat membuat kinerja perusahaan lebih efektif dan efisien,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf.

Salah satu proyek inisiasi yang telah dijalankan MIND ID adalah uji coba aplikasi Geologging. MIND ID bersama salah satu anggotanya, PT Aneka Tambang Tbk (Antam), telah melakukan uji coba aplikasi Geologging, yakni aplikasi digital data capturing dengan teknologi dan machine learning untuk kegiatan eksplorasi.

Aplikasi ini dikembangkan oleh tim Safepedia, salah satu pemenang kompetisi inovasi MIND ID Goes Digital 2021. Safepedia beranggotakan lima orang yang berpengalaman di bidang digital, khususnya sektor health, safety, environment, dan database eksplorasi tambang, yakni Munsi Liano dan Agung Banyu sebagai Hacker, Ari Soeldjana dan Aditya Pratomo sebagai Hustler, dan Agus Tri sebagai Hipster.

“Geologging menjadi salah satu bentuk digitalisasi pertambangan yang sejalan dengan komitmen Grup MIND ID dalam mendorong smart mining. Selain itu, hal ini sekaligus untuk menjawab tantangan era revolusi industri 4.0,” tuturnya.

Uji coba aplikasi Geologging ini dilakukan di kegiatan eksplorasi Antam, Unit Bisnis Pertambangan Emas di Jawa Barat. Uji coba ini menjadi salah satu wujud komitmen Grup MIND ID dalam mendorong smart mining untuk mengoptimalkan proses bisnis dan operasional perusahaan.

Salah satu yang menjadi fokus uji coba aplikasi ini adalah mengolaborasikan fitur Artificial Inteligence (AI) Geologging dengan aplikasi digital yang sudah lebih dulu ada, Rinda Emas. Teknologi AI diharapkan dapat meningkatkan efektivitas eksplorasi Anggota MIND ID.

Melalui kolaborasi ini diharapkan dapat membantu meminimalisir kesalahan input, meningkatkan efisiensi dengan cara mempersingkat proses pengumpulan data, serta mampu meningkatkan kualitas dan standarisasi data geologi sekaligus data aktivitas pengeboran. Implementasi uji coba ini berfokus pada tiga hal, yaitu penyesuaian field dalam aplikasi Geologging sesuai dengan kebutuhan dari petugas di lapangan, kolaborasi fitur AI pada Geologging dengan aplikasi digital Rinda Emas, dan melakukan uji coba secara langsung.

Penggunaan AI pada Core Logging atau proses bisnis eksplorasi masih sangat minim, sehingga diperlukan trial and error. Adapun aplikasi Rinda Emas dikembangkan dari latar belakang adanya risiko kesalahan pencatatan data (typo error), minimnya teknologi untuk mendukung efisiensi di dunia eksplorasi, serta kurangnya optimalisasi dalam pengambilan data pada kegiatan eksplorasi secara digital.

Kolaborasi antara Rinda Emas dan Geologging diharapkan dapat membantu meminimalisasir kesalahan input. Selain itu, juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dengan cara mempersingkat proses data collecting, meningkatkan kualitas dan standarisasi data geologi serta data aktivitas pengeboran.

Kehadiran Geologging ini dapat mempercepat dan mengalkulasi sampel batuan hasil pemboran (core), seperti Rock Quality Designation (RQD), Core Recovery, dan lainnya.

Geologging memiliki tiga fitur, yaitu Safety Inspection, Proses Pengeboran, dan Foto Core yang dilengkapi AI. Aplikasi ini diharapkan bisa menjadi problem solver untuk efisiensi dan optimalisasi aktivitas eksplorasi Grup MIND ID.

Terkait keamanan siber dan privasi data, MIND ID menganggap hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan bisnis. Oleh sebab itu, MIND ID telah mengimplementasikan berbagai inisiatif untuk meningkatkan keamanan siber dan privasi data.

Untuk mendukung perlindungan keamanan siber dan privasi data tersebut, MIND ID telah mengantongi berbagai sertifikat ISO. MIND ID dan anggotanya telah tersertifikasi ISO 27001 Information Security Management Systems (ISMS).

Adapun kantor pusat MIND ID berhasil tersertifikasi ISO 27001 pada 15 Agustus 2022. Pada Agustus 2022, Inalum juga mendapat sertifikasi ISO 27001.

Dalam implementasi sistem manajemen keamanan informasi, seluruh anggota MIND ID telah melaksanakan audit keamanan atau vulnerability assessment (tes penetrasi) kepada sistem perusahaan, produk, dan data pengguna, baik secara internal maupun eksternal. Terbukti, pada 2022 tidak terdapat serangan siber dan pelanggaran terhadap privasi pelanggan yang terjadi pada seluruh anggota MIND ID.

Perusahaan akan terus mendorong terciptanya inovasi di setiap kegiatan operasional untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber daya dan cadangan mineral Grup MIND ID. Perusahaan terus mendorong lahirnya ide dan inovasi yang membuat proses bisnis industri tambang menjadi lebih efisien, efektif, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

Sekilas MIND ID
 
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) melalui entitas PT Mineral Industri Indonesia (Persero) memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia; PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

MIND ID terus membangun ekosistem pertambangan berkelanjutan, menjadi pelopor Program Dekarbonisasi, sekaligus ujung tombak Hilirisasi Produk Pertambangan.
 
MIND ID mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Baca Juga: Dukung Hilirisasi Mineral, MIND ID Geber Proyek Smelter Grade Alumina Refinery

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved