June
04
2024
     14:27

Gelar Jelajah Kuliner Nusantara, PTPN Dorong UMKM Sumut Agar Naik Kelas

Gelar Jelajah Kuliner Nusantara, PTPN Dorong UMKM Sumut Agar Naik Kelas
ILUSTRASI. Sub Holding Perkebunan PTPN III (Persero), PT PerkebunanNusantara IV PalmCo bersama BUMN memberikan stimulus kepada ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Sumatera Utara Nasional dengan menggelar Bazaar Jelajah Kuliner Nusantara di Medan.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sub Holding Perkebunan PTPN III (Persero), PT Perkebunan Nusantara IV PalmCo bersama BUMN memberikan stimulus kepada ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Sumatera Utara Nasional dengan menggelar Bazaar Jelajah Kuliner Nusantara di Medan. Acara yang digelar selama tiga hari mulai 31 Mei hingga 2 Juni ini berhasil membukukan lebih dari 4.500 transaksi dengan nilai transaksi mencapai hampir setengah miliar Rupiah.

Melalui keterangan tertulisnya, Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV PalmCo Irwan Perangin-angin di Jakarta (04/06) menyatakan Bazaar yang menghadirkan puluhan menu nusantara dari UMKM setempat itu merupakan komitmen dan kontribusi nyata BUMN dalam mendukung pelaku usaha kecil di bidang kuliner.

”Harapannya kawan-kawan UMKM dapat naik kelas,” sebut Irwan. ”Dengan Jelajah Kuliner Nusantara hasil kolaborasi BUMN didukung Kementerian BUMN, semoga ini bisa menjadi stimulus positif bagi semuanya,” tambahnya.

Acara JKN yang menyungsung tema ’’Petualangan Kulinermu Dimulai dari Sini” merupakan sinergi beberapa perusahaan BUMN (terdiri dari PTPN Grup, Bank Syariah Indonesia, PT KAI, PT Pos Indonesia, PT Inalum, dan PT Bukit Asam) juga menghadirkan lebih dari 80 jenis sajian beragam khas Nusantara yang autentik.

”Kita percaya dengan rasa khas nusantara ini, maka bisa menjadi pengalaman kuliner yang tidak terlupakan bagi pengunjung. Dan meningkatkan awarness serta minat belanja masyarakat terhadap produk-produk UMKM melalui Pasar Dgital (PaDi) UMKM,” kata Irwan.

Tercatat, dalam gelaran Bazar JKN tersebut terjadi 4.543 transaksi dimana 4.508 transaksi Pre Order PaDi senilai Rp 414 jutua, dan 16 transaksi PO Retail dan Buyer Grup Rp 5 juta. JKN Medan sendiri merupakan gelaran kedua setelah sebelumnya acara serupa dilaksanakan di kota Bandung, 24 – 26 Mei 2024 UMKM ini merupakan bagian dari komitmen dan konsistensi BUMN meningkatkan peran penting UMKN yang menjadi tulang punggung dalam perekonomian nasional melalui kontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. JKN sendiri mengikutsertakan UMKM binaan Rumah BUMN dari masing-masing BUMN penyelenggara.

”Rumah BUMN adalah wadah bagi para pelaku UMKM yang dibina oleh perusahaanperusahaan negara untuk memfasilitasi UMKM agar naik kelas, mulai dari menerima pelatihan, pendampingan, pemenuhan legalitas usaha. Termasuk acara Bazaar JKN yang mampu mendatangkan konsumen yang kita harapkan merangsang pertumbuhan mereka,” lanjutnya.

Selain dapat menyantap berbagai makanan unik khas Nusantara, pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai penampilan musik dari artis nasional Idgitaf dan Stevan Pasaribu, penampilan musik tradisional Batak Karo yaitu Kulcapi dari Jacky Sembiring. Selain itu juga terdapat pertunjukan memasak secara langsung dari Yulita Master Chef Indonesia Season 5, Kompetisi Barista, Pameran Cosplay, dan Talkshow Expert Talk dari Pengusaha Nasional Gufron Syarif CEO & Founder Haus Indonesia.

Mengenai PT Perkebunan Nusantara III (Persero):

PT Perkebunan Nusantara III (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang usaha agro bisnis, terutama komoditas kelapa sawit dan karet. Perseroan didirikan pada 11 Maret 1996 berdasarkan hukum pendirian merujuk pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 8 tahun 1996 tanggal 14 Februari 1996. Pemerintah kemudian mengubah pengelolaan bisnis BUMN Perkebunan dengan menunjuk Perseroan sebagai induk dari seluruh BUMN Perkebunan di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2014 tanggal 17 September 2014.

Sebagai perusahaan induk (holding company) BUMN di sektor perkebunan, Perseroan saat ini menjadi pemegang saham mayoritas dari 3 sub holding yaitu Supporting Co (PTPN I), Palm Co (PTPN IV) dan Sugar Co (PT Sinergi Gula Nusantara).

Selain itu terdapat anak perusahaan di bidang pemasaran produk perkebunan yaitu PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (PT KPBN), anak perusahaan di bidang riset dan pengembangan komoditas perkebunan yaitu PT Riset Perkebunan Nusantara (PT RPN) serta anak perusahaan lainnya yaitu PT LPP Agro Nusantara (LPPAN), PT Industri Nabati Lestari (INL), PT Kawasan Industri Nusantara (KINRA), PT Industri Karet Nusantara (IKN), PT Bio Industri Nusantara (BIONUSA), dan PT Sri Pamela Medika Nusantara (SPMN).

Saat ini Perseroan secara konsolidasian merupakan salah satu perusahaan perkebunan terbesar di dunia berdasarkan total lahan konsesi perkebunan. Produk komoditas Perseroan mencakup komoditas anak perusahaan cukup terdiversifikasi antara lain kelapa sawit, karet, tebu, teh, kopi, tembakau dan kakao, serta produk hilirnya masing-masing.

Perseroan saat ini tengah melakukan upaya-upaya transformasi bisnis baik di sektor budidaya tanaman perkebunan (on-farm), pengolahan tanaman perkebunan (off-farm) serta unit-unit pendukungnya guna meningkatkan kinerja maupun produktivitas dan efisiensi bisnis.

Baca Juga: Sosialisasi PSN PTPN Group Dukung Percepatan Hilirisasi dan Swasembada Pangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved