June
13
2022
     17:36

Gelar Beasiswa BEM, Bank Commonwealth Dukung Peningkatan Kapasitas Jurnalis

Gelar Beasiswa BEM, Bank Commonwealth Dukung Peningkatan Kapasitas Jurnalis
ILUSTRASI. Pejalan kaki melintas di depan kantor cabang Bank Commonwealth di Jakarta. KONTAN/Cheppy A. Muchlis

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Commonwealth dan Sekolah Jurnalisme Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menyelenggarakan program beasiswa Banking Editors Masterclass (BEM) 2022. Pada tahun ketiga ini, kegiatan ini mengangkat tema “Masa Depan Industri Perbankan Indonesia di Era Digital”.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jurnalis dalam menghasilkan karya jurnalistik isu ekonomi perbankan, dengan fokus isu industri perbankan di era digital. 

Head of Corporate Communications & Financial Inclusion Bank Commonwealth Bayu Irawan dalam Graduation BEM 2022 mengatakan, disrupsi digital yang berlangsung sangat cepat membawa dampak signifikan di berbagai industri. 

Tidak terkecuali perbankan. Bank dituntut untuk selalu berinovasi dalam mengembangkan layanan digital.

Di sisi lain, jurnalis juga memegang peran penting untuk menyampaikan informasi yang bukan hanya mendalam tetapi juga menarik kepada publik. 

“Oleh karena itu, kami berharap program BEM ini dapat membantu jurnalis, dalam hal ini editor dan reporter senior, memiliki pemahaman dan critical thinking terhadap isu-isu industri perbankan di era digital,” kata Bayu, Senin (13/6).

Baca Juga: Bank Commonwealth Kejar Target Pertumbuhan Aset Reksadana Lebih dari 10%

Setelah menjalani kelas selama hampir dua bulan sejak Februari 2022 hingga Maret 2022, sebanyak 21 editor dan reporter senior dari media cetak, online, dan televisi di berbagai kota di Indonesia telah lulus dari BEM 2022.

Peserta mendapat materi mengenai perbankan dan jurnalisme dari ahlinya, antara lain Deputi Direktur Basel dan Perbankan Internasional Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tony; Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Samuel Abrijani Pangerapan; Director of Agriculture, Entrepreneurship, and Financial Inclusion Mercy Corps Indonesia Andi Ikhwan; dan lainnya.

Peserta juga mendapat dukungan biaya operasional untuk pembuatan tugas akhir berupa karya jurnalistik yang akan dikompilasi dalam bentuk buku.

"Harapan kami, ilmu yang diperoleh para peserta selama program ini dapat ditularkan kepada teman-teman redaksi dan jurnalis di wilayah masing-masing. Dengan demikian kapasitas penulisan berita ekonomi dapat menyebar secara cepat di kalangan jurnalis, serta dapat memberikan solusi kepada masyarakat di tengah persoalan ekonomi pasca-pandemi," papar Ketua Umum AJI Sasmito.

Dalam Graduation BEM 2022, Bank Commonwealth dan AJI mengumumkan tiga The Best Graduates yaitu Herdanang Ahmad Fauzan (Bisnis Indonesia), Dyah Megasari Anjaya (Kompas TV), dan Maizal Walfajri (Kontan). Selain itu, Bank Commonwealth dan AJI juga memberikan penghargaan kepada Ira Guslina (Tempias.com) sebagai The Most Improved Participant.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved