June
20
2022
     14:08

Event Drag Bike Pertamina Mandalika Circuit Selesai, ITDC-MGPA Apresiasi Stakeholder

Event Drag Bike Pertamina Mandalika Circuit Selesai, ITDC-MGPA Apresiasi Stakeholder
ILUSTRASI. ITDC bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yang merupakan bagian dari ITDC Group, bersyukur pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drag Bike pada 18-19 Juni 2022 di Pertamina Mandalika Circuit, Lombok, NTB berjalan dengan baik tanpa kendala.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang kawasan pariwisata di Indonesia, bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yang merupakan bagian dari ITDC Group, bersyukur pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drag Bike pada 18-19 Juni 2022 di Pertamina Mandalika Circuit, Lombok, NTB berjalan dengan baik tanpa kendala.

Event dua hari tersebut berjalan meriah dengan disaksikan total lebih dari 2.200 penonton yang memadati area tribun A dan area Pitlane. Agenda yang telah berjalan terdiri dari free practice, babak penyisihan, exhibition pada hari pertama (18/6) dan race final dan exhibition pada hari kedua (19/6).

Kendaraan yang masuk dalam agenda free practice hingga race final antara lain Bebek Tune Up 4L, Sport Tune Up 2L, Matic Tune Up, Sport 2L Tune Up, Sport 2L Tune Up, Bebek 2T Std, Bebek Standar Porting 4T, Bebek 4T Tune Up, Sport dan Bebek 2T, Bracket 8-10, dan FFA.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menyampaikan, “Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan atas penyelenggaran event selama dua hari ini. Penyelenggaraan event Drag Bike berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya kendala dalam penyelenggaraan event tersebut. Ditotal sebanyak lebih dari 2.200 penonton yang mayoritas berasal dari masyarakat NTB sangat antusias menyaksikan balapan ini.”

Secara keseluruhan, event ini telah diikuti oleh 675 starter yang berasal dari Bali, NTB, NTT dan luar Bali Nusra. Event Drag Race yang dipromotori oleh Blue Corral bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), MGPA, dan melibatkan putra daerah NTB baik sebagai pelaksana acara maupun pendukung acara.

Dukungan yang tak kalah penting adalah dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Lombok Tengah, juga para pelaku industri pariwisata di NTB yang telah mempromosikan hingga meramaikan pelaksanaan event Drag Race di Pertamina Mandalika Circuit.

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan, “Kelancaran event ini juga menunjukkan bahwa masyarakat semakin siap untuk mendukung penyelenggaraan event otomotif. Kami harap antusiasme dan dukungan positif masyarakat NTB khususnya masyarakat Lombok Tengah dalam menyambut setiap event di The Mandalika terus terjaga.”

Kelancaran penyelenggaraan event ini juga membuktikan bahwa Sirkuit memiliki fasilitas pendukung balapan yang lengkap. Permukaan lintasan Sirkuit yang sangat baik disertai dengan adanya area run off yang panjang sehingga dapat dipergunakan berbagai jenis event motorsport. Disamping itu, Sirkuit ini juga dilengkapi dengan 50 garasi pada area Paddock, grandstand untuk tempat duduk penonton yang memadai dan nyaman, akses jalan terowongan (tunnel) bagi penonton, hingga akses pada area inner Circuit yang terus dibenahi.

Selain penyelenggaraan Drag Bike, pada tahun ini, Pertamina Mandalika Circuit akan menjadi tuan rumah sejumlah event internasional seperti Shell Eco Marathon pada bulan Oktober 2022 dan World Superbike pada bulan November 2022. Sebelumnya, Sirkuit ini telah menjadi lokasi penyelenggaraan event World Superbike (2021), MotoGP Official Test (2022) dan MotoGP (2022).

“Kami ingin membawa event-event olahraga bertaraf nasional dan internasional sesuai dengan positioning Kawasan The Mandalika sebagai Sport Tourism Destination, dimana bukan hanya aktivitas pariwisata saja, melainkan juga berolahraga sambil berwisata menikmati keindahan The Mandalika. Semoga event-event berikutnya dapat berjalan dengan lancar dan sukses yang bisa memberikan dampak positif bagi citra Indonesia, terutama bagi Pulau Lombok, NTB,” tutup Bram.

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 48 tahun, Perseroan telah membangun dan mengelola The Nusa Dua, kawasan pariwisata terpadu seluas 350 ha yang berlokasi di Bali bagian selatan, yang menjadi salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia. Dengan infrastruktur, akomodasi, dan fasilitas pertemuan yang berstandar internasional, membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018.

Sejalan dengan strategi Pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata menjadi sumber utama devisa negara dengan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, ITDC ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. Dengan dukungan Pemerintah, ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar.  The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.

Pada tahun 2017 The Mandalika telah resmi beroperasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan sejak itu telah menarik Real Estate Investment sebesar USD 1,3 Milyar. Saat ini, The Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional, salah satunya Mandalika International Street Circuit, yang menjadi tempat penyelenggaraan event balap motor dunia World Superbike dan MotoGP mulai 2021.

ITDC merupakan bagian dari InJourney yang merupakan perusahaan holding pada ekosistem aviasi dan pariwisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved