October
07
2022
     09:12

Equinix Lakukan Ekspansi ke Indonesia untuk Investasi Pusat Data Sebesar USD 74 Juta

Equinix Lakukan Ekspansi ke Indonesia untuk Investasi Pusat Data Sebesar USD 74 Juta
ILUSTRASI. Jeremy Deutsch, Presiden Kawasan Asia-Pasifik Equinix mengatakan pusat data IBX di Jakarta nantinya diharapkan akan memberi pasar bernilai tinggi & strategis penting untuk perluasan jaringan pusat data Equinix yang saling terhubung di seluruh dunia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Untuk mendukung peningkatan permintaan terhadap layanan digital yang penting untuk mendukung bisnis saat ini, Equinix, Inc. (Nasdaq: EQIX), perusahaan infrastruktur digital dunia, hari ini mengumumkan ekspansinya ke Indonesia dengan rencana investasi sebesar US$74 juta untuk pembangunan pusat data International Business ExchangeTM (IBX) di tengah kota Jakarta, guna mendukung pertumbuhan layanan digital yang dianggap penting untuk menopang bisnis saat ini.

Melalui ekspansi ini, Equinix akan memungkinkan perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional yang berada di Indonesia untuk memanfaatkan platform terpercaya dari Equinix untuk menyatukan dan menghubungkan infrastruktur dasar agar dapat memperkuatkan bisnis mereka.

Dengan adanya dorongan digitalisasi bisnis dan masyarakat yang mengerti digital semakin besar jumlahnya, Indonesia muncul sebagai negara yang memiliki nilai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara , dan diharapkan menjadi pusat interkoneksi utama di kawasan tersebut.

Dengan kehadiran penyedia layanan cloud, seperti Google Cloud, Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure dan Alibaba Cloud yang meluncurkan cloud regions di Indonesia, negara ini diperkirakan akan menjadi pasar public cloud terbesar kedua di Asia Tenggara.   Secara kolektif, tren-tren ini meningkatkan kebutuhan akan layanan digital dan kapasitas layanan pusat data di Indonesia.

Jeremy Deutsch, Presiden untuk Kawasan Asia-Pasifik di Equinix mengatakan, “Pusat data IBX kami yang terletak di Jakarta nantinya diharapkan akan memberi kami pasar bernilai tinggi dan secara strategis penting untuk perluasan jaringan pusat data kami yang saling terhubung di seluruh dunia.

Dengan kehadiran di Indonesia, Equinix dapat menyediakan infrastruktur digital yang memungkinkan perusahaan lokal untuk mengembangkan bisnis mereka ke luar negeri serta membantu perusahaan global yang mencari akses ke ekonomi digital di Indonesia. Kami berharap dapat bekerja sama dengan para otoritas lokal, penyedia jaringan, dan pelaku ekosistem industri yang lebih luas untuk membantu negara ini mengeluarkan potensi digitalnya.”

Rangkuman / Fakta Kunci:

•    Fasilitas pusat data berlantai delapan ini dijadwalkan akan dibuka pada paruh waktu kedua tahun 2024, dengan menyediakan lebih dari 1.600 rak dan lebih dari 5.300 meter persegi ruang colocation saat pembangunan selesai. Terletak di Kawasan Pusat Bisnis Jakarta dan dekat dengan internet exchange, pusat data baru ini akan memberikan perusahaan nasional dan multinasional yang beroperasi di Indonesia dengan infrastruktur digital dan ekosistem yang dinamis untuk menggapai kinerja yang optimal.

•    Fasilitas yang dibangun akan menerapkan komponen keberlanjutan dalam desainnya, dengan memanfaatkan teknologi inovatif seperti cool array untuk mendukung tujuan ekonomi dan lingkungan bagi perusahaan di Indonesia. Ini merupakan bagian dari strategi Future First Equinix yang memegang penuh komitmen untuk menghijaukan ekonomi digital.

•    Ekspansi Equinix ke Jakarta adalah sejalan dengan inisiatif-inisiatif transformasi digital pemerintah Indonesia, dengan meningkatkan infrastruktur digital sesuai dengan target yang telah ditetapkan di dalam Digital Roadmap Indonesia 2021–2024. 3

•    Platform Equinix® saat ini menjangkau 32 negara di seluruh dunia, dan pusat data baru ini yang ada di Jakarta akan berfungsi sebagai saluran bisnis bagi perusahaan-perusahaan lokal dan global, penyedia layanan cloud & IT, dan penyedia layanan jaringan.

•    Termasuk dalam pengumuman baru-baru ini, Equinix memiliki 50 proyek-proyek besar yang saat ini sedang berlangsung di 35 kota di 22 negara, termasuk pembangunan pusat data baru di Dublin, Montréal, New York, Paris, dan Warsawa. Baru-baru ini, Equinix melakukan ekspansi ke Chili dan Peru dengan sebanyak lima pusat data IBX, memiliki nilai perusahaan sekitar US$735 juta. Perusahaan juga telah menyelesaikan akuisisi pusat data di Afrika Barat dan penyedia solusi konektivitas bernama MainOne, dengan nilai perusahaan sebesar US$320 juta.

•    Di kawasan Asia-Pasifik, Equinix mengumumkan investasi awal sebesar lebih dari US$86 juta untuk pembangunan pusat data IBX ketiga di Mumbai dan investasi sebesar lebih dari US$64 juta nilai untuk pembangunan pusat data IBX pertamanya di Chennai.

•    Saat ini, jejak Platform Equinix telah mencakup 248 pusat data di 71 kota dan 32 negara, dengan menyediakan infrastruktur digital bagi lebih dari 10.000 bisnis terkemuka dunia, termasuk dengan lebih dari 50% perusahaan-perusahaan Fortune 500. Di Asia-Pasifik, Equinix saat ini memiliki 51 pusat data di kota-kota besar di Australia, Cina, Hong Kong, Jepang, Korea, dan Singapura.

Baca Juga: Telkom Terdepan Perkuat Ekosistem Data Center melalui NeutraDC dan neuCentrIX

Tentang Equinix
Equinix (Nasdaq: EQIX) adalah perusahaan infrastruktur digital dunia. Para pemimpin digital memanfaatkan platform terpercaya dari Equinix untuk menyatukan dan menghubungkan infrastruktur dasar dengan kecepatan perangkat lunak. Equinix memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mengakses semua tempat, mitra, dan kemungkinan-kemungkinan yang tepat untuk meningkatkan skala bisnis dengan andal, mempercepat peluncuran layanan digital, memberikan pengalaman kelas dunia dan melipat-gandakan nilainya, sekaligus mendukung tujuan inisiatif keberlanjutan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved