April
29
2022
     14:51

Enam Tips Transaksi Digital Mudah untuk Sambut Lebaran Ala OVO

Enam Tips Transaksi Digital Mudah untuk Sambut Lebaran Ala OVO
ILUSTRASI. OVO mengumumkan kerjasama strategis dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) sebagai pemilik jaringan minimarket terbesar di Indonesia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dua pertiga atau hampir 70% orang Indonesia yang saat ini bekerja, memiliki rencana untuk menggunakan sebagian THR untuk berbelanja dan 57% juga mengatakan akan menyimpan sebagian dari hasil THR yang didapat. Sementara hampir sepertiga penduduk Indonesia berencana menggunakan THR untuk donasi/ zakat fitrah (32%) atau investasi (31%).  Temuan dari riset YouGov RealTime Omnibus ini menjadi cerminan banyaknya kebutuhan finansial masyarakat yang perlu dipenuhi selama bulan Ramadan, khususnya menjelang Lebaran.

Sebagai tekfin unicorn pertama di Indonesia yang berfokus pada platform pembayaran digital dan layanan finansial lainnya, OVO, optimis layanannya dapat menjadi solusi utama bagi masyarakat untuk bertransaksi finansial menjelang Lebaran, mulai dari pembayaran donasi/zakat, THR/salam tempel, pengiriman hampers, hingga persiapan mudik, termasuk memproteksi jiwa dan kendaraan dengan asuransi.

Head of Corporate Communications OVO, Harumi Supit mengungkapkan, “Menyambut Lebaran, OVO memperkuat kehadirannya sebagai solusi utama bagi masyarakat untuk bertransaksi finansial mulai dari kebutuhan pembayaran donasi/zakat, transfer THR/salam tempel, memproteksi jiwa dan kendaraan selama mudik, hingga menginvestasikan dana THR. Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi OVO memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai kebutuhan transaksi digital tersebut hanya dalam genggaman.”

“Terlebih lagi, dengan lebih dari 1,3 juta merchant QRIS serta jaringan online to offline di lebih dari delapan juta titik di seluruh Indonesia, memberikan kemudahan bagi para pengguna OVO untuk dapat melakukan isi ulang saldo (top up) OVO dan tarik tunai (cash in dan cash out) di berbagai mitra, yang tentunya menjadikan perjalanan mudik lebih nyaman dan aman,” lanjut Harumi.

Berikut 6 tips ala OVO agar kebutuhan transaksi finansial mempersiapkan Lebaran lebih mudah, nyaman, dan aman:

1.    Tunaikan zakat, infaq, dan sedekah secara digital
BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) melalui Outlook Zakat Indonesia 2022 mengungkapkan bahwa pandemi telah memberikan dampak positif terhadap ekosistem zakat di Indonesia, di mana masyarakat mulai memberikan donasi, baik zakat, wakaf, maupun infaq secara digital. Selain untuk meminimalisir kontak fisik, transaksi digital juga membuat transaksi menjadi lebih mudah dan nyaman.  

OVO berkolaborasi dengan berbagai mitra badan penyalur zakat, infaq dan sedekah seperti BAZNAS, Dompet Dhuafa, Benih Baik dan lainnya menyediakan fitur Donasi di aplikasi OVO untuk memudahkan pengguna memenuhi kebutuhan donasi dimanapun dan kapan pun.

2.    Berbagi kebahagiaan dengan transfer THR/salam tempel
Berbagi kebahagiaan berupa THR/salam tempel telah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia. Memasuki masa peralihan pandemi yang masih menuntut adanya pengurangan kontak fisik, OVO dapat menjadi alternatif dompet digital dalam pemberian THR.

3.          Bertransaksi dengan QRIS
Untuk berbagai macam pembayaran, pengguna dapat memanfaatkan QRIS melalui aplikasi OVO. Pengguna cukup memindai QRIS merchant menggunakan fitur scan QRIS di aplikasi OVO. Cara lainnya adalah dengan mengunggah kode QRIS merchant melalui galeri ponsel pengguna.

Lebih dari 1,3 juta merchant OVO di seluruh Indonesia telah dilengkapi dengan QRIS. Hal ini tentunya mempermudah proses transaksi digital antara penjual dan pembeli.

4.     Saldo tipis saat mudik? Isi ulang saldo (top up) di lebih dari 8 juta titik di Indonesia, termasuk Indomaret
Lebaran tahun ini akan diwarnai oleh banyaknya masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik. Terus memperluas layanan dan penggunaan aplikasi OVO di segala sektor industri, kini para pemudik dapat dengan mudah berbelanja menggunakan OVO serta melakukan top up saldo di lebih dari delapan juta titik di seluruh Nusantara, termasuk setiap gerai Indomaret di pelosok Indonesia sekalipun.

Pengguna juga tidak perlu khawatir apabila saldo sudah menipis, karena OVO kini memperluas jangkauan layanan top up melalui kerjasama dengan agen Blibli Mitra, Payfazz dan Sepulsa yang jumlahnya mencapai ratusan ribu titik di seluruh Indonesia.

5.     Jangan habiskan THR, sisihkan untuk investasi
Dana THR menjadi dana yang paling ditunggu-tunggu setiap hari raya tiba. Tidak hanya akan dihabiskan untuk berbelanja, setidaknya 3 dari 10 orang Indonesia akan menyisihkan dana THR untuk diinvestasikan.  

Beberapa produk investasi reksa dana berbasis syariah yang tersedia di layanan/fitur OVO | Invest yang merupakan hasil kolaborasi dengan Bareksa bisa dijadikan pilihan bagi pengguna yang ingin memulai belajar berinvestasi hanya dengan mulai dari Rp10.000,-. Reksa dana pasar uang Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid dan reksa dana pendapatan tetap Bahana MES Syariah Fund Kelas O adalah beberapa produk investasi yang dapat dipilih. Sejak diluncurkan awal tahun lalu, layanan OVO | Invest sudah menggaet lebih dari satu juta investor reksa dana.

Pergunakan kesempatan promo cashback 5.000 OVO Points untuk minimum pembelian unit investasi semua produk reksa dana di OVO | Invest senilai Rp10.000 dengan OVO Cash mulai 20 April hingga 5 Mei 2022 (syarat dan ketentuan berlaku).  

6.     Proteksi diri dan kendaraan agar mudik aman dan nyaman
Lebaran kali ini bisa kita hadapi berbeda dari tahun sebelumnya. Setelah dua tahun, akhirnya mudik kembali diperbolehkan oleh pemerintah. Namun demikian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan total volume lalu lintas saat musim mudik Lebaran tahun ini maupun arus balik akan mencapai 2,5 juta kendaraan. Untuk itu, mengantisipasi terjadinya kecelakaan sepanjang musim arus mudik, masyarakat perlu menyadari untuk memproteksi diri sendiri maupun keluarga agar senantiasa terlindungi dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Agar perjalanan mudik lebih aman dan nyaman, OVO memfasilitasi para pengguna dengan layanan OVO | Proteksi yang bekerja sama dengan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) untuk produk asuransi jiwa Syariah berbasis digital dan Simas Insurtech untuk proteksi kendaraan motor dan mobil.

“Dalam meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya perlindungan diri terutama bagi para calon pemudik, OVO senantiasa memberikan pelayanan terbaik, khususnya untuk layanan proteksi yang bertujuan untuk memberikan perlindungan di momen Lebaran ini.

Dengan produk asuransi jiwa Syariah berbasis digital PRUTect Care - Hospital Cash, PRUTect Care - Cancer & PRUTect Care – Critical Illness dan produk asuransi kendaraan motor dan mobil kami berharap para calon pemudik dapat tenang terlindungi menyambut hari raya lebaran. Semua produk ini dapat langsung diakses di aplikasi OVO di layanan OVO | Proteksi,” tutup Harumi.

Tentang OVO

OVO sebagai platform digital pembayaran dan layanan keuangan terdepan di Indonesia berupaya meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan melalui produk dan layanan yang nyaman, aman dan terjangkau. Merangkul lebih dari 1,3 juta merchant QRIS di 600+ kota dan kabupaten, aplikasi OVO dapat digunakan untuk mengakses pembayaran, transfer, top up dan tarik dana, serta layanan asuransi, investasi dan pinjaman di seluruh nusantara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved