Ekosistem Ekonomi Digital Lazada Unggul dengan Logistik Menyeluruh Berbasis Data
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Transformasi ekonomi digital di Indonesia menciptakan iklim perdagangan yang lebih dinamis seiring dengan pertumbuhan bisnis eCommerce serta sistem logistik di Indonesia. Sebagai perusahaan dengan ekosistem eCommerce yang lengkap dan menyeluruh, Lazada Indonesia (Lazada) melalui Lazada Logistics mengembangkan sistem logistik terintegrasi untuk memudahkan para mitra, khususnya brand dan penjual di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), untuk mengembangkan bisnis di ranah online.
Data Statista Market Insights menunjukkan di akhir tahun 2022, Indonesia memiliki sekitar 178,94 juta pengguna eCommerce. Angka ini diprediksi terus meningkat ke 196,47 juta pengguna di akhir 2023.
Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) memperkirakan transaksi bisnis eCommerce di tahun 2023 akan mencapai Rp700 triliun. Besarnya potensi di eCommerce ini mendorong kebutuhan layanan dan fasilitas logistik yang prima untuk bisa mempercepat laju transaksi eCommerce di Indonesia.
Sebagai pelopor logistik eCommerce di Indonesia, Lazada berkomitmen untuk terus mengembangkan infrastruktur dan jaringan logistiknya demi mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. SVP, Logistics, Lazada Indonesia Adiputra Wiharja mengatakan, “Keunggulan Lazada adalah kami memiliki ekosistem logistik menyeluruh yang menyediakan solusi logistik one-stop untuk para pelaku bisnis lokal di Indonesia.
Dukungan teknologi berbasis data serta jaringan luas terintegrasi yang mencakup Indonesia dan Asia Tenggara memungkinkan kami untuk menjalankan operasional logistik yang efektif dan efisien, serta memberikan layanan logistik yang berkualitas dengan harga kompetitif.”
Saat ini, jaringan Lazada Logistics terdapat di lebih dari 500 kota di Indonesia serta di enam negara di Asia Tenggara (Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina). Di Indonesia, sebanyak lebih dari 15.000 karyawan dan mitra kurir siap memberikan layanan logistik yang prima.
“Seluruh fasilitas yang ada di Lazada Logistics juga memungkinkan kami untuk memproses jutaan paket setiap harinya dengan mulus, termasuk pada saat festival belanja online seperti saat ini di mana jumlah paket yang kami tangani meningkat tajam.”
Fasilitas Gudang Lazada Logistics dengan teknologi canggih berwawasan data, mampu mengatur inventori dan memprediksi potensi pesanan
Gudang Lazada di Cimanggis, Depok, Jawa Barat merupakan gudang utama perusahaan yang merupakan gudang eCommerce terbesar di Indonesia. Menempati area lahan lebih dari 90.000 m2, Gudang Lazada ini menjadi fasilitas logistik utama dari Lazada Logistics dengan berbagai solusi logistik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis di Indonesia.
“Infrastruktur di Gudang Cimanggis dirancang untuk mengakomodir kebutuhan pelaku bisnis di Indonesia yang beragam sehingga para pelaku bisnis hanya fokus pada pengembangan bisnis mereka tanpa harus memikirkan soal pengiriman atau pemindahan produk-produk mereka. Ini menjadikan kami mampu menawarkan harga yang kompetitif untuk para mitra brand dan penjual UMKM kami,” tambah Adiputra.
Lazada Logistics memiliki berbagai layanan untuk pelaku bisnis di Indonesia seperti:
Layanan Multi-channel Logistics memberikan solusi logistik terkonsolidasi untuk bisnis, mulai dari penyimpanan produk, pengemasan, hingga pengiriman pesanan dengan armada Lazada Logistics, baik untuk pesanan yang berasal dari platform Lazada maupun untuk kebutuhan saluran penjualan lainnya dari mitra.
“Layanan ini juga memberi kemudahan bagi bisnis untuk mengelola inventori produk yang ada di Gudang Lazada, sekaligus memprediksi potensi pesanan, sehingga layanan kepada pelanggan tetap lancar dan lebih efektif. Sementara Lazada Logistics menangani pemenuhan pesanan pelanggan, mitra brand dan penjual bisa lebih berfokus pada strategi pengembangan bisnisnya,” tegas Adiputra.
Layanan Contract Logistics dengan fasilitas lengkap di Lazada Logistics juga membuat perusahaan mampu memberikan layanan business-to-business mumpuni yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Keberadaan jaringan Lazada Logistics di enam negara di Asia Tenggara juga memudahkan mitra brand dan penjual yang ingin berekspansi dalam perdagangan lintas negara di Asia Tenggara.
Salah satu kecanggihan teknologi Lazada Logistics yang digunakan untuk mendukung armada mitra kurir Lazada adalah teknologi smart allocation dan smart routing.
Teknologi ini dapat memastikan kualitas layanan logistik dan kelancaran pengiriman karena dapat mengatur pembagian paket serta membantu mitra kurir mencari rute pengiriman paket yang efisien. Sistem live tracking pun mempermudah pemantauan pengiriman paket secara real-time. "Penggunaan berbagai teknologi juga memungkinkan kami untuk menjaga produktivitas sembari menjalankan operasional logistik yang efisien dan efektif,” tambah Adiputra.
Lazada Logistics terus menjalankan inisiatif “Handle with Care” yang menjamin penanganan paket di setiap proses logistik dilakukan dengan baik dan dikirim tepat waktu secara utuh sehingga pelanggan dapat Belanja 100% #HepiDiLazada.
Komitmen pada operasional lebih ramah lingkungan demi pertumbuhan berkelanjutan perusahaan
Seiring dengan pengembangan layanan perusahaan, Lazada Logistics di Indonesia pun sejak lama mulai menjalani operasional yang lebih ramah lingkungan. Armada #BlueVehicle yang menggunakan kendaraan motor berbasis listrik telah dibentuk.
Perusahaan juga berhasil mengurangi penggunaan plastik hingga ratusan ribu kilogram setiap tahunnya melalui penerapan eco-packaging melalui kemasan paket bersertifikasi Dewan Pengelolaan Hutan (Forest Stewardship Council - FSC) yang ditawarkan di layanan Lazada Logistics sejak tahun 2021.
Sementara itu, program Transport Access Point (TAP) mengonsolidasi seluruh aktivitas pengiriman paket oleh mitra dengan memanfaatkan truk Lazada di kota tujuan. Program ini turut mengurangi lebih dari 20.000 perjalanan dan setara dengan sekitar 7 juta km pengurangan aktivitas transportasi darat.
“Lazada Logistics berkeinginan untuk terus berkontribusi membangun layanan operasional logistik yang bermanfaat dan berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan di ekosistem ekonomi digital. Dengan seluruh fasilitas dan layanan prima yang ada di Lazada Logistics, kami pun berharap bisa turut mendorong pertumbuhan bisnis bagi mitra brand dan penjual UMKM, khususnya dalam pemenuhan pesanan pelanggan di setiap saluran penjualan mitra kami,” tutup Adiputra.
Tentang Lazada
Lazada Group adalah pionir platform e-commerce di Asia Tenggara. Selama 11 tahun terakhir, Lazada mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem Lazada yang terus berkembang menghubungkan 160 juta pelanggan kami dengan lebih dari satu juta penjual aktif setiap bulannya, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui saluran pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik lokal yang telah menjadi yang terbesar di kawasan ini. Dengan visi untuk mencapai GMV tahunan sebesar USD100 miliar, Lazada menargetkan untuk dapat melayani 300 juta pembeli pada tahun 2030, dan menjadi yang terbaik dalam mendigitalisasi bisnis dari brand dan penjual.
Di Indonesia, Lazada dikenal sebagai pionir Harbolnas, festival belanja terbesar di tanah air. Masyarakat Indonesia dapat menikmati pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman dengan pengiriman cepat dan gratis ongkir, yang didukung oleh layanan logistik Lazada yang menyeluruh. Sebagai bagian dari upaya membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan di Indonesia, Lazada berkomitmen untuk memberdayakan talenta Indonesia agar siap menghadapi masa depan.
Baca Juga: Lazada Logistics Tegaskan Komitmen Operasional Ramah Lingkungan lewat Blue Vehicle
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News