June
07
2022
     18:22

Lazada Logistics Tegaskan Komitmen Operasional Ramah Lingkungan lewat Blue Vehicle

Lazada Logistics Tegaskan Komitmen Operasional Ramah Lingkungan lewat Blue Vehicle
ILUSTRASI. Lazada bekerja sama dengan komunitas sepeda di bawah naungan Westbike Messenger Service (Westbike), sebuah layanan logistik dengan menggunakan sepeda dan sepeda kargo.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Lazada Indonesia (Lazada), melalui unit logistiknya Lazada Logistics terus menegaskan komitmennya untuk mempromosikan operasional logistik yang lebih ramah lingkungan. Sebagai eCommerce pertama dengan inisiatif solusi ramah lingkungan, berbagai upaya terus dilakukan Lazada untuk mendukung tujuan jangka panjang pertumbuhan berkelanjutan perusahaan.

Salah satu upaya nyata yang dilakukan Lazada adalah melalui inisiatif kemitraan dengan komunitas sepeda di bawah naungan Westbike Messenger Service (Westbike), sebuah layanan logistik dengan menggunakan sepeda dan sepeda kargo. Kolaborasi ini menambah daftar kemitraan strategis dari Lazada Logistics untuk dukung upaya pengiriman paket lebih ramah lingkungan lewat #BlueVehicle.

Philippe Auberger, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia mengatakan, “Lazada memang sejak lama berkeinginan membangun ekosistem eCommerce yang berkelanjutan dan  ramah lingkungan. Dengan momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia, melalui Lazada Logistics, Lazada terus mengembangkan armada #BlueVehicle, armada pengiriman paket yang ramah lingkungan sebagai salah satu upaya pengurangan jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada, melalui kerja sama dengan beberapa mitra strategis kami, diantaranya Westbike, Smoot, dan Grab.”  

Saat ini, layanan pengiriman barang ke konsumen oleh kurir sepeda dari Westbike telah tersedia di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta, dan dalam waktu dekat juga akan merambah ke beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Sebelumnya, Lazada juga telah bermitra dengan PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) untuk menyediakan kendaraan berbasis listrik utama bagi mitra kurir (frontliner) Lazada Logistics.

Motor Smoot  dirancang untuk kemudahan pengguna di mana pengguna bisa melakukan penukaran baterai motor dengan mudah di ratusan lokasi penukaran baterai (SWAPPoin) yang tersedia di berbagai lokasi strategis di Jakarta. Selain bermitra dengan Smoot, Lazada sebelumnya juga telah bermitra dengan Grab untuk penyediaan armada motor listrik yang telah dimulai pada awal tahun 2021 lalu.  

Hendi Rachmat, Founder dan COO Westbike Messenger Service (Westbike) mengatakan, “Sebagai perusahaan kurir sepeda pertama di Indonesia yang mengedepankan Sustainable City Courier, kami menyambut baik kolaborasi membawa kendaraan sepeda yang sudah tentu ramah lingkungan ke dalam ekosistem logistik Lazada. Sepeda merupakan moda yang efisien untuk mengantarkan barang dalam jarak dekat secara ramah lingkungan. Di kondisi kota besar di mana kemacetan sering terjadi, pilihan pengiriman paket dengan menggunakan kurir sepeda bisa menjadi pilihan yang efektif dan tentunya ramah lingkungan.”  

“Untuk membangun bisnis yang bertahan dalam jangka waktu lama di Indonesia, kolaborasi dan inisiatif keberlanjutan menjadi kunci kesuksesan. Kami berharap bisa menjalin lebih banyak kerja sama dengan para mitra strategis dan terus mengembangkan berbagai inisiatif keberlanjutan di Lazada, yang tidak hanya akan berdampak positif pada operasional perusahaan kami, namun juga bisa mendorong setiap orang dalam ekosistem kami untuk menjalankan gaya hidup lebih ramah lingkungan,” tutup Philippe.  

Sejak tahun 2021, Lazada juga telah menyediakan paket yang dibuat dari material alternatif yang lebih ramah lingkungan bagi brand yang tergabung dalam layanan Fulfillment by Lazada (FBL). Paket ramah lingkungan tersebut menggunakan kotak karton bersertifikasi FSC yang diisi dengan sobekan kertas daur ulang sebagai pengganti plastik.  

Tentang Lazada

Lazada Group adalah pionir platform eCommerce di Asia Tenggara. Selama 10 tahun terakhir, Lazada sudah mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem lokal yang berkembang menghubungkan konsumen kami dengan lebih dari 1 juta penjual yang aktif menjual setiap bulan, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui saluran pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik lokal yang telah menjadi yang terbesar di kawasan ini. Lazada menargetkan untuk dapat melayani 300 juta pembeli pada tahun 2030, dan menjadi yang terbaik dalam mendigitalisasikan bisnis dari brand dan penjual. Pada tahun 2022, Lazada Foundation dibentuk untuk memberdayakan kaum muda dan perempuan untuk masa depan digital, menutup kesenjangan gender digital, dan mengangkat komunitas-komunitas dengan menciptakan dampak yang positif. Untuk informasi lebih lanjut, dapat dilihat melalui https://group.lazada.com/en/foundation/.  

Tentang Lazada Logistics

Lazada Logistics, unit bisnis logistik dari Lazada Group, merupakan penyedia solusi terintegrasi dan terpercaya untuk brand  dan penjual di Asia Tenggara. Sebagai pelopor logistik eCommerce, kami menawarkan kemudahan layanan menyeluruh untuk bisnis, dan menghubungkan mereka dengan pelanggan yang tersebar di Asia Tenggara, salah satu wilayah terpadat di dunia yang tersebar secara geografis. Selama dekade terakhir, jaringan logistik kami telah membentuk lanskap eCommerce.  

Mulai dari pengambilan paket dari brand atau penjual (first-mile pick up), penyimpanan dan pengepakan, hingga pengantaran paket ke pelanggan, kami menangani setiap paket dengan hati-hati. Infrastruktur dan jaringan logistik kami yang andal mencakup lebih dari 400 fasilitas gudang, pusat penyortiran dan hub, dengan lebih dari 80% dari total pengantaran paket first-mile ditangani oleh fasilitas kami sendiri. Kami memanfaatkan data dan teknologi untuk menyediakan layanan seperti jaminan pengiriman, pelacakan real-time, serta logistik cross-border. Besarnya infrastruktur dan jaringan Lazada Logistics memungkinkan kami untuk menawarkan biaya yang lebih efisien kepada brand dan penjual, menjadikan mereka menjadi semakin kompetitif. Inovasi kami memberikan pengalaman belanja online berkualitas, memberikan kemudahan untuk semua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved