January
27
2024
     21:44

Dukung Kolaborasi UMKM, Wamendag Jerry Resmikan Pabrik Cikarang Baru Trade Center

Dukung Kolaborasi UMKM, Wamendag Jerry Resmikan Pabrik Cikarang Baru Trade Center
ILUSTRASI. Wamendag Jerry Sambuaga didampingi Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan; Pengurus Yayasan dan Rektorat President University dan Pimpinan Jababeka Group meresmikan Factory Outlets Cikarang Trade Center yang berlangsung di President University Convention Center, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (26 Jan).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan mendukung perluasan akses pemasaran bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui program kolaborasi antara pihak swasta dan pemerintah daerah. Hal ini disampaikan Wamendag Jerry dalam sambutannya pada pembukaan secara resmi Factory Outlet Cikarang Baru Trade Center di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, hari ini, Jumat (26/1).

Turut hadir dalam acara tersebut Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdani, Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratullah, Kepala Polisi Resor (Kapolres) Metro Bekasi Dani Hamdani, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 05/09 Kabupaten Bekasi Muhamad Horison Ramadhan, Ketua Pengadilan Negeri Cikarang Hendri Agustian, Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi.

“Konsep gerai pabrik (factory outlet) ini sangat baik sekali. Pelaku usaha berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk membantu mengembangkan gerai UMKM, khususnya di Cikarang, Kabupaten Bekasi. Konsep kolaborasi UMKM bukan hal baru. UMKM adalah salah satu pilar pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ekosistemnya harus diperkuat dengan pilar lain, seperti lokapasar, ritel modern, dan lembaga pembiayaan,” jelas Wamendag Jerry.

Empat pilar tersebut, imbuh Wamendag Jerry, memiliki peran masing-masing. Ritel modern dapat menampung produk UMKM dan membantu logistik, lokapasar dapat membantu memasarkan produk dari UMKM agar dikenal luas, serta lembaga pembiayaan dan perbankan dapat membantu permodalan agar dapat menembus pasar ekspor.

Lebih lanjut, Kementerian Perdagangan juga menjalin kerja sama dengan pihak perbankan nasional untuk menyalurkan pendanaan bagi UMKM melalui program Kredit Usaha Rakyat. Wamendag Jerry menekankan, adanya bantuan permodalan diharapkan UMKM dapat meningkatkan kapasitas produksi dalam memenuhi permintaan pasar.

Melalui gerai pabrik tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi ingin menciptakan wisata industri, berupa kunjungan pabrik. Pengunjung nantinya bisa membeli cendera mata dari UMKM yang berlokasi di kawasan wisata industri. Bagi produk UMKM yang memiliki potensi ekspor, Kementerian Perdagangan dapat memberikan bantuan pelatihan dan akses ke perwakilan perdagangan di 46 negara.

”Kementerian Perdagangan siap memfasilitasi UMKM siap ekspor melalui program pelatihan ekspor, program pendampingan ekspor, dan akses ke 46 perwakilan dagang di luar negeri. Perwadag siap memfasilitasi kebutuhan pelaku usaha, seperti permintaan informasi pasar atau mencari buyer potensial,” urai disampaikan Wamendag Jerry.

Kementerian Perdagangan tetap mengharapkan peran serta pemerintah daerah dalam membina UMKM sesuai wilayah administratifnya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Disebutkan bahwa pemerintah daerah berwenang untuk melakukan pengembangan UMKM yang berorientasi pada peningkatan skala usaha.

Wamendag Jerry juga melayangkan apresiasi atas peran Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam memfasilitasi UMKM. ”Kami mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bekasi yang telah menginisiasi program Factory Outlet Cikarang Baru Trade Center sebagai wadah pengembangan UMKM. Diharapkan lokasi ini dapat berkembang dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkas Wamendag Jerry.

Baca Juga: Jababeka (KIJA) Resmikan Factory Outlets Cikarang Trade Center

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved