November
23
2022
     16:30

Dukung Digital Product Passport, Shieldtag Siap Perluas Adopsi Hologram QR Code

Dukung Digital Product Passport, Shieldtag Siap Perluas Adopsi Hologram QR Code
ILUSTRASI. Shieldtag hadir untuk membantu brand Indonesia mematuhi kebijakan Paspor Produk Digital dari Uni Eropa dengan menyediakan layanan sertifikasi elektronik yang dapat memverifikasi keaslian produk melalui stiker hologram dan teknologi encrypted QR code.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sejak awal tahun 2022, Komisi Uni Eropa telah merancang kebijakan “Paspor Produk Digital” (PPD), untuk meningkatkan transparansi informasi antara produsen, pemerintah, maupun konsumen. Harapannya, hanya dengan memindai tag atau QR Code pada produk tertentu, semua pihak yang terlibat bisa mengakses ataupun menambahkan informasi yang penting dan relevan untuk stakeholder lain.

Informasi pada Paspor Produk Digital akan tersedia secara online, dan mencakup aspek-aspek penting seperti: bahan baku produk, informasi tentang suku cadang, cara memperbaiki, konsumsi energi, hingga cara membuang produk. Dengan adanya paspor ini, maka pemerintah maupun pelaku industri bisa mengecek orisinalitas produk, keamanan bahan baku, kesesuaian dengan peraturan yang berlaku, serta cara mendaur ulang/membuang produk dengan aman. Kebijakan PPD akan dilaksanakan bertahap, dengan percobaan awal di sektor tekstil, konstruksi, baterai EV, produk elektronik, produk kemasan, dan makanan.

Bagi produsen Indonesia yang melakukan ekspor ke wilayah Uni Eropa, kebijakan baru PPD menuntut perusahaan untuk mulai mempersiapkan sistem elektronik yang tepat. Pasalnya, di Indonesia belum banyak perusahaan yang telah menerapkan QR code untuk menjamin orisinalitas produk maupun informasi pembuatannya.

Karena itulah, Shieldtag hadir untuk membantu brand Indonesia mematuhi kebijakan Paspor Produk Digital dari Uni Eropa dengan menyediakan layanan sertifikasi elektronik yang dapat memverifikasi keaslian produk melalui stiker hologram dan teknologi encrypted QR code. Shieldtag bekerja sama dengan pemilik brand untuk memasang stiker hologram berukuran 3x1,5cm yang telah dilengkapi 7 lapisan keamanan & QR code (ShieldCode).

Ketika konsumen memindai QR code melalui aplikasi/website Shieldtag, nantinya akan muncul sertifikat keaslian produk yang mencantumkan izin peredaran, sertifikat BPOM, tanggal kadaluarsa, ataupun garansi. Tidak hanya itu, teknologi Shieldtag juga dapat memantau jangkauan peredaran produk. Seluruh data yang terdapat dalam Shieldtag Distribution Tracking System dapat dikelola langsung melalui Marketing Automation Engine, sehingga pemilik brand bisa melakukan pengiriman email/SMS massal, meningkatkan followers media sosial, hingga bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk.

“Kami siap mendukung program Paspor Produk Digital Uni Eropa, terutama karena hal ini sejalan dengan visi dan misi kami, yaitu membangun dunia yang transparan, otentik, dan saling terhubung. Dengan menjunjung transparansi informasi, konsumen akan terhindar dari risiko seperti produk palsu/bajakan, komposisi produk yang tidak sesuai peraturan setempat, dan sebagainya. Karena itu, kami di Shieldtag akan terus memperluas adopsi hologram QR code terutama di sektor krusial seperti obat-obatan, skincare, kosmetik, hingga produk elektronik,” ungkap William Japari, Founder & CEO Shieldtag

Untuk memastikan kredibilitasnya, Shieldtag hanya bekerja sama dengan produk-produk yang telah memiliki ijin relevan (seperti izin BPOM) dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang didaftarkan, salah satu contohnya adalah brand skincare Azarine. Azarine mengaku pengaplikasian hologram QR Code pada produk membuat konsumen lebih tenang ketika membeli produk. Hingga saat ini, Shieldtag telah melindungi lebih dari 10 juta produk dari portfolio klien yang dimiliki.

“Di waktu dekat, kami akan terus melengkapi data dan infrastruktur Shieldtag agar bisa memuat fitur-fitur lain yang bisa menunjang keperluan bisnis. Kami juga berharap kedepannya Shieldtag bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah, terutama dalam melakukan perlindungan keaslian produk dan tracking distribusi bagi para UMKM Indonesia yang siap ekspor ke luar negeri,” tambah William.

Uni Eropa sendiri adalah mitra perdagangan terbesar ke-5 bagi Indonesia pada tahun 2021, dengan total nilai perdagangan barang sebesar €24,7 miliar. Pada tahun 2021, ekspor Indonesia ke UE menyumbang 8,5% dari ekspor barang globalnya, yakni sebesar €16,8 miliar.

Tentang ShieldTag

Visi dan misi Shieldtag adalah membangun dunia yang transparan, otentik dan saling terhubung. Perusahaan ini menyediakan layanan sertifikasi elektronik yang dapat memverifikasi keaslian sebuah produk melalui teknologi QR code. Dengan Shieldtag, pemilik brand dapat menjaga orisinalitas produk/karya hingga sampai ke tangan konsumen, dengan tanda orisinalitas yang membedakannya dengan produk tiruan. Konsumen juga dapat dengan mudah memverifikasi keaslian produk yang mereka beli hanya dengan memindai Shieldtag (Ecrypted QR Code) melalui aplikasi atau website, yang dapat dengan mudah diunduh melalui Google Play dan App Store.

Baca Juga: Ekspor Batubara ke Uni Eropa Naik, Tertinggi dalam Empat Tahun Terakhir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved