February
25
2022
     19:20

Dropbox Sampah Kemasan Hadir di Kota Solo, Dukung Masyarakat Memilah & Mendaur Ulang

Dropbox Sampah Kemasan Hadir di Kota Solo, Dukung Masyarakat Memilah & Mendaur Ulang
ILUSTRASI. Dropbox Sampah Kemasan Solo di Super Indo.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2022 yang jatuh pada tanggal 21 Februari, Super Indo, Nutrifood, Tetra Pak, dan Komunitas Lingkungan Green Movement Indonesia berkolaborasi meluncurkan ‘Dropbox Sampah Kemasan’ di sejumlah gerai Super Indo di Kota Solo.

Didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo, aksi kolaborasi ini bertujuan untuk mengajak konsumen dan masyarakat Solo agar lebih sadar dan ikut berkontribusi dalam pengurangan sampah ke TPA, khususnya sampah kemasan di kota Solo melalui pemilahan dan daur ulang sampah kemasan. Program ini juga merupakan bagian dari tanggung jawab perusahaan untuk menarik kembali sampah kemasan yang dihasilkan.

Aksi kolaborasi Dropbox Sampah Kemasan ini diawali dengan penempatan Dropbox Sampah Kemasan di enam gerai Super Indo di Solo, yakni Super Indo Adi Sucipto, Super Indo Ronggowarsito, Super Indo Banyuanyar, Super Indo Gumpang, Super Indo Colomadu, dan Super Indo Solo Baru. Jenis sampah yang dikumpulkan mencakup tiga kategori sampah, yaitu sampah kemasan kertas (dupleks, kotak minuman, gelas kertas), sampah kemasan plastik (botol plastik, gelas plastik, tube plastik, sachet atau bungkus plastik), serta sampah kemasan kaca (botol kaca, toples kaca, dan sebagainya) untuk berbagai brand.

Sampah kemasan yang terkumpul akan secara rutin disalurkan ke mitra Bank Sampah di Solo yakni Bina Usaha Mandiri, lalu disalurkan ke berbagai sentra daur ulang untuk diolah menjadi barang-barang yang berguna serta bernilai ekonomi. Khusus untuk bungkus plastik, diolah mandiri oleh Bina Usaha Mandiri menjadi papan daur ulang.

Data dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta menunjukkan bahwa berdasarkan jenisnya, sampah di Kota Solo didominasi oleh tiga jenis, yaitu organik (61,95%), plastik (13,4%) dan kertas (12,3%). 85% sampah yang dihasilkan di Solo diangkut ke TPA Putri Cempo, Solo, dengan rata-rata jumlah sampah yang masuk mencapai 299,45 ton per hari. Sisa sampah lainnya dikelola di sekolah Adiwiyata dan terjual ke pengepul sampah (15%), dan sebagian kecil sampah masih ada yang dibakar di masyarakat atau dibuang sembarangan.

Arthaty Mulatsih, Kepala Bidang PSLB3, Dinas Lingkungan Hidup, Kota Surakarta mendukung penuh program Dropbox Sampah Kemasan Solo hari ini. Arthaty mengatakan, “Masalah sampah di Indonesia, termasuk di Kota Solo, merupakan tantangan yang cukup besar bukan hanya bagi pemerintah namun bagi seluruh elemen masyarakat.

Permasalahan sampah harus ditangani mulai dari hulu sampai ke hilir. Perlu adanya kolaborasi yang baik antar semua elemen untuk mengatasi permasalahan sampah. Pemerintah terutama Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta sangat mengapresiasi program Dropbox Sampah Kemasan Solo, aksi kolaborasi dari Super Indo, Nutrifood, Tetra Pak, dan Green Movement Indonesia dan didukung Bank Sampah Bina Usaha Mandiri Solo, sebagai salah satu upaya kolektif dalam penyelesaian masalah sampah kemasan di Kota Solo. Melalui program ini, diharapkan masyarakat dapat semakin peduli akan sampah kemasan yang dihasilkan serta mendukung tercapainya Indonesia Bebas Sampah 2030.”

Arthaty menambahkan, “Program ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam pengurangan sampah, khususnya pengurangan sampah oleh produsen di Indonesia, seperti yang tertulis dalam UU RI No. 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, PP RI No. 81 tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Jenis Rumah Tangga, Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 2 Tahun 2006 Tentang Pengendalian Lingkungan hidup, Peraturan Daerah Nomer 3 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Sampah, serta Peraturan Menteri LHK No. 75 tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen.”

Angelique Dewi, Head of Corporate Communication Nutrifood mengungkapkan ide lahirnya program Dropbox Sampah Kemasan ini berawal dari kepedulian bersama mengenai permasalahan sampah kemasan di Indonesia, Angelique mengatakan, “Sebagai produsen makanan minuman kesehatan, Nutrifood memiliki komitmen untuk mengelola limbah sampah kemasan kami di seluruh Indonesia secara bertanggung jawab dan ramah lingkungan, salah satunya melalui Dropbox Sampah Kemasan ini.

Setelah sukses diluncurkan di Jabodetabek pada 2020 lalu, Solo menjadi kota kedua sebagai tempat diluncurkannya Dropbox Sampah Kemasan. Kami sangat senang memperoleh dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta dan Bank Sampah Bina Usaha Mandiri. Kami berharap kolaborasi ini bisa ikut membantu kota Solo untuk menaikkan tingkat daur ulang sampah kemasan sekaligus mendukung UMKM daur ulang sampah di kota Solo.”

Dukungan yang sama juga diutarakan oleh Arya Kusumo, Head of Sustainability Super Indo. Arya mengatakan, “Super Indo sebagai supermarket memiliki peranan penting karena berada di posisi strategis antara produsen dan konsumen, termasuk dalam hal penanganan sampah. Kami percaya bahwa sampah tidak boleh dilihat sebagai sumber pencemaran lingkungan yang harus dibuang begitu saja ke tempat pembuangan sampah, karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah pencemaran lainnya.

Sampah ini juga memberi kita kesempatan untuk mencari solusi dengan melibatkan masyarakat, dengan menciptakan inovasi terbaru dalam menangani sampah, dan yang tidak kalah pentingnya, melibatkan perubahan perilaku dan kesadaran masyarakat. Untuk itu, kami mendukung dan senang dapat berkolaborasi dengan Nutrifood, Tetra Pak dan komunitas lingkungan Green Movement Indonesia dalam peluncuran Dropbox Sampah Kemasan ini karena sejalan dengan fokus Super Indo untuk mewujudkan #ZeroToLandifll.”

Reza Andreanto, Sustainability Manager Tetra Pak Indonesia juga menyatakan, “Tetra Pak sebagai perusahaan global yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman, memiliki komitmen untuk berkontribusi terhadap lingkungan.

Kami berambisi untuk menyediakan kemasan makanan dan minuman paling berkelanjutan, yang semata-mata terbuat dari bahan yang dapat diperbarui dan bersumber secara bertanggung jawab, serta dapat didaur ulang sepenuhnya. Dropbox Sampah Kemasan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan public private partnership bersama pemilik merek dan peritel dalam pengumpulan kemasan paska konsumsi secara terpilah dan mendaur ulang untuk menjadi produk bernilai tambah serta mendukung terwujudnya ekonomi sirkular di Indonesia.”

Sementara itu, Tasya Kamila, Founder Green Movement Indonesia, gerakan bagi anak muda Indonesia untuk lebih peduli isu lingkungan, mengatakan, “Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan utama di Indonesia yang perlu ditindaklanjuti secara serius oleh berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, komunitas, maupun masyarakat umum. Hasil survey yang Green Movement Indonesia lakukan akhir 2021 menunjukkan bahwa dari 101 responden kami, 56,4% responden masih belum memulai memilah sampah.

Untuk itu, dengan peluncuran Dropbox Sampah Kemasan di Jabodetabek dan kali ini di Kota Solo, kami ingin mengajak anak muda Indonesia untuk semakin sadar untuk mulai peduli dengan sampah yang mereka hasilkan sekaligus mengedukasi dan memfasilitasi masyarakat untuk menyalurkan sampah kemasan ini ke sentra-sentra daur ulang di dekat tempat tinggal mereka. Kami juga akan menjaring relawan muda untuk turut serta dalam menyukseskan sosialisasi Dropbox Sampah Kemasan ini.”

Siti Aminah selaku pendiri dari Bank Sampah Bina Usaha Mandiri Solo menyakatan pentingnya peran bank sampah dalam membangun kepedulian masyarakat agar lebih ‘bersahabat’ dengan sampah, termasuk sampah kemasan. Ia mengatakan, “Bank Sampah yang juga didukung sentra-sentra daur ulang hadir sebagai mitra masyarakat dalam mengelola sampah, khususnya sampah kemasan menjadi barang-barang yang bernilai guna secara ekonomi serta mengurangi jumlah sampah yang disalurkan di TPA.

Pemilahan dari rumah dan penyaluran yang tepat sangat diperlukan agar memastikan sampah yang kami terima dalam kondisi yang baik dan dapat didaur ulang. Di sisi sosial, bank sampah juga berperan dalam pemberdayaan masyarakat dan komunitas dengan memberikan peluang ekonomi melalui aktivitas daur ulang yang kami lakukan.

Kami sangat senang dapat terlibat dalam program peluncuran Dropbox Sampah Kemasan di Solo ini dan turut serta mengolah sampah kemasan terutama sachet yang sebelumnya dianggap menjadi residu, dan kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menyalurkan sampah kemasan mereka di gerai-gerai yang ada.”
 
Kolaborasi program Dropbox Sampah Kemasan ini juga turut mendukung pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya pada pilar lingkungan yang tertuang pada target 12 (responsible consumption and production), target 13 (climate action), target 14 (life below water), dan target 15 (life on land).

Angelique dari Nutrifood menambahkan, “Dengan hadirnya program Dropbox Sampah Kemasan ini, diharapkan dapat menginspirasi makin banyak pihak untuk melahirkan berbagai inisiatif pengelolaan sampah secara lebih bertanggung jawab, tidak hanya di Jabodetabek dan Solo, namun juga di berbagai wilayah di Indonesia. Kami juga mengajak berbagai mitra industri dan komunitas lainnya untuk turut bergabung dalam kolaborasi Dropbox Sampah Kemasan ini.”

Tentang Super Indo

Sejak tahun 1997, Super Indo tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. Kini, Super Indo telah tersebar di 40 kota dan kabupaten di Pulau Jawa dan bagian selatan Sumatera, serta supermarket waralaba dengan merek Super Indo Express yang berlokasi di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Depok.

Didukung lebih dari 9.000 karyawan terlatih, Super Indo menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari dengan kualitas yang dapat diandalkan, lengkap, harga hemat, dan lokasi toko yang mudah dijangkau. Kesegaran dan kualitas produk selalu dijaga melalui pilihan sumber yang baik dan penanganan dengan standar prosedur operasional yang selalu dipantau.

Hal ini menjadikan Super Indo sebagai pilihan tempat berbelanja yang selalu “Lebih Segar”, “Lebih Hemat” dan “Lebih Dekat”.

Tentang Nutrifood

Nutrifood hadir selama 43 tahun untuk menginspirasi masyarakat Indonesia hidup sehat dengan cara yang menyenangkan melalui pengaturan asupan gula, garam dan lemak. Nutrifood senantiasa berinovasi dalam menyediakan berbagai produk dan layanan premium yang bermutu tinggi melalui varian-varian brand unggulannya, yaitu Tropicana Slim, HiLo, NutriSari, L-Men, W’dank, dan LOKALATE. Saat ini, produk Nutrifood telah terdistribusi di lebih dari 30 negara di dunia.  

Setiap produk Nutrifood memiliki kualitas tinggi, memberi kemudahan dan menyenangkan, serta efektif berdasarkan pendekatan ilmiah. Nutrifood telah memperoleh berbagai sertifikasi dan penghargaan seperti LPPOM MUI Award sebagai perusahaan teladan dalam pengimplementasian sistem jaminan halal,  ISO 17025, Good Manufacture Process (GMP) dan Sertifikat Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP).

Nutrifood juga mendapatkan penghargaan berupa Top 100 Asia's Best Employer Brands 2019 oleh World HRD Congress dan The Most Positive Organization 2019 dari Majalah SWA dan Asosiasi Psikologi Positif Indonesia (AP2I). Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kami dapat mengunjungi www.nutrifood.co.id atau media sosial kami di @nutrifood.

Tentang Tetra Pak

Tetra Pak adalah perusahaan global terkemuka yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman. Bermitra erat dengan pelanggan dan pemasok, kami menyediakan produk yang aman, inovatif dan berwawasan lingkungan yang setiap hari digunakan untuk memenuhi kebutuhan ratusan juta orang di lebih dari 160 negara di seluruh dunia.

Dengan lebih dari 24.000 karyawan di seluruh dunia, kami percaya akan kepemimpinan industri yang bertanggung jawab dan pola pendekatan usaha yang berkelanjutan. Moto kami, “MELINDUNGI YANG BAIK," mencerminkan visi kami untuk menghadirkan makanan dan minuman yang aman dan tersedia kapanpun, di manapun juga.

Tentang Green Movement Indonesia

Green Movement Indonesia didirikan pada tahun 2015 oleh Tasya Kamila, untuk membuat suatu gerakan yang lebih terukur dan berdampak luas untuk anak muda agar dapat berpartisipasi aktif dalam memberikan solusi untuk berbagai tantangan lingkungan hidup yang ada di Indonesia.

Green Movement Indonesia memiliki visi menjadi wadah bagi anak muda untuk belajar dan bertindak dalam menanggapi tantangan lingkungan hidup demi mencapai Indonesia yang berkelanjutan. Proyek dan kegiatan Green Movement Indonesia, yaitu School to School Program, Energy Empowered Village di Sumba, Sustainable Talks Series, Dropbox Sampah Kemasan, Composting Kit untuk Pemula, dan Social Media Campaigns.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2025 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved