September
29
2022
     21:29

Dorong UMKM Kuliner Go Global, GoFood Turut Antar Teguk Ekspansi ke New York

Dorong UMKM Kuliner Go Global, GoFood Turut Antar Teguk Ekspansi ke New York
ILUSTRASI. Dukung langkah besar Teguk berekspansi ke New York. Ki-Ka: Global Head of Marketing GoFood, Ichmeralda Rachman bersama CEO Teguk, Maulana Hakim menunjukkan menu varian coconut series eksklusif hadir di platform GoFood 17 September-14 Oktober 2022.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - GoFood, online food delivery terdepan di Indonesia, terus memperkuat komitmennya mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kuliner untuk naik kelas dan tumbuh secara berkelanjutan. Hal ini terwujud dengan dukungan GoFood yang menjadi bagian dari perjalanan sukses brand minuman lokal kekinian, Teguk, sejak 2019.

Kini Teguk telah resmi berekspansi ke mancanegara dengan membuka gerai pertamanya di New York, Amerika Serikat, pada 17 September 2022. Ekspansi Teguk ini menambah catatan positif UMKM kuliner lokal yang mampu menembus pasar internasional berkat go digital.

Global Head of Marketing GoFood, Ichmeralda Rachman mengatakan, “Kami turut bangga atas pencapaian positif dan ekspansi Teguk ke New York. GoFood selalu mendukung perkembangan Teguk sejak 2019, sebagaimana juga GoFood selalu berupaya mewujudkan komitmen untuk menjadi mitra andalan bagi seluruh mitra UMKM kami.

Salah satu strategi utama GoFood adalah menghubungkan mitra UMKM dengan basis pelanggan GoFood yang loyal dan berkualitas melalui inovasi teknologi berbasis pencarian dengan pendekatan hyperlocal dan personalisasi data. Inovasi ini merupakan bukti pemahaman mendalam GoFood sebagai pionir online food delivery akan solusi yang dibutuhkan para mitra UMKM kami.”

Teguk merasakan berbagai manfaat dari digitalisasi dengan bergabung bersama GoFood sejak tiga tahun terakhir. CEO Teguk, Maulana Hakim mengungkapkan, “Berkat dukungan berbagai solusi digital dari GoFood, bisnis Teguk berkembang pesat hingga kini memiliki 155 gerai dan 800 karyawan di berbagai wilayah di Indonesia serta omzet melesat hingga mencapai 275%.”

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan GoFood kepada Teguk sebagai UMKM kuliner lokal sehingga kami dapat mewujudkan mimpi membawa brand lokal ke internasional. Berkat strategi pemasaran dan penjualan yang tepat sasaran melalui GoFood, kami berhasil meraih pertumbuhan bisnis yang eksponensial sejak bermitra dengan GoFood hingga akhirnya kami berani ke mancanegara, tepatnya ke New York. Ekspansi ini merupakan langkah awal kami untuk memperkuat posisi Teguk sebagai brand lokal yang mengglobal,” ujar Maulana.

Lebih lanjut, Maulana mengatakan, “Pembukaan gerai pertama Teguk di New York, mendapat antusiasme yang besar dari warga lokal dengan penjualan mencapai 634 minuman hanya dalam kurun waktu tiga hari. Sebagai bagian dari selebrasi pencapaian ini, Teguk bersama GoFood menghadirkan tiga menu eksklusif, antara lain varian coconut series yang juga hadir di gerai Teguk New York dan diskon spesial sebesar 40% yang dapat dinikmati oleh para pelanggan GoFood di Indonesia. Menu eksklusif ini tersedia di GoFood sejak 17 September hingga 14 Oktober 2022.”

Tumbuh Melesat Berkat Teknologi Digital

Berbagai solusi digital yang ditawarkan GoFood, salah satunya aplikasi GoBiz terbukti berhasil membantu Teguk mengelola operasional ratusan gerainya secara digital dari waktu ke waktu. Terlebih lagi, inovasi fitur Merchant Acceptance Flow (MAF) atau Super Partner dapat mempersingkat arus proses pesanan yang masuk dan membantu setiap gerai Teguk untuk melakukan konfirmasi atas setiap pesanan yang masuk dari pelanggan.

Selain aplikasi GoBiz yang GoFood hadirkan untuk menunjang kebutuhan Teguk dan mitra UMKM, GoFood juga menghadirkan solusi pemasaran digital lewat GoAds untuk mendongkrak visibilitas dan penjualan resto di platform GoFood.

“Solusi GoAds menawarkan beragam keuntungan yang dapat dinikmati oleh para mitra UMKM kami. Mulai dari beriklan dengan tepat sasaran, biaya iklan yang sesuai kebutuhan, serta laporan performa yang transparan yang berguna sebagai insight untuk menentukan strategi jitu bisnis ke depannya,” jelas Ichmeralda.

“Sejak pertengahan 2019 hingga 2022, Teguk mengalami pertumbuhan pesat dari pertama kali kami menggunakan solusi iklan di GoFood. Dengan memanfaatkan solusi GoFood Top Banner dan Iklan Kategori, kami berhasil meningkatkan brand awareness dan konsiderasi calon pelanggan untuk membeli produk Teguk. Bahkan, dari Januari hingga Juni 2022, penjualan Teguk mengalami kenaikan 2-3 kali lipat,” papar Maulana.

“Inovasi teknologi digital dari hulu ke hilir yang dimiliki GoFood terbukti memberikan dampak positif bagi pertumbuhan bisnis mitra UMKM kami. Berdasarkan hasil riset LD FEB UI 2021, pendapatan mitra UMKM GoFood rata-rata naik 66% pada 2021 dibandingkan 2020. Hal ini menjadi acuan bagi kami untuk terus menghadirkan beragam inovasi teknologi digital bagi lebih dari 1 juta mitra usaha kami yang mayoritasnya adalah UMKM agar dapat membawa produk lokal menjadi juara di kancah nasional maupun internasional,” tutup Ichmeralda.

Baca Juga: GoFood Luncurkan Fitur Mode Hemat, Pesan Makan Gratis Ongkos Kirim

Tentang Gojek

Gojek adalah platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara dan pelopor model ekosistem multi-layanan, termasuk transportasi, pengiriman makanan, logistik, dan lainnya. Gojek didirikan dengan prinsip memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kehidupan sehari-hari dengan menghubungkan konsumen ke penyedia barang dan jasa terbaik di pasar.

Perusahaan ini didirikan tahun 2010 dengan fokus pada layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua, sebelum meluncurkan aplikasi pada 2015 di Indonesia. Sejak itu, Gojek berkembang menjadi platform on-demand terkemuka di Indonesia dengan penambahan wilayah operasi di Vietnam dan Singapura. Saat ini, Gojek memiliki lebih dari 2,6 juta mitra driver. Gojek merupakan bagian dari GoTo Group, ekosistem digital terbesar di Indonesia, yang terdiri dari Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

Gojek berkomitmen selalu menghadirkan solusi guna memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat sehari-hari, sekaligus membantu meningkatkan kualitas hidup jutaan pengguna aplikasi Gojek di Asia Tenggara, khususnya di sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Aplikasi Gojek bisa diunduh melalui iOS dan Android.

Tentang Teguk

Food and Beverage local Indonesia pertama yang membuka gerai di Amerika Serikat dengan ciri khas menjual minuman kekinian halal yaitu Boba, Teh, Choco, Kopi, Cheese, Refreshment (Fruit / mix Base). Perusahaan ini didirikan tahun 2018 dengan fokus untuk memberikan nilai lebih kepada konsumen melalui produk minuman dan makanan berkualitas dengan harga terjangkau. Dari 1 gerai hingga mencapai 155 gerai aktif hingga saat ini dan tambahan 1 gerai di New York dalam kurun waktu 2018-2022 dan menjadi salah satu food and beverage lndonesia halal terkemuka dengan system non-franchise.

Teguk berkomitmen untuk selalu menghadirkan inovasi-inovasi baik produk maupun pelayanan yang sesuai dengan behaviour pelanggan, salah satunya diantaranya selalu melakukan strategic partnership dengan berbagai perusahan multinasional dan nasional terkait memastikan high quality ingredient and delight consumer. Strong digital presence menjadi salah satu kunci utama kami baik melalui terkait channel penjualan dengan bantuan online food delivery (OFD), ataupun berkaitan dengan strategi pemasaran (social media presence: Instagram, Tiktok, Youtube, Twitter, Facebook) ataupun operasional (data, research, automatic system)

Teguk mempunyai komunitas aktif Sobat Peneguk yang merupakan konsumen loyal organic, dan menjadi komunitas yang mendukung kegiatan pemasran Teguk baik regular online atau offline events.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved